Kesiapan Jasa Marga Metropolitan Sambut Lebaran 2020

16/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kesiapan Jasa Marga Metropolitan Sambut Lebaran 2020
Melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad, PT Jasa Marga memastikan kesiapan jalan tol terus dilakukan guna menyambut Lebaran 2020 yang sebentar lagi tiba.

Pemerintah DKI Jakarta dan Jawa Barat masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik warga ke luar kota guna memutus rantai penyebaran virus Corona (COVID-19). Volume kendaraan di jalan tol maupaun jalan raya non tol pun menyusut dibanding lebaran sebelum-sebelumnya, dengan penurunan signifikan. Meski demikian, hal itu tak membuat Jasa Marga untuk terus meningkatkan pelayanan.

Kesiapan Jasa Marga sambut lebaran 2020

Menyambut lebaran 2020 yang semakin dekat kesiapan terus dilakukan Jasa Marga untuk memberikan pelayanan terbaik. Khususnya di jalan tol metropolitan kesiapan dilakukan PT Jasa Marga (Persero) melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad di Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang-Cengkareng, JORR, serta Cipularang dan Padaleunyi​.

Foto menunjukkan suasana saat apel para petugas Jasa Marga

Meski tidak ada mudik lebaran 2020, kesiapan Jasa Marga tetap ditingkatkan

“Layanan operasional jalan tol meliputi Layanan Transaksi, Layanan Lalu Lintas, Layanan Konstruksi dan Layanan Tempat Istirahat akan tetap kami jaga performanya, dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19, termasuk penggunaan alat pelindung diri bagi para petugas di lapangan, guna mewujudkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan,” tegas Reza Febriano selaku Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head dalam pernyataannya sebagaimana dirilis Jasa Marga di laman resminya, (13/5/2020).

>>> Cek harga mobil baru dengan diskon dan penawaran menarik samil tetap #dirumahaja

Layanan Transaksi

Kesiapan Jasa Marga dalam bidang Transaksi, Jasa Marga memastikan terpenuhinya kebutuhan gardu operasi di seluruh gerbang tol agar tidak terjadi antrean, peralatan tol berfungsi baik, penyiagaan genset 24 jam, penyiagaan personil untuk bantu tapping dan penambahan mobile reader, serta penyiagaan teknisi peralatan tol yang siaga 24 jam.

Layanan Lalu Lintas

Di bidang Layanan Lalu Lintas, Jasa Marga menyiapkan strategi dan upaya percepatan penanganan gangguan di lajur, melakukan pengamanan pada lokasi rawan gangguan Kamtibmas, memastikan kendaraan layanan jalan tol berserta sarana prasarana dalam kondisi baik, juga memastikan percepatan informasi melalui Variable Message Sign (VMS), VMS Mobile, CCTV dan melalui kanal-kanal informasi milik Jasa Marga, juga media sosial.

>>> Lewat Tol Trans Jawa, Kenali Perbedaan Rest Area A dan Rest Area B

Foto seorang petugas kepolisian mengatur lalu lintas di persimpangan Jalan tol

Bakal ada petugas yang selalu berjaga di beberapa titik kepadatan

Layanan Kontruksi

Di bidang Layanan Konstruksi, sesuai instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jasa Marga akan melakukan pemberhentian kegiatan proyek di jalan tol mulai H-3 (21 Mei 2020 pukul 00.00) s.d H+2 (25 Mei 2020 pukul 24.00), menyiagakan tim sapu lubang yang bersiaga 24 jam, penyiagaan water tank untuk ketersediaan air bersih di gerbang tol dan tempat istirahat, serta menyiapkan tim khusus untuk percepatan penanganan gangguan pada proyek jalan tol di bawah koordinasi Jasamarga Metropolitan Tollroad.

Layanan Rest Area

Kesiapan Jasa Marga di bidang Layanan Rest Area, Jasa Marga memastikan layanan di rest area telah memenuhi protokol penanganan Covid-19 dengan menyiapkan check point di akses masuk rest area untuk melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh, jaga jarak penumpang dan penggunaan masker. Selain itu, dilakukan juga batasan 50% dari jumlah lahan parkir yang tersedia, membuat marka jaga jarak di tempat umum seperti pujasera, restoran, toilet, dan mushala, serta penyediaan pos pengaman, menyiapkan ruang khusus/isolasi, juga memastikan tidak ada pungli di rest area.

>>> Terapkan Physical Distancing, Jasa Marga Pasang Penanda Khusus di Rest Area

Foto menunjukkan area makan di rest area ditandai untuk physical distancing

Protokol kesehatan wajib dilakukan di rest area

>>> Berita terbaru seputar otomotif dan lalu lintas lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tahan Rindu Kampung Halaman, Jangan Mudik Demi Kebaikan Bersama

13/05/2020

Perawatan dan service

4 menit

Aktivitas mudik sudah menjadi tradisi lekat dengan masyarakat Indonesia. Namun tahun ini kita harus menahan rindu kampung halaman demi kebaikan kita bersama.

Lihat juga

Mudik Dilarang, Servis Mobil di Bengkel Mitsubishi Ikut Sepi

11/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Adanya larangan mudik dari pemerintah membuat aktivitas perawatan mobil di bengkel Mitsubishi ikut sepi. Dalam catatan Mitsubishi servis di bengkel turun 30%.

Lihat juga

Aturan Larangan Mudik Bikin Masyarakat Bingung

12/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui aturan larangan mudik yang diterbitkan pemerintah serta pengaturan transportasi umum membuat masyarakat bingung.

Lihat juga

Usir Rasa Bosan di Rumah Saja, Yuk Main Game Bareng Jasa Marga!

03/04/2020

Pengemudian

3 menit

Jangan biarkan rasa bosan di rumah saja bikin kamu frustasi. Yuk, main game Tangkap Mobil ala Jasa Marga. Dijamin kamu bakal penasaran buat memenangkan.

Lihat juga

Terapkan Physical Distancing, Jasa Marga Pasang Penanda Khusus di Rest Area

27/03/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Jasamarga Related Business (JMRB) memasang penanda khusus dalam menerapkan Physical Distancing di rest area guna meminimalisir penyebaran virus Corona.

Lihat juga
 
back to top