Khawatir Virus Corona, Pemerintah Italia Menutup Dua Museum Ferrari

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Khawatir Virus Corona, Pemerintah Italia Menutup Dua Museum Ferrari
Otoritas setempat menutup dua museum Ferrari di Maranello dan Modena untuk sementara waktu demi menghindari penyebaran virus Corona yang lebih parah di Italia.

Wabah Virus Corona belum berhenti menghantui berbagai negara di dunia, termasuk Italia. Menurut pemberitaan CNBC, hingga kini telah terjadi 220 kasus positif Corona di negara itu. Hal ini pula mendorong pemerintah Italia melakukan langkah antisipasi dan pencegahan secara besar-besaran, seperti membatasi akses bagi warganya untuk mengunjungi atau pulang dari mengunjungi kota-kota lain yang terkena dampak.

Beragam lokasi yang mengundang konsentrasi publik dunia juga ditutup. Tak terkecuali dua museum Ferrari di Manarello dan Modena. Ferrari mengumumkan menutup dua tempat wisata tersebut demi menghindari penyebaran virus Corona yang lebih parah.

Museo Ferrari Manarello

Foto menunjukkan Museum Ferrari Maranello tampak dari depan

Museum Ferrari terpaksa tutup karena wabah Corona

Museo Ferrari adalah museum utama Ferrari yang juga satu komplek dengan pabrik Ferrari di Maranello. Museum ini dibuka pada Februari 1990. Dengan luas 2.500 meter persegi, museum Ferrari Manarello tidak hanya memajang mobil-mobil Ferrari legendaris, tapi juga menampilkan beragam hal yang berkaitan dengan dunia balap Italia, utamanya yang berkaitan dengan merek Ferrari seperti piala, foto-foto dan berbagai barang bersejarah lain.

Museo Enzo Ferrari Modena

Berbeda dengan Museo Ferrari Maranello, Museo Enzo Ferrari di kota Modena lebih fokus pada kehidupan dan karya Enzo Ferrari, pendiri marque mobil sport Ferrari. Kompleks museum mencakup dua bangunan terpisah, bekas rumah dan bengkel milik ayah Enzo Ferrari, dan sebuah bangunan baru yang dirancang oleh praktik arsitektur Future Systems. Museo Enzo Ferrari memiliki luas 6.000 meter persegi, sebuah galeri besar, sebuah pameran permanen yang menampilkan beberapa mobil Ferrari paling terkenal, termasuk mobil langka tahun 1950-an, mobil balap Formula Satu dan mobil sport terbaru. Selain menampilkan mobil Ferrari, Museo Enzo Ferrari juga menampilkan mobil merek Alfa Romeo dan Maserati dan juga video-proyeksi besar yang menggambarkan kehidupan Enzo Ferrari.

>>> Review Maserati Ghibli 2019: Metamorfosa Sempurna Grand Tourer Bertubuh Sedan Dari Tanah Italia

Foto menunjukkan Museum Enzo Ferrari Modena tampak dari luar

Museum Enzo Ferrari Modena, dedikasi untuk sang maestro

Menurut laporan motoringresearch.com, (14/1/2020), tahun 2019 pengunjung yang datang dari berbagai belahan dunia ke kedua museum tersebut tak kurang dari 600 ribu orang. 400 ribu orang mengunjungi museum Ferrari di Maranello, dan 200 ribu orang mengunjungi museum Enzo Ferrari Modena.

Wajar, jika saat ini pemerintah menutup kedua museum tersebut demi menghindari potensi virus Corona yang dibawa pengunjung dari negara lain. Meski demikian, penutupan tidak akan lama. Melalui laman resminya, Ferrari menyatakan museum bakal dibuka kembali pada 8 Maret 2020. Sedangkan untuk pengunjung yang sudah terlanjur membeli tiket untuk tanggal kunjungan selama penutupan tetap bisa menggunakan tiketnya hingga 12 bulan ke depan.

>>> Ferrari Dinobatkan Sebagai Merek Terkuat di Seluruh Dunia Versi Brand Finance

>>> Berita terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top