Kisah Pilu Pemudik Menangis saat Diminta Putar Balik oleh Petugas

05/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Seorang pemudik wanita dengan tujuan kota lampung diminta putar balik oleh petugas sambil berurai air mata memohon agar bisa melanjutkan perjalanan.

Larangan mudik yang bertujuan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 nyatanya tak digubris semua kalangan masyarakat. Buktinya, masih ada masyarakat yang mencoba meninggalkan Ibu Kota Jakarta untuk kembali ke kampung halaman sebelum Lebaran tahun ini. Banyak percobaan yang dilakukan agar bisa mudik ke kampung halaman tak terkecuali dengan kendaraan roda dua.

Tapi seperti ditegaskan sebelumnya, masyarakat yang kedapatan kekeuh untuk mudik akan dipaksa putar balik.

>>> Catat! Ini Titik Penyekatan di Bekasi dan Tangerang

Pemudik ini menangis diminta putar balik oleh petugas

Tujuan Kota Lampung

Misalnya yang terjadi pada seorang pemudik wanita di Banten. Dikutip dari CNN Indonesia, pemudik wanita pengendara motor tujuan kota Lampung itu menangis karena diminta putar balik oleh petugas lantaran dia tak bisa menunjukkan surat bebas Covid-19.

Sambil mata yang berkaca-kaca dan menguraikan air mata wanita tersebut duduk di atas motornya, ia memohon agar bisa diizinkan melintas oleh petugas. Wanita tersebut mengaku sudah tidak lagi bekerja karena mengalami Pemutusan Hubungan Kerja dan tak sanggup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lantaran iba, petugas akhirnya mengizinkan wanita tersebut melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya.

>>> 333 Titik Penyekatan dari Lampung-Bali Disiapkan untuk Cegat Masyarakat Mudik

Gambar menunjukan Pemudik

Lonjakan awal ini merupakan pertanda masyarakat melakukan pergeseran waktu mudik 

Polda Lampung Putar Balikkan 142 Kendaraan

Sejak tanggal 30 April 2021 hingga 2 Mei 2021, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung menyatakan sebanyak 142 unit kendaraan diputarbalikan dari jumlah kendaraan yang diperiksa sebanyak 878 unit kendaraan karena tidak membawa surat keterangan bebas Covid-19. Sedangkan untuk pelaksanaan rapid test antigen secara random sebanyak 233 orang dan penindakan pelanggaran travel gelap sebanyak 30 unit kendaraan.

Kabid Humas Polda Lampung mengatakan, lonjakan awal ini merupakan pertanda bahwa banyak masyarakat melakukan pergeseran waktu mudik dan menjadi bahan evaluasi untuk wilayah hukum Polda Lampung agar antisipasi terkait dengan arus balik ke pulau Jawa dapat teratasi.

Kemudian selama pelaksanaan pengecekan dilakukan secara random kepada masyarakat yang akan menyeberang dari pulau Sumatera ke pulau Jawa. Sedangkan untuk yang dari pulau Jawa ke Pulau Sumatera sudah ada pemeriksaan pada check point di pelabuhan Merak oleh Polda Banten.

“Berdasarkan data dari ASDP per hari Jumat (30/4) sampai dengan Sabtu (1/5) memang terjadi lonjakan penumpang dari pelabuhan Merak, baik kendaraan roda dua, roda empat dan bus yang menuju pulau Sumatera mengingat adanya pelarangan mudik pada tanggal (6-17/5/2021),” jelas Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad dilansir dari laman NTMC Polri.

>>> 10 Destinasi Wisata Lokal di Jakarta yang Jadi Alternatif Mudik

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top