KIA Giat Kejar Target Penjualan Mobil di Indonesia

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
KIA Giat Kejar Target Penjualan Mobil di Indonesia
Pandemi corona yang juga menerpa Indonesia tak membuat KIA patah arang. KIA pun gencar terkait penjualan mobilnya di Indonesia misalnya lewat jalur digital.

Tak bisa dipungkiri masa pandemi membuat penjualan mobil ikut terhambat. Peluncuran mobil baru pun ikut tertunda sembari menanti pasar otomotif Tanah Air pulih. Tetapi hal itu tak lantas membuat para pabrikan pasrah. 

KIA misalnya masih terus giat meski pasar tengah lesu. KIA sendiri sempat mengharapkan bisa tampil di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 setelah diambil alih oleh PT Kreta Indo Artha. 

Penjualan KIA

Penjualan mobil KIA di Indonesia kini di bawah naungan PT Kreta Indo Artha

>>> KIA Mau Nebeng Produksi Mobil di Pabrik Hyundai Indonesia?

Jajaki Jalur Digital

Namun harapan itu harus pupus lantaran Gaikindo telah memutuskan untuk membatalkan perhelatan GIIAS di tahun ini. Penjualan KIA di Indonesia sendiri saat ini ditopang oleh lima model barunya yakni Seltos, Picanto, Rio, Grand Sedona, dan Pickup K2700.

"Dari data Gaikindo sampai Juli kemarin kita jual kurang lebih 400 unit memang masih jauh dari target awal, karena keadaan pandemi ini mau nggak mau kami berusaha sebaik mungkin dan segiat mungkin," jelas Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo belum lama ini.

Gencarnya KIA untuk meningkatkan penjualan juga ditempuh dengan menjajal jalur digital. Meski tak signifikan, setidaknya cara itu mampu meningkatkan penjualan KIA di Indonesia. 

"Dari sini kita sudah ada kenaikan penjualan yang dihasilkan dari platform tersebut kenaikannya signifikan kira-kira 20 persen SPK dari aktivitas termasuk dari diler," lanjut Ario. 

KIA sendiri tengah menyiapkan kampanye untuk layanan purna jualnya. Rencananya KIA akan mengundang semua model KIA dan tak terbatas tahun. Nantinya, mobil-mobil tersebut bisa mengecek kendaraannya secara gratis di bengkel KIA. Hal itu dilakukan sebagai loyalitas KIA terhadap konsumennya di Indonesia. 

>>> Mengenal ADAS, Fitur Keselamatan Canggih KIA Stinger 2021

Berharap pada Ajang Jakarta Auto Week

Kembali soal penjualan mobil, kini KIA tengah berharap pada pameran Jakarta Auto Week yang bakal digelar Gaikindo pada November mendatang. Pameran itu memang sengaja digelar oleh Gaikindo untuk bisa menggairahkan lagi penjualan mobil di Tanah Air. Tentunya itu juga menjadi harapan penjualan KIA di Indonesia bisa perlahan-lahan merangkak naik.

Penjualan KIA

Jakarta Auto Week diharapkan bisa meningkatkan penjualan KIA di Indonesia

Seperti diketahui, penjualan mobil yang menurun membuat Gaikindo juga merevisi targetnya pada tahun 2020. Bila semula Gaikindo mencanangkan target sebesar 1,1 juta saat ini telah direvisi menjadi 600 ribu unit selama setahun. 

"Sampai saat ini kita masih berkomitmen berpartisipasi di pameran tersebut, mudah-mudahan di waktu itu ada perkenalan model baru yang akan kita pasarkan di Indonesia ini. Jakarta Auto Week itu KIA kan sudah menjadi anggota Gaikindo, kita juga akan berpatisipasi di acara Gaikindo," kata Ario.  

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Pandemi Bikin Penggunaan Robot di Pabrik Mobil Kian Umum

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Masa pandemi membuat penggunaan robot di pabrik kian umum. Hal itu bisa terjadi lantaran adanya imbauan untuk menjaga jarak antar individu satu sama lain.

Lihat juga

KIA Motors Perkenalkan All New Kia Sorento PHEV

31/08/2020

Mobil baru

3 menit

KIA Motors memperkenalkan All New KIA Sorento PHEV. SUV besar dengan teknologi plug in hybrid itu diklaim beremisi sangat rendah namun memiliki performa besar.

Lihat juga

Porsche Taycan 2021 Dipermak Jadi Lebih Kencang dan Baterai Kian Awet

24/08/2020

Mobil baru

4 menit

Baru satu tahun peluncuran, Porsche Taychan hadir dengan improvement di performa akselerasi dan kemampuan pengecasan baterai di model tahun 2021.

Lihat juga

Hyundai Selidiki Keluhan Bau Menyengat dari Kabin Hyundai Palisade

29/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Hyundai sedang menyelidiki keluhan dari konsumen terkait bau menyengat yang disinyalir berasal dari kabin Hyundai Palisade yang baru saja diluncurkan Hyundai.

Lihat juga

Muncul NJKB Hyundai Palisade, Segera Masuk Indonesia?

28/08/2020

Mobil baru

4 menit

Berita menarik hadir dari Hyundai, pabrikan Korea Selatan itu akan memasukan Palisade ke Indonesia. Hal ini diyakini setelah NJKB SUV Besar tersebut terdaftar di situs Samsat.

Lihat juga