Kitty O’Neil, Pemegang Rekor Kecepatan Wanita yang Tak Mau Kalah dengan Keterbatasan

08/03/2019
Dunia otomotif bukan hanya milik pria. Tetapi dalam dunia penuh kecepatan ini, nama Kitty O’Neil meruak sebagai salah satu pemegang rekor kecepatan dari sekian banyak rekor yang ditorehnya.

Kitty O’Neil dikenal sebagai wanita yang tak kenal rasa takut dan pernah memecahkan beberapa rekor kecepatan, salah satunya sebagai pengemudi wanita pertama yang melaju dengan kecepatan 825 km/jam di daratan. Meskipun memiliki keterbatasan pendengaran, O’Neil mampu mengalahkan keterbatasannya dan menjadi nama besar di dunia otomotif dan hiburan.

Pada usia lima tahun, O’Neil mengalami gondongan, campak dan cacar sekaligus. Demamnya sangat tinggi sehingga ia kehilangan pendengarannya dan hampir mati. Ibunya, seorang penduduk asli Cherokee (suku asli Amerika) mengajarinya bahasa isyarat dan membaca bibir. Bahkan ia mengajarinya berbicara dengan merasakan getaran pita suara.

Nama besar di bidang hiburan

Kemampuan merasakan getaran tersebut membantu Kitty ketika ia belajar memainkan piano dan cello dengan merasakan musik. Tak hanya itu, ia juga berlatih sebagai penyelam di bawah arahan peraih medali emas Olimpiade Sammy Lee dan bersiap menuju Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo seandainya ia tidak mematahkan pergelangan tangannya dan terserang meningitis tulang belakang.

>>> The Power of Women dari Bertha Benz, Pengemudi Mobil Pertama di Dunia

Kitty O'Neil berbaju merah di dalam helikopter

Namanya dikenang sebagai salah satu pemeran pengganti wanita terkenal di masanya

Ia seharusnya tidak bisa berjalan lagi. Namun dua minggu kemudian, Kitty bangun dari tempat tidur. Di usia dua puluhan, ia menderita kanker yang membutuhkan dua operasi. Tetapi ia berhasil bangkit dan hal tersebut membuatnya ingin mencari tantangan baru.

Pada tahun 1970-an dan 80-an, O’neil bertindak sebagai pemeran pengganti dalam film-film yang tak terhitung jumlahnya, terutama dalam film lawas The Blues Brothers serta Smokey and the Bandit II. Ia tak takut dibakar, dan menjadi wanita pertama yang menjadi pemeran pengganti dan berada di dalam mobil ketika bagian bawah mobil diledakan untuk membuatnya melayang dan terbalik.

>>> Cari mobil bekas berkualitas dan banyak pilihan? Di sini tempatnya

Kitty O'Neil ketika melompat menggunakan kostum Wonder Woman

Kitty O’Neil ketika menjadi pemeran pengganti sebagai Wonder Woman

Namun aksi aktingnya yang paling terkenal dikenang ketika ia menjadi pemeran pengganti untuk Lynda Carter ketika memerankan “Wonder Woman” pada tahun 1979. Ia melompat dari puncak hotel Valley Hilton di Sherman Oaks ke sebuah kantong udara yang dipasang di kolam renang setinggi 40 meter. Bahkan, ia pernah melompat dari helikopter setinggi 55 meter.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Pemecah berbagai rekor otomotif

Dan rekornya di bidang otomotif terjadi ketika ia memecahkan rekor kecepatan wanita pada kendaraan roda tiga berbahan bakar hidrogen peroksida tahun 1976. Dan ia bisa mencapai 825 km/jam dalam percobaannya. Penyesalan terbesarnya? Ia tidak pernah mencoba memecahkan rekor pria.

Kitty O’Neil ketika memecahkan rekor kecepatan wanita

Selain itu, ia juga menjadi pemegang rekor ski air wanita dengan kecepatan 168 km/jam serta mengendarai kapal dengan kecepatan 442 km/jam. Ketika ia pensiun pada tahun 1982, O’Neil telah mengumpulkan hampir 2 lusin rekor kecepatan atas namanya.

Kitty O’Neil meninggal karena radang paru-paru pada usia 72 tahun setelah menghabiskan hidupnya melawan penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya. Karirnya meledak, sebagai seorang wanita dengan keterbatasan pendengaran, ia tidak menyerah dengan kekurangannya. O’Neil merupakan bukti bahwa wanita memiliki kekuatan yang menginspirasi, tidak hanya wanita, tetapi semua orang.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

berita lain