KNKT: Ternyata Banyak Supir Truk Mengakali Truknya

09/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Tak heran banyak truk kecelakaan, ternyata menurut investigasi KNKT terlalu banyak supir truk yang mengakali truknya namun berbahaya, apa saja yang diakali?

Tak heran banyak truk kecelakaan, ternyata menurut investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terlalu banyak supir truk yang mengakali truknya namun apa yang dilakukan tersebut berbahaya dan dapat berpotensi meningkatkan resiko kecelakaan, lantas apa saja yang diakali?

Truk Diakali Secara Tidak Lazim

"Banyak perilaku yang saya kadang kala tidak temukan dan kenali, tapi ternyata mereka (driver truk) lakukan hanya untuk mengakali (kendaraannya) tetapi (yang dilakukan) ternyata sangat berbahaya," ujar Ahmad Wildan, selaku Investigator senior KNKT kepada tim Cintamobil.com di suatu kesempatan pelatihan supir truk di Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

Foto Ahmad Wildan sedang memberi pengarahan pengecekan truk sebelum jalan

Pengecekan truk harus dilakukan rutin guna menekan resiko kecelakaan

"Contoh tadi, (jika) minyak remnya berkurang nih tapi kondisi (truk mereka) jauh dari bengkel terdekat, terus ditambah deh pakai air teh," tambah pria ramah ini. "Tahu enggak, pas diminta coba dibuka silinder rem yang basah, apa yang dilakukan oleh mereka? Justru roda yang basah itu dimatikan (remnya) oleh mereka, katakanlah yang basah dua roda ya dua roda itu yang dimatikan (remnya)," ujarnya.

Foto pengecekan truk sebelum jalan

Truk yang sehat dan terawat serta driver yang terlatih akan mengurangi resiko kecelakaan

Menyoal trik minyak rem yang digantikan dengan air teh itu sebenarnya bisa saja dilakukan, "(Sebenarnya) Kalau (lagi) balap terutama reli kita enggak bisa neken (rem) pakai Fanta juga bisa, sementara aja tapi ya," tambah Bintarto Agung, direktur Indonesia Defensive Driving Center. Namun bukan tanpa alasan para driver truk mengakali hal tersebut, Salah satunya adalah "Karena mereka (supir truk) enggak dikasih kapasitas (untuk mengatasi hal tersebut) oleh perusahaan, katakanlah untuk membetulkan, jadi betulin (kerusakannya) nanti setelah sampai (di tujuan)," papar Wildan, sapaan akrab Ahmad Wildan.

>>> Desain Truk Jadi Acuan Unsur Fungsional Hingga Karakter

Efeknya Jadi Banyak Kecelakaan

Kecelakaan truk maupun bus yang kerap terjadi di Indonesia bisa disebabkan berbagai faktor. Selain faktor manusia yang melatarbelakangi terjadinya kecelakaan bus dan truk, bisa saja faktor tersebut berupa kendaraan, hingga kondisi jalanan yang dilintasi. Namun dari ketiga faktor tersebut fakta yang cukup mencengangkan adalah ketidakahlian manusia dan salah perlakuan terhadap kendaraan. Jadi kecelakaan rem blong yang biasa terjadi bisa diakibatkan keduanya.

>>> Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Latih Supir Truk 'Ngerem'

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top