Komparasi Bekas Atau Baru: Nissan Grand Livina X-Gear vs Datsun Cross, Pilihan Mobil Keluarga Bertampang Tangguh

28/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Komparasi Bekas Atau Baru: Nissan Grand Livina X-Gear vs Datsun Cross, Pilihan Mobil Keluarga Bertampang Tangguh
Bisa dikatakan tidak banyak mobil keluarga MPV di Indonesia yang memiliki desain tangguh layaknya mobil crossover. Apalagi jika Anda hanya punya budget di bawah Rp180 jutaan, dimana hanya ada dua mobil yang mendekati kebutuhan tersebut, yakni Nissan Grand Livina X-Gear bekas atau Datsun Cross baru. Manakah yang terbaik di antara dua mobil tersebut? Simak ulasannya di Cintamobil.com

Memilih mobil keluarga saat ini tidak lagi sekedar bicara kemampuan utilitas semata. Seringkali penampilan menjadi salah satu alasan konsumen memilih kendaraan MPV, agar bisa terlihat unik dan beda dibandingkan mobil MPV kebanyakan. Dan kalau bicara genre tampilan apa yang cukup unik disematkan ke dalam mobil MPV, maka gaya tampilan crossover atau SUV merupakan salah satu yang cukup diminati konsumen di Indonesia.

Secara tampilan gaya crossover yang disematkan pada mobil MPV lebih banyak bermain di aksesoris seperti penggunaan overfender, roof rail, dan detil-detil pemanis eksterior yang tidak akan mengurangi fungsionalitas MPV tersebut sebagai sebuah mobil keluarga. Dan di pasaran saat ini, bisa dikatakan ada dua mobil MPV murah yang memiliki penampilan terinspirasi oleh gaya crossover yang tangguh. Mobil tersebut adalah mobil baru Datsun Cross, dan mobil bekas Nissan Grand Livina X-Gear. Dan kira-kira manakah di antara kedua mobil ini yang menarik menjadi pilihan mobil keluarga bertampang tangguh saat ini? Simak ulasannya di Cintamobil.com

1. Harga

Foto Nissan Grand Livina X-Gear & Datsun Cross yang harganya kini terjangkau

Nissan Grand Livina X-Gear Bekas (kiri) dan Datsun Cross Baru (kanan)

Jika bicara harga, baik mobil bekas Nissan Grand Livina X-Gear dan mobil baru Datsun Cross sama-sama berada dipasarkan di bawah Rp200 jutaan. Untuk Datsun Cross dijual dalam kondisi baru, Anda bisa mendapatkannya di harga Rp161.490.000 untuk versi transmisi manual, dan Rp173,990,000 untuk versi transmisi CVT. Harga tersebut sudah termasuk Garansi 3 tahun/100 ribu km, serta gratis biaya jasa service sampai dengan 50.000 Km/4 tahun. 

Bagaimana dengan Nissan Grand Livina X-Gear? Nah mobil Nissan Grand Livina X-Gear memang sudah lama ada di Indonesia mulai tahun 2013, dan terakhir dijual per tahun 2018, dimana pada saat itu harga mobil baru Nissan Grand Livina X-Gear ada di kisaran Rp247,4 juta (manual) dan Rp262,5 jutaan (CVT). Tapi untuk harga Nissan Grand Livina X-Gear bekas produksi tahun 2016 dan 2017 harganya sudah berada di kisaran Rp140 juta sampai dengan Rp160, dimana kebanyakan merupakan versi transmisi CVT yang ditemukan di situs jual beli mobil berkualitas Cintamobil.com.

>>> Baca Review Datsun Cross 2019 terbaru di Cintamobil.com 

2. Eksterior

Foto menunjukkan eksterior Nissan Grand Livina X-Gear bekas

Eksterior Nissan Grand Livina X-Gear bekas

Secara eksterior, Nissan Grand Livina X-Gear memiliki penampilan yang serupa dengan keluarga Nissan Grand Livina pada umumnya. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari penggunaan Front Grille dengan aksen chrome, panel bumper depan sampai overfender dan body cladding yang menggunakan panel plastik hitam, serta hadirnya roof rail dan rear spoiler yang mengangkat aura sporty dan gagah pada sang MPV ini. 

Foto menunjukkan eksterior Datsun Cross terbaru

Eksterior Datsun Cross terbaru

Pendekatan yang tak kalah serupa juga bisa ditemukan pada Datsun Cross, yang secara eksterior memiliki kemiripan bentuk dengan Datsun Go+. Hanya saja untuk Datsun Cross, perubahan yang terjadi lebih signifikan di area fascia depan dari mulai penggunaan LED Headlight dan daytime running light beserta fog lamp yang posisinya berdekatan dengan headlight. Panel overfender, body cladding, serta roof rail bisa ditemukan pada Datsun Cross. Dan pada Datsun Cross, di area buritan belakang memiliki fitur berupa rear spoiler yang cukup menambah kesan sporty

Hanya saja ada perbedaan signifikan yang bisa ditemukan pada mobil ini, khususnya dalam hal dimensi yang menjadi kekuatan Nissan Grand Livina X-Gear. Namun dalam hal kemampuan melewati jalanan yang tidak rata, Datsun Cross bisa lebih unggul karena ground clearance yang tinggi. Untuk memperjelas perbedaan eksterior Datsun Cross melawan Nissan Grand Livina X-Gear bisa disimak di tabel berikut ini.

Komparasi

Datsun Cross

Nissan Grand Livina X-Gear

Dimensi

3.995 mm x 1.670 mm x 1.560 mm

4.540 mm x 1.735 mm x 1.650 mm

Wheelbase

2.450 mm

2.600 mm

Ground Clearance

200 mm

175 mm

Pelek/Ban

Alloy 15 inci / 175/65 R15

Alloy 16 inci / 195/55 R16

Lampu Depan/Lampu Belakang

LED Signature Headlamp w/ Projector LED & Fog Lamp + Auto Light System Feature / Rear Lamp w/ High Mount Stop Lamp

Halogen Headlight & Fog Lamp / Rear Lamp & LED High Mounted Stop Lamp

Rear Spoiler

Tersedia

Tidak Tersedia

Roof Rail

Tersedia

Tersedia

>>> Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013

3. Interior & Fitur

Foto menunjukkan interior Datsun Cross terbaru

Desain kabin dan format jok Datsun Cross terbaru

Memasuki kabin, terasa bahwa baik Datsun Cross & Nissan Grand Livina X-Gear sama-sama diposisikan untuk kebutuhan keluarga yang menginginkan kenyamanan. Datsun Cross yang sejatinya mengambil basis dari LCGC Datsun GO+ bisa memberikan impresi kabin yang cukup pas untuk kebutuhan mobil keluarga di Indonesia. Mulai dari format jok depan yang bergaya semi-bucket dan headrest tergabung di sandaran jok, format jok belakang dan tengah yang bisa dilipat rata lantai, serta dashboard berdesain modern dan head unit berlayar sentuh.

Foto menunjukkan interior Nissan Grand Livina X-Gear bekas

Desain kabin dan format jok Nissan Grand Livina X-Gear bekas

Tapi jika mengacu dalam hal kemewahan, maka Nissan Grand Livina X-Gear bekas menawarkan kemewahan lebih baik. Mulai dari material dan format jok yang memang dibuat khusus untuk 7-penumpang dewasa, pengaturan jok yang lebih nyaman, serta fitur hiburan bisa dikatakan jauh lebih baik dibandingkan Datsun Cross yang merupakan mobil baru. Di luar hal tersebut, Anda bisa menyimak kelebihan kabin dan fitur yang disediakan kedua mobil ini dalam tabel berikut ini.

Komparasi

Datsun Cross

Nissan Grand Livina X-Gear

Jok

Fabric (5 + 2 Seat Format)

Fabric (7 Seat Format)

Pengaturan Jok

Jok Baris Depan = Sliding & Reclining

Jok Baris Tengah = N/A

Jok Baris Belakang = N/A

Jok Baris Depan = Sliding & Reclining w/ Height Adjustment (Driver Side)

Jok Baris Tengah = Sliding & Reclining w/ Armrest (2nd Row)

Jok Baris Belakang = N/A

Instrument Cluster

Analog Speedometer & tachometer w/ MID

Analog Speedometer & tachometer w/ MID

Pengaturan Kemudi

N/A

Tilt Steering

AC

Single Blower

Single Blower w/ Rear AC Vents

Pelipatan Jok

Flat Seat Arrangement (2nd Row & 3rd Row)

Flat Seat Arrangement (2nd Row & 3rd Row)

Fitur Hiburan

2 Din 6.75" Monitor w/ Touch Screen, AM/FM, MP3, USB, Aux, Bluetooth, Smartphone Connection

2 DIN 7.0" Display Touchscreen w/ Mirroring, CD/DVD Player, AM/FM, USB, Bluetooth, iPhone&iPod Connectivity, 10" Roof Monitor

Fitur Keselamatan

Dual Airbag

Dual Airbag

>>> Baca beragam Komparasi mobil baru atau mobil bekas favorit Anda di sini

4. Performa

Foto mesin yang digunakan Datsun Cross terbaru dan Nissan Grand Livina X-Gear bekas

Mesin Datsun Cross (Atas) dan Nissan Grand Livina X-Gear (Bawah)

Datsun Cross menggunakan mesin 1.2 liter 3-silinder DOHC yang memiliki dua versi tenaga, dimana saat bertransmisi manual 5-percepatan tenaga yang dihasilkan 68 PS dan versi transmisi CVT 78 PS. Torsi dari mesin ini sama-sama berada di 104 Nm. Sedangkan untuk mesin Nissan Grand Livina X-Gear tersedia versi 1.5 liter 4-silinder 16-valve DOHC CVTC, yang tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan dan X-tronic CVT, dan bisa menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi 148 Nm. Kedua mobil ini juga sudah dilengkapi fitur berkendara canggih, yang mana bisa disimak di tabel berikut ini.

Komparasi

Datsun Cross

Nissan Grand Livina X-Gear

Mesin

1.2 liter 3-silinder DOHC

1.5 liter 4-silinder 16-valve DOHC CVTC

Transmisi

Manual 5-percepatan

CVT

Manual 6-Percepatan

X-Tronic CVT

Performa

68 PS / 5.000 Rpm (Tipe Manual)

78 PS / 6.000 Rpm (Tipe CVT)

109 PS / 5.600 rpm

Torsi

104 Nm / 4.000 Rpm (Tipe Manual)

104 Nm/ 4.400 Rpm (Tipe CVT)

148 Nm / 4000 rpm

Fitur Berkendara

Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Limited Slip Differential (BLSD), Traction Control, Brake Assist (BA), Rear Parking Sensor

Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Rear Parking Sensor

Suspensi

MacPherson Strut (depan) / Torsion Beam (belakang)

MacPherson Strut (depan) / Torsion Beam (belakang)

 

5. Kesimpulan

Baik Datsun Cross dan Nissan Grand Livina X-Gear sangat pas untuk menjadi rekomendasi mobil keluarga bergaya tangguh. Tampilannya yang gagah ini bisa membuat daya tarik mobil keluarga ini lebih menarik daripada mobil MPV kebanyakan di Indonesia. Meski demikian, keduanya punya keunikan tersendiri yang mengakibatkan masing-masing mobil memiliki kekuatan tersendiri dimata calon pembelinya.

Jika Anda lebih mencari mobil keluarga yang punya tampilan tangguh, harganya terjangkau, masih terlindungi oleh garansi, dan didukung fitur keselamatan yang lengkap, maka pilihan bisa dijatuhkan ke Datsun Cross. Pun hal ini perlu dikompensasi dengan kenyamanan mobil ini yang lebih tepat digunakan untuk 5 orang dewasa dan 2 anak kecil, serta pengaturan yang masih sederhana di area kursi dan jok, serta mesin yang irit namun performanya biasa-biasa saja. 

Tapi jika Anda menginginkan kenyamanan, kemewahan, dan performa yang baik untuk sebuah mobil keluarga bergaya tangguh, maka mencari mobil bekas Nissan Grand Livina X-Gear bisa menjadi salah satu opsi yang memikat. Tapi resikonya adalah fitur keselamatan pada Nissan Grand Livina X-Gear belum sebanyak Datsun Cross, dan mobil sudah tidak terlindungi oleh garansi karena usianya yang sudah melewati masa garansi, yang mana secara kesehatan perlu dicek teliti agar Anda tidak rugi untuk melakukan banyak perbaikan setelah membeli mobil bekas ini.   

>>> Simak pula berbagai berita otomotif terkini di sini

Share this post:

Berita lain

Komparasi Bekas Atau Baru: Honda Jazz RS 2014 vs All New Honda Brio RS 2019, Duel Sengit Honda Pilihan ...

25/08/2019

Jual beli

7 menit

Bagi keluarga muda, kedua mobil ini sudah tidak asing lagi, karena sudah seakan menjadi primadona untuk kebutuan mobilitas harian. Tak hanya mampu mengantar anak sekolah dan sesekali dibawa pelisir ke luar kota, namun tampilannya yang sporti lagi stylish seakan menjadi kelebihan utama keduanya. So, bagi Anda yang bingung menentukan pilihan, berikut komparasi bekas vs bekas oleh kami, antara Honda Jazz RS 2014 atau All New Honda Brio RS 2019 yang harganya mirip sekali.

Lihat juga

Komparasi Nissan X-Trail VL 2019 Atau Honda CR-V Prestige 2019? Medium SUV 7 Penumpang Berlimpah Fitur

22/08/2019

Jual beli

5 menit

Hadirnya Nissan X-Trail terbaru pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) meramaikan kompetisi segmen medium SUV dengan harga Rp 500 jutaan. Salah satu penantang terdekatnya adalah Honda CR-V yang sudah disematkan mesin turbo. Bila Anda bingung memilihnya, berikut komparasi Nissan X-Trail 2019 vs Honda CR-V 2019.

Lihat juga

Komparasi Renault Triber vs Daihatsu Sigra vs Toyota Calya: Duel Panas LCGC 7 Seater, Mana Terbaik?

26/07/2019

Jual beli

9 menit

Ini dia duel terpanas tahun ini, tanpa peringatan ibarat sang Napoleon kembali menyerang Samurai asal Jepang. Mobil Renault Triber ini hangat dibicarakan sebagai penantang Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Lantas mana yang pantas jadi terbaik dikelas panas ini?

Lihat juga

Review Datsun Cross 2019: Solusi Mobil Keluarga Gaya Tangguh & Dana Terjangkau

19/08/2019

Editor rate:

Zaman sekarang membeli mobil keluarga memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Selain soal gaya, kemampuan berkendara, serta harga mobil yang terjangkau juga jadi pertimbangan untuk konsumen membeli sebuah mobil. Bisa jadi Datsu Cross 2019 adalah salah satu pilihan untuk konsumen Indonesia yang menginginkan mobil keluarga rasa tangguh dengan dana terjangkau. Apa sebabnya?

Lihat juga

Review Nissan Grand Livina X-Gear 2013

13/12/2018

Editor rate:

Pernahkah Anda mendengar Nissan Grand Livina X-Gear? Ya, sosoknya sebagai mobil keluarga yang kemudian dikemas dengan desain lebih agresif dan maskulin, mirip sebuah Sport Utility Vehicle (SUV). Daripada Daihatsu Terios dan Toyota Rush generasi baru, X-Gear nampaknya lebih dulu menyuguhkan tampilan eksterior garang. Mari simak informasinya dalam review Nissan Grand Livina X-Gear 2013.

Lihat juga
 
back to top