Kesulitan Finansial, McLaren Gadaikan Technology Centre?

19/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Kesulitan Finansial, McLaren Gadaikan Technology Centre?
Di tengah pandemi, pabrikan mobil mulai memutar otak untuk tetap bertahan di tengah krisis finansial. Termasuk McLaren, yang menargetkan pinjaman sebesar 300 juta Poundsterling melalui aset yang digadaikan, termasuk Technology Centre yang sudah jadi markas sejak 2004.

Seperti kebanyakan pabrikan, McLaren mengalami kesulitan finansial di tengah pandemi Virus Corona. Hal ini disebabkan penjualan mobil jalanan yang turun secara signifikan, dan juga operasional tim Formula 1 yang mandek karena musim belum berjalan.

>>> McLaren siapkan mobil dengan powertrain V6 hybrid

Menurut laporan BBC, McLaren akan mengambil cara yang tak biasa untuk mencari suntikan dana. Pabrikan yang berbasis di Woking itu akan menggadaikan koleksi mobil balap, dan juga markas super canggih, McLaren Technology Centre untuk mendapatkan pinjaman.

Langkah alternatif setelah permintaan bantuan ditolak pemerintah

Langkah ini diambil McLaren setelah permintaan dukungan finansial untuk 3.000 karyawannya ditolak pemerintah karena dinilai pabrikan Supercar Inggris itu belum mencari opsi pencarian dana lain.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Kompleks McLaren Technology Centre

McLaren kini punya dua fasilitas di kompleks Technology Centre yang pertama kali dibuka tahun 2004

Sampai saat ini, McLaren memang belum memberikan konfirmasi terkait hal ini. Namun, juru bicara merek berbicara kepada kantor berita BBC bahwa mereka mempertimbangkan opsi gadai.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar pasar mobil di sini

“Sama seperti bisnis lainnya di Inggris, McLaren sangat terpengaruh oleh pandemi saat ini. Dan oleh karena itu, kami menjajaki berbagai opsi pendanaan yang berbeda untuk mengatasi masalah bisnis jangka pendek ini,” ujar sang Juru Bicara.

Gadaikan koleksi mobil dan Technology Centre

Menargetkan pinjaman sebesar £300 juta, McLaren akan menggadaikan fasilitas di Surrey dan koleksi mobilnya yang dipajang di McLaren Technology Centre, dengan pinjaman jangka pendek ini akan dibayarkan setelah musim balap kembali bergulir dan penjualan mobil kembali naik saat pandemi mulai mereda.

Deretan koleksi mobil di McLaren Technology Centre

Deretan mobil balap legendarisnya juga akan digadaikan untuk tambahan dana

Pertama kali dibuka pada 2004, kompleks McLaren Technology Centre, yang berdiri di lahan sebesar 50 hektar, merupakan kantor utama McLaren Group yang dibuat saat Ron Dennis masih menjadi CEO tim. Tahun 2011 McLaren menambah satu lagi fasilitas McLaren Production Centre, yang menjadi basis perakitan mobil jalanan seperti 720S dan Senna.

Tahun lalu, keuntungan McLaren naik sekitar 18% menjadi £1,4 miliar (setara Rp 25,2 Triliun) dengan 90% dari produksi mobil jalanannya dijual di luar Inggris.

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Sportscar Hybrid McLaren Terjepret Kamera Dibalut Kamuflase Tebal

19/04/2020

Mobil baru

4 menit

Rumor seputar Sportscar Hybrid McLaren terbaru kini semakin dekat. Setelah muncul unit tes mule, kini giliran prototype dengan desain body baru yang ditutup livery kamuflase tebal.

Lihat juga

McLaren Siapkan Sportscar Hybrid Baru, Pakai Mesin V6

05/04/2020

Mobil baru

4 menit

McLaren tengah menyiapkan sebuah sportscar entry-level baru dengan teknologi plug-in hybrid, dan akan mengganti mesin V8 dengan sebuah mesin V6 twin-turbo dengan motor listrik.

Lihat juga

Terpicu McLaren, Aston Martin Siapkan Roadster V12 Speedster

09/01/2020

Mobil baru

3 menit

Seolah tak ingin kalah dari roadster terbaru McLaren Elva, Aston Martin Siapkan roadster V12 Speedster yang terinspirasi dari mobil legendaris juara Le Mans 24 jam, serta diproduksi dalam jumlah terbatas.

Lihat juga

McLaren Speedtail Jadi Penantang Baru Hypercar 400 km/jam

30/12/2019

Mobil baru

3 menit

Tidak banyak mobil yang dapat menyentuh kecepatan 400 km/jam, maka dari itu beberapa hypercar yang masuk ke dalam kategori tersebut sangatlah spesial. Yang terbaru, McLaren Speedtail mencatatkan kecepatan puncak 403 km/jam.

Lihat juga

McLaren 620R Versi Jalan Raya dari GT4 Buat Konsumen Khusus

27/12/2019

Mobil baru

5 menit

McLaren 620R kabarnya mengadopsi teknologi yang selama ini dipakai pada mobil balap McLaren GT4. Dan sekarang, konsumen setia mereka bisa merasakan semua teknologi itu di jalur kota.

Lihat juga
 
back to top