KIA Mau Nebeng Produksi Mobil di Pabrik Hyundai Indonesia?

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
KIA Mau Nebeng Produksi Mobil di Pabrik Hyundai Indonesia?
Produsen mobil asal Korea Selatan KIA mengungkapkan keinginannya untuk produksi mobil di Indonesia. Apakah KIA bakalan nebeng pabrik Hyundai nantinya?

Memproduksi ataupun merakit mobil di dalam negeri menjadi cita-cita para pabrikan yang menjajakan produknya di Indonesia. Setidaknya harga mobil bisa sedikit lebih murah pun demikian dengan ketersediaan suku cadang.

Tapi sebelum memutuskan untuk membangun pabrik dan memproduksi mobil di Tanah Air, tentunya ada perhitungan tersendiri. Terlebih bila penjualannya tak terlalu cemerlang. Bukannya untung yang ada pabrikan bisa rugi jika perhitungan tak matang. 

Kia Seltos

Seltos jadi salah satu andalan KIA saat ini

>>> Harga Mobil KIA Mahal, Ini Alasannya!

Pertimbangkan Penjualan

Setidaknya hal itu lah yang tengah dipertimbangkan merek mobil asal Korea Selatan, KIA. PT Kreta Indo Artha mengungkap keinginannya soal KIA produksi mobil di Indonesia

"Kita pabrik pasti mau dan ini sudah jalankan feasibility studi. Tapi model yang mana ada beberapa yang dipilih nanti akan ditentukan dengan balik lagi suplai demand," ungkap Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo belum lama ini. 

Penjualan Kia di Indonesia memang tak sepopuler mobil Jepang. Bila merek-merek Jepang seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi bisa membukukan ribuan unit dalam sebulan, sedangkan KIA seperti tercantum dalam data Gaikindo tak sampai 100 unit. Maka dari itu, apabila KIA produksi mobil di Indonesia justru membuatnya sulit untuk bersaing lantaran penjualan masih minim.

"Kalau pabrik kalau jualan 100 atau 200 setahun pabrik sangat tidak efisien tapi kalau volume banyak mau nggak mau pabrik harus ada karena dari situ bisa menghemat banyak dari segi logistik, pajak dan lain-lain juga lebih baik kita bangun pabrik," sebut Ario. 

>>> Kia Ungkap Rencana Perkenalkan 11 Mobil Listrik Hingga 2025

Mau Nebeng Pabrik Hyundai?

KIA sebenarnya bisa memanfaatkan pabrik milik Indomobil. Namun kembali lagi, perhitungan penjualan tetap harus dipertimbangkan. 

Pabrik Hyundai

Hyundai tengah membangun pabrik di Indonesia

Berbeda dengan KIA, sesama produsen asal Korea Selatan Hyundai diketahui tengah membangun pabriknya di kawasan Cikarang. KIA pun berangan-angan bila bisa menggunakan pabrik milik Hyundai tersebut untuk memproduksi mobilnya. 

"Kalau ngomong pabrik indomobil sudah punya beberapa fasilitas perakitan, kalau skala kecil bisa di tempat-tempat tertentu. Apalagi Kia punya saudara mau bangun pabrik gede nah kita nggak tau apa kedepannya gimana bisa numpang atau gimana," ungkap Ario. 

"Kalau kita mulai bisa suplai mobil niaga volume banyak, mungkin lebih gampang yang penjualannya banyak pasti dipertimbangan dirakit di indonesia, kalau CBU tidak efisien," pungkasnya. 

KIA sendiri saat ini hanya memiliki satu model yang mengisi segmen mobil niaga lewat K2700 yakni sebuah pickup truk bermesin 2.7L. Tetapi sayangnya, pickup truk tersebut penjualannya masih kalah dengan merek Jepang. Mengutip data distribusi wholesales Gaikindo, dua model KIA K2700 yang ditawarkan di Indonesia terjual tak sampai 100 unit selama periode Januari-Juli 2020. 

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

KIA Sportage 2020: Daftar Harga mobil KIA Sportage terbaru September

01/09/2020

Kia

Berdiri dalam kategori Medium Sport Utility Vehicle (SUV), KIA Sportage resmi diperkenalkan kepada publik di acara GIIAS 2016 lalu. Generasi keempatnya ini kini menggunakan wajah baru yang dirancang oleh Peter Schreyer selaku mantan desainer produk Audi. Tak salah, jika KIA Sportage memiliki tampilan lebih agresif dalam bodi maskulin. Berapa harga KIA Sportage ini?

Lihat juga

Harga mobil KIA Seltos: Pembaruan harga KIA Seltos September 2020

01/09/2020

Kia

PT. Kreta Indo Artha (KIA) baru saja memperkenalkan compact SUV Kia Seltos di Indonesia. Apa saja informasi teknis dan berapa harga Kia Seltos terbaru saat ini?

Lihat juga

Harga KIA Optima 2017, Big Sedan Korea Rasa Eropa

Rp 512.000.000

05/10/2017

Editor rate:

KIA Optima merupakan sebuah varian mobil big sedan yang hadir dengan berbagai fitur canggih dan mewah ala Eropa. Apa saja kelebihan dari big sedan dengan harga mencapai setengah milyar ini? Silahkan membaca tulisan review Kia Optima 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Harga KIA Sportage 2017: SUV Gahar Untuk Anda Yang Berjiwa Dinamis

Rp. 386.500.000

06/10/2017

Editor rate:

Tahun 2016 yang lalu, KIA meluncurkan versi terbaru mobil SUV KIA Sportage yang disebut lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Hadir dengan desain yang lebih aerodinamis, apa saja kelebihan dari KIA Sportage dibandingkan dengan pendahulunya? Simaklah tulisan review Kia Sportage 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Review Kia Sonet 2020: Saat Kia Hadirkan SUV Berwajah Agresif

TBA

21/08/2020

Editor rate:

Jika sebelumnya model Kia menawarkan tampilan elegan, kali ini Kia Sonet 2020 hadir dengan warna desain agresif serta berbagai keunggulan fitur terbaru Kia.

Lihat juga