Kia Ambil Alih Proyek Mobil Listrik Apple

21/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Kia Ambil Alih Proyek Mobil Listrik Apple
Mobil listrik Apple yang rencananya bakal berkolaborasi dengan Hyundai dikabarkan ditarik kembali untuk kemudian dilimpahkan kepada Kia. Pabrikan Korea Selatan ini berharap kerjasama dengan Apple bisa memperkuat citra merek perusahaan nantinya.

Sebelumnya telah dilaporkan jika Hyundai akan berkolaborasi dengan Apple untuk membangun sebuah mobil listrik swakemudi. Bahkan mobil listrik Apple itu kabarnya bakal dirilis kurang dari 5 tahun dari sekarang.

>>> Apple Car Disebut Bakal Digarap Bareng Hyundai

Namun kini sebuah laporan terbaru muncul jika Hyundai menyerahkan proyek mobil masa depan dari Apple itu kepada Kia. Nantinya Kia akan memimpin project Apple Car ini saat dikembangkan di pabrik mereka di Georgia, Amerika Serikat (AS).

Hyundai Khawatir Akan Kerjasama dengan Apple

Dikutip dari Carscoop, Kamis (21/01/2021), spekulasi yang beredar dan menjadi alasan mengapa proyek mobil listrik Apple dilimpahkan kepada Kia adalah karena Hyundai merasa mereka lebih baik fokus pada pengembanagn produk mereka sendiri daripada memproduksi mobil bersama Apple. Selain itu Hyundai juga khawatir dengan kerjasama ini, Apple hanya akan menjadikan Hyundai sebagai tempat produksi. Sementara seluruh proses pengembangan dan pemasangan akan dipimpin langsung oleh perusahaan teknologi tersebut.

Logo Baru KIA

Kia menyambut baik kemungkinan kerjasama dengan Apple

Meskipun belum ada informasi resmi yang menguatkan perkiraan tersebut, tetapi disinyalir orang dalam Kia malah merasa senang atas peralihan proyek mobil listrik Apple Car dari Hyundai. Menurutnya, kemitraan dengan Apple akan memperkuat citra merek Kia. Apalagi Kia juga berambisi untuk merubah seluruh line up produksinya menjadi kendaraan listrik di masa mendatang.

>>> 10 Tantangan Mobil Listrik di Indonesia

Apple Juga Ingin Bekerjasama dalam Pembuatan Baterai

Apple memang sudah lama berencana untuk membuat mobil pintar. Namun pada tahun 2016 pengumuman bakal adanya mobil listrik Apple suatu saat nanti ditarik oleh perusahaan pimpinan Steve Jobs tersebut. Namun akhirnya di 2020 informasi kalau proyek ini berlanjut pun muncul ke permukaan. Bahkan saat Desember tahun lalu Hyundai menginformasikan jika mereka ikut terlibat dalam pengembangan mobil listrik otonom buatan Apple itu.

Apple Car Prototype

Seperti ini perkiraan wujud mobil listrik otonom buatan Apple

Sayangnya informasi ini kemudian ditarik kembali oeh Hyundai. Padahal Apple dikabarkan bukan cuma ingin berkolaborasi dalam pengembangan mobil listrik. Namun perusahan ini juga ingin mengajak mitranya mengembangkan baterai untuk mobil tersebut. Jadi siapakah yang akan berkongsi dengan Apple? Hyundai atau Kia? Kita tunggu saja pengumuman berikutnya.

>>> Review KIA Sonet Premiere 2020: Membuka Kelas Baru

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top