Komparasi Honda BR-V vs Toyota Rush, Antara SUV Crossover dan Sedan Tinggi

01/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Komparasi Honda BR-V vs Toyota Rush memberikan gambaran kepada konsumen tentang pilihan mobil penjelajah yang paling sesuai dengan kondisi kebutuhan mereka

Honda BR-V dan Toyota Rush menjadi jagoan unggulan bagi Honda dan Toyota dalam segmen pasar low SUV di Indonesia. Secara produk, keduanya adalah SUV kelas entry level  dengan karakter berlainan. Dalam komparasi Honda BR-V vs Toyota Rush ini, tim Cintamobil.com membandingkan beberapa aspek perbandingan yang menjadi pertimbangan bagi konsumen sebelum menentukan pilihan akhir. Siapa yang lebih baik daripada yang lainnya?

>>> 6 Pilihan Mobil Bekas SUV Murah & Irit di Bawah Rp 150 Juta

Harga

Bagi konsumen, aspek harga menjadi pertimbangan penting untuk menimbang pilihan. Jika faktor harga tidak “masuk”, maka konsumen mencari pilihan lain. Jadi, begitu harganya “masuk”, maka proses berlanjut dengan tahapan selanjutnya. Berikut daftar tabel harga dalam komparasi Honda BR-V vs Toyota Rusuh untuk semua varian. 

Harga Honda BR-V:

Model  Harga
Honda BR-V S MT   Rp 239.500.000
Honda BR-V E MT   Rp 254.600.000
Honda BR-V E CVT Rp 263.800.000
Honda BR-V Prestige Rp 279.600.000

Harga Toyota Rush:

Model 

Harga
Toyota Rush G MT     Rp 245.500.000
Toyota Rush G AT   Rp 255.200.000
Toyota Rush G MT LUX Rp 248.080.000
Toyota Rush G AT LUX Rp 257.780.000
Toyota Rush S MT GR SPORT Rp 256.600.000
Toyota Rush S AT GR SPORT Rp 266.200.000
Toyota Rush S MT LUX GR SPORT Rp 259.180.000
Toyota Rush S A/T LUX GR SPORT Rp 268.780.000

Honda BR-V 

PT Honda Prospect Motor (HPM) memasarkan empat varian Honda BR-V dengan rentang harga mulai dari Rp 239,5 juta hingga Rp 279,6 juta. Setiap varian Honda BR-V mewakili segmen pasar yang berlainan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

gambar honda br-v 

Low SUV andalan Honda yang menganut basis platform sedan/MPV

Varian S menjadi entry level model, lalu varian E mengisi segmen pasar menengah dan varian Prestige menempati posisi sebagai flagship model atau top of the line untuk line-up Honda BR-V

Toyota Rush

Sedangkan Toyota Rush yang ditawarkan oleh PT Toyota-Astra Motor tersedia dalam delapan pilihan varian dengan harga Rp 245,5 juta hingga Rp 268,78 juga. Secara umum, semua varian Toyota Rush terbagi menjadi varian G (entry level) dan varian S (top of the line) yang tampil dengan trim GR Sport.

gambar toyota rush  

SUV penjelajah segala macam kondisi jalan

Uniknya, terselip varian Lux (Luxury) pada varian G dan S yang memberikan sentuhan lebih mewah. Varian Toyota Rush yang lebih banyak memberikan pilihan yang lebih beragam kepada konsumen. 

Lebih Murah Lebih Menggoda? 

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyiapkan delapan varian Toyota Rush dengan beragam pilihan harga, trim level dan kelengkapan fitur sesuai kebutuhan konsumen. Pada sisi lain,  harga suku cadang dan biaya servis berkala Toyota Rush  lebih kompetitif dibanding  Honda BR-V. Dalam bursa mobil bekas, Toyota Rush masih lebih banyak dicari konsumen umum. Sedangkan Honda BR-V lebih cocok bagi konsumen spesifik terutama para penggemar mobil Honda.  

Dimensi

Sebagai sesama pemain unggulan dalam segmen pasar low SUV di Indonesia, keduanya memiliki hitungan teknis yang kontras satu sama lain. Perbedaan tersebut menghasilkan perbedaan karakter dasar kendaraan yang disesuaikan kebutuhan konsumen dan bisa dirasakan oleh penggunanya. Berikut beberapa perbedaan mendasar yang dapat menjadi pertimbangan dalam komparasi Honda BR-V vs Toyota Rush.    

  Honda BR-V   Toyota Rush
Panjang x lebar x tinggi 4.456 mm x 1.735 mm 1.666 mm 4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm
Jarak sumbu roda 2.662 mm 2.685 mm
Berat kosong 1.206 kg  1.270 kg
Ground clearance 201 mm 220 mm

Honda BR-V

Menilik data dimensi, Honda BR-V lebih panjang dan lebih lebar namun lebih rendah daripada Toyota Rush. Pada sisi lain, Honda BR-V mempunyai jarak sumbu roda lebih pendek, bobot kosong lebih ringan dan ground clearance lebih rendah.

gambar honda br-v

Menawarkan keunggulan tersendiri berbekal platform sedan/MPV

Semuanya menegaskan penerapan platform sedan pada Honda BR-V yang membuatnya jauh lebih fun to drive bila dibandingkan semua pesaing di kelasnya termasuk Toyota Rush yang jadi kompetitor di sini.

Toyota Rush

gambar toyota rush

Ground clearance tinggi menjadi nilai jual unggulan 

Data teknis Toyota Rush dalam hal dimensi menunjukkan SUV ini lebih pendek dan lebih ramping namun lebih tinggi dibanding Honda BR-V. Sedangkan jarak sumbu roda lebih panjang, bobot kosong lebih berat dan ground clearance lebih tinggi.

Ciri khas sebuah SUV sejati ada pada Toyota Rush. Memang tidak lebih macho dari generasi pertamanya yang menggendong ban cadangan di pintu bagasi belakang. Tetapi aura gagah tetap terwakili dari body cladding warna hitam doff di sekujur bodynya.  

Pilih Fun To Drive atau 'Kesan' Tangguh?

Berbasis platform sedan, Honda BR-V menawarkan  keunggulan dalam hal kelincahan bermanuver, responsif dan kemampuan pengendalian di jalan aspal. Cocok untuk kebutuhan konsumen pengukur jalan aspal. Sedangkan Toyota Rush memiliki kemampuan lebih baik untuk melalui beragam kondisi jalan dan memberikan karakter  flat feeling saat melaju kencang. Tepat sebagai pilihan konsumen yang suka petualangan. 

Mesin dan Transmisi  

Penggunaan platform yang berlainan dalam komparasi Honda BR-V vs Toyota Rush ini tercermin dari perbedaan mendasar dalam hal mesin, transmisi dan sistem penggerak. Secara teknis, Honda BR-V menganut konfigurasi FF (front engine & front wheel drive) yang ditandai posisi mesin transversal, transaxle serta roda depan yang berfungsi sebagai kemudi dan penggerak. Sedangkan Toyota Rush menerapkan konfigurasi FR (front engine & rear wheel drive) yang diwakili posisi mesin longitudinal, transmisi depan, diferensial belakang dan pemisahan antara roda depan (kemudi) serta roda belakang (penggerak).  

  Honda BR-V Toyota Rush
Mesin I-4, SOHC, i-VTEC I-4, DOHC, dual VVT-i
Kapasitas 1.496 cc 1.496 cc
Tenaga     118 hp   103 hp
Torsi 145 Nm 136 Nm
Transmisi  manual 6-speed/CVT   manual 5-speed/otomatis 4-speed
Sistem penggerak FWD RWD

              
Honda BR-V

SUV crossover andalan Honda ini didukung mesin L15 yang menawarkan performa mengesankan. Tidak heran kalau  mesin sejenis  juga digunakan pada  berbagai model Honda seperti Jazz, City, Freed, Mobilio dan HR-V.

gambar honda br-v

Memadukan karakter responsif dan efisien untuk menjelajah jalan aspal

Secara umum, mulai putaran rendah sampai kecepatan 60 km/jam, performa mesin terasa responsif sehingga menyenangkan. Pada kecepatan tinggi,  pengemudi perlu mengatur ritme pedal gas untuk menjaga akselerasi tetap optimal.  .  

Toyota Rush

Saudara kembar Daihatsu Terios ini dibekali mesin 2NR-VE yang juga diterapkan pada Toyota Avanza/Daihatsu Xenia (F650), Perodua Aruz, Perodua Myvi (M800), Daihatsu Gran Max/Toyota Town Ace (JDM).

gambar mesin toyota rush

Mesin dengan karakter kemampuan angkut yang optimal

Karakter dasar mesin 2NR-VE adalah output tenaga dan torsi pada putaran relatif tinggi sehingga dipadankan dengan final gear yang relatif rendah ("kasar") untuk mendapatkan kemampuan angkut yang responsif. .  

Mana Paling Berotot?

Kembali kepada kebutuhan konsumen. JIka kebutuhan konsumen adalah membawa penumpang (tidak sampai penuh), gesit dan mantap di jalan aspal, Honda BR-V menjadi jawaban terbaik. Kalau konsumen butuh mobil yang toleran dengan segala macam kondisi jalan, segala macam kondisi angkutan, pilih Toyota Rush.

Fitur

Masing-masing merek dalam komparasi Honda BR-V vs Toyota Rush ini saling berlomba untuk menawarkan fitur yang optimal bagi para penggunanya. Hanya saja fitur tersebut disetarakan dengan kelas konsumennya. Dalam artian. fitur yang tersedia memang disesuaikan dengan kebutuhan para pemakainya. Jadi memang tidak ada yang serba berlebihan. .   

Honda BR-V

Honda BR-V menawarkan fitur nanoe technology untuk menjaga kualitas udara bagi para penumpang dengan memproduksi elektrostatik nano dalam partikel udara supaya udara kabin selalu sehat.

gambar honda br-v

Fitur terbanyak difokuskan pada varian teratas

Dalam hal fitur keselamatan aktif dan pasif, Honda BR-V memiliki kenyamanan berkendara, keduanya sudah dibekali kontrol stabilitas, Hill Start Assist, ABS+EBD+BA, dan dual SRS airbag untuk varian top of the line (Prestige). 

Toyota Rush

Untuk Toyota Rush semua varian sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif pasif yang meliputi 6 airbag, kontrol stabilitas, ABS, hill start assist dan emergency brake signal yang memberi peringatan berupa lampu hazard untuk pengemudi di belakang saat terjadi pengereman panik.

gambar toyota rush

Fitur tersebar merata untuk semua varian

Kini semua varian Toyota Rush mendapatkan fitur kamera belakang dan engine start-stop button.  

Kesimpulan

Bicara fitur, terlihat jelas Toyota Rush menawarkan perangkat yang lebih banyak untuk semua varian sehingga menjadi pemikat konsumen;. Demikian pula jumlah varian Toyota Rush yang lebih banyak dapat memberikan pilihan yang lebih beragam sesuai kebutuhan konsumen.

Toyota Rush TRD Sportivo

Rush unggul tipis pada komparasi ini

Sebaliknya, Honda BR-V memiliki fitur yang lebih lengkap pada varian teratas (top of the line). Dari segi value for money atau perbandingan antara fitur dan harga, Toyota Rush lebih unggul karena merata pada semua varian. 

>>> Mobil SUV Toyota Kian Dilirik Orang Indonesia

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top