KIA Tertarik Bikin Mobil MPV Rasa SUV, Tapi...

04/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
KIA Tertarik Bikin Mobil MPV Rasa SUV, Tapi...
Produsen mobil asal Korea Selatan tak menampik keinginannya menghadirkan mobil MPV. Namun tampaknya keinginan tersebut tak semudah membalikan telapak tangan.

Mobil SUV tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Hal itu pula menjadi satu alasan bagi para pabrikan untuk menghadirkan beragam varian SUV ke Tanah Air. 

Tak cuma itu, ada mobil MPV yang desainnya menyerupai SUV atau biasa disebut MPV rasa SUV semisal Mitsubishi Xpander. Sebagai mobil MPV rasa SUV, Xpander menorehkan hal positif terkait penjualannya di Indonesia.

Produsen mobil asal Korea Selatan pun mengaku tergiur untuk menghadirkan model tersebut. Terlebih di Indonesia, mobil jenis MPV punya tempat tersendiri di hati masyarakat. Mobil MPV juga kerap mengisi daftar penjualan terlaris. Namun bicara soal model baru memang tak semudah membalikan telapak tangan. 

Mitsubishi Xpander

Xpander seolah menjadi ikon mobil MPV rasa SUV sejak kelahirannya di Indonesia

>>> KIA Mau Nebeng Produksi Mobil di Pabrik Hyundai Indonesia?

Mobil MPV Rasa SUV dari KIA masih Jauh dari Angan

Butuh proses yang panjang hingga akhirnya suatu merek bisa memboyong model barunya ke Tanah Air. 

"Apakah KIA nggak mau ke MPV rasa SUV semua pengin, kita sih inginnya bisa memberikan berbagai macam pilihan kepada konsumen di semua segmen. Saya rasa kita masih jauh dan masih banyak belajar dan berusaha serta pengembangan untuk seperti merek mainstream," tutur Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo dalam bincang bersama Forwot belum lama ini. 

Penjualan KIA sendiri sempat lesu dan diterpa isu bangkrut bahkan hengkang dari Indonesia. Kabar tersebut merebak usai nihilnya penjualan KIA pada data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 

Namun rupanya, KIA melakukan restrukturisasi bisnisnya di Tanah Air dan kini penjualannya berada di bawah naungan PT Kreta Indo Artha. 

>>> Sosok KIA Sedona 2021 Terungkap, Minivan Rasa SUV

Seltos Jadi Andalan

Di bawah PT KIA, pabrikan dari Negeri Ginseng itu langsung tancap gas dengan meluncurkan model terbarunya SUV Seltos. Seltos disebut Ario bisa menghilangkan dahaga para pencinta SUV di tengah ketatnya persaingan. 

"Setidaknya mulai dari Seltos kita bisa kasih sesuatu buat konsumen, lebih bisa dilihat value for moneynya jadi yang di spend konsumen begitu banyak dia bisa benar komparasi dengan merek lainnya," kata Ario. 

KIA Seltos

Ketimbang mobil MPV, SUV Seltos jadi andalan terbaru KIA saat ini

Dirinya pun tak menampik bahwa KIA masih kurang dilirik dibandingkan merek-merek Jepang lainnya. Untuk itu, pihaknya terus berkomitmen bisa meningkatkan penjualan KIA di Tanah Air. 

"Kita sudah ada komitmen tidak hanya mengambil merek, kami sudah komitmen bahwa sampai akhir tahun apapun halangannya seperti pandemi  kita punya 38 jaringan tahun depan di tambah jadi  45 sampai 50 jaringan," jelas Ario. 

"Harapannya jaringan bisa berjalan dan berkontribusi dengan adanya model-model baru yang nantinya mudah-mudahan diminati dan mengisi kebutuhan di Indonesia," pungkasnya. 

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya  

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Harga KIA Sportage 2017: SUV Gahar Untuk Anda Yang Berjiwa Dinamis

Rp. 386.500.000

06/10/2017

Editor rate:

Tahun 2016 yang lalu, KIA meluncurkan versi terbaru mobil SUV KIA Sportage yang disebut lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Hadir dengan desain yang lebih aerodinamis, apa saja kelebihan dari KIA Sportage dibandingkan dengan pendahulunya? Simaklah tulisan review Kia Sportage 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Harga KIA Optima 2017, Big Sedan Korea Rasa Eropa

Rp 512.000.000

05/10/2017

Editor rate:

KIA Optima merupakan sebuah varian mobil big sedan yang hadir dengan berbagai fitur canggih dan mewah ala Eropa. Apa saja kelebihan dari big sedan dengan harga mencapai setengah milyar ini? Silahkan membaca tulisan review Kia Optima 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review Kia Sonet 2020: Saat Kia Hadirkan SUV Berwajah Agresif

TBA

21/08/2020

Editor rate:

Jika sebelumnya model Kia menawarkan tampilan elegan, kali ini Kia Sonet 2020 hadir dengan warna desain agresif serta berbagai keunggulan fitur terbaru Kia.

Lihat juga

KIA Sportage 2020: Daftar Harga mobil KIA Sportage terbaru September

01/09/2020

Kia

Berdiri dalam kategori Medium Sport Utility Vehicle (SUV), KIA Sportage resmi diperkenalkan kepada publik di acara GIIAS 2016 lalu. Generasi keempatnya ini kini menggunakan wajah baru yang dirancang oleh Peter Schreyer selaku mantan desainer produk Audi. Tak salah, jika KIA Sportage memiliki tampilan lebih agresif dalam bodi maskulin. Berapa harga KIA Sportage ini?

Lihat juga

Harga mobil KIA Seltos: Pembaruan harga KIA Seltos September 2020

01/09/2020

Kia

PT. Kreta Indo Artha (KIA) baru saja memperkenalkan compact SUV Kia Seltos di Indonesia. Apa saja informasi teknis dan berapa harga Kia Seltos terbaru saat ini?

Lihat juga