Kian Pulih, Penjualan Mobil Baru di China Mulai Alami Peningkatan

12/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kian Pulih, Penjualan Mobil Baru di China Mulai Alami Peningkatan
Permintaan yang kuat untuk kendaraan komersial di China pada April lalu bantu peningkatan penjualan mobil baru sebanyak 4,4 persen menjadi 2,07 juta unit.

Asosiasi Produsen Otomotif China melaporkan penjualan mobil baru di bulan April lalu  alami permintaan yang lebih tinggi untuk kendaraan komersial. Meski begitu penjualan kendaraan baru di China diperkirakan akan tetap mengalami penurunan 15 hingga 25 persen di tahun ini.

>>> Jaga Perekonomian, 1 dari 4 Pabrik Toyota di Malaysia Ngebul Lagi

Gambar menunjukan mobil berbaris

Penjualan mobil bulan April di China alami peningkatan

Penjualan kendaraan baru bulan April lalu di China naik 4,4 persen menjadi 2,07 juta unit. Peningkatan penjualan pada bulan lalu dikontribusikan permintaan yang kuat untuk kendaraan komersial karena Pemerintah China sedang meningkatkan investasi dalam proyek-proyek konstruksi dan infrastruktur seperti jalan raya dan jaringan listrik.

Bulan lalu, penjualan kendaraan komersial baru termasuk truk dan bus melonjak 32 persen menjadi sekitar 534.000. Di antara kendaraan komersial, permintaan truk tugas berat melonjak 61 persen menjadi sekitar 191.000. Sebaliknya, penjualan kendaraan ringan baru tetap lemah, merosot 2,6 persen menjadi di bawah 1,54 juta pada bulan tersebut. 

>>> 4.772 Kendaraan Diminta Putar Balik pada Operasi Ketupat Kalimaya 2020

Gambar menunjukan Truk berat

Permintaan untuk truk dan bus mendominasi bulan April lalu di China

Permintaan untuk kendaraan listrik baru juga tetap lemah, merosot 27 persen menjadi sekitar 72.000 unit. Sedangkan penjualan kendaraan listrik penuh turun 29 persen menjadi sekitar 51.000 sementara kendaraan plug-in hybrid turun 21 persen menjadi sekitar 20.000 unit.

Dalam empat bulan pertama tahun ini, penjualan kendaraan baru di China anjlok 31 persen menjadi sekitar 5,76 juta karena gangguan dari wabah virus corona atau Covid-19 membuat produksi dan penjualan kendaraan terhenti pada Februari dan Maret. Akibatnya, penjualan kendaraan baru China pada tahun 2020 kemungkinan akan turun 15 persen. Sementara itu pada tahun lalu penjualan kendaraan baru di China mencapai angka 25 juta unit.

"Jika pandemi di China tidak dapat diatasi secara efektif dan berlanjut pada kuartal ketiga atau bahkan lebih lama, penjualan mobil di China kemungkinan akan turun 25 persen pada tahun 2020," kata Asosiasi Produsen Otomotif China memperingatkan.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa dibaca di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Pemerintah China Pangkas Subsidi untuk Mobil Ramah Lingkungan

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Berada di tengah ambisi negaranya untuk terbebas dari polusi udara yang berbahaya. Pemerintah China memangkas subsidi mobil ramah lingkungan sebesar 10 %.

Lihat juga

Begini Cara Produsen Mobil Berjualan Pasca Pandemi Covid-19 di China

05/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus corona telah mengubah pola produsen mobil berjualan memasarkan kendaraan di China. Platform video seperti Weibo dan TikTok jadi andalan.

Lihat juga

Tak Ada Lagi Lockdown, Penjualan Wuling di China Langsung Ngegas

04/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Terbebasnya China dari wabah virus Corona (COVID-19) membawa berkah buat industri otomotif. Salah satunya penjualan Wuling langsung melonjak hingga 13,5 persen.

Lihat juga

Bukan Wuling Bukan DFSK, Inilah Mobil Balap China Paling Kompetitif

30/04/2020

Mobil baru

3 menit

Perkenalkan perusahaan otomotif bernama Lynk & Co, ini adalah sebuah pabrikan asal China ini membuat mobil balap China paling kompetitif yang pernah ada

Lihat juga

Ternyata Ini yang Dipikirkan Orang Indonesia saat Mendengar Soal Mobil China

20/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Orang Indonesia memiliki penilaian tersendiri soal mobil China. Apa yang ada di pikiran masyarakat Indonesia ketika mendengar soal mobil China di Tanah Air?

Lihat juga
 
back to top