Kesampingkan Persaingan, BMW dan Mercedes Kerja Sama Kembangkan Mobil Swakemudi

05/07/2019
BMW dan Mercedes menandatangani kontrak untuk mengembangkan sistem penggerak jalan raya otomatis Level 4; mobil swakemudi geofenced yang akan tersedia pada 2024 mendatang.

Dilansir dari Auto Express UK, BMW dan Mercedes telah mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama untuk mengembangkan teknologi self-driving (swakemudi). Rencananya, pengembangan akan dilakukan hingga versi produksi siap dipasarkan pada pelanggan pada tahun 2024 mendatang.

Kedua perusahaan akan mengembangkan sistem swakemudi Level 4 bersama-sama. Sistem Level 4 akan memungkinkan pengemudi mengalihkan pandangan dari jalan, melepaskan pegangan dari kemudi dan pedal, namun sudah diperbolehkan oleh undang-undang.

kerja sama kendaraan swakemudi BMW dan Mercedes 
Kerja sama BMW dan Mercedes untuk pengembangan swakemudi hingga 2024

Sistem swakemudi Level 4 dianggap sebagai level otomatisasi tinggi, memungkinkan mobil untuk mengemudi sendiri ketika berada dalam kondisi tertentu, dalam hal ini ketika mobil berada di lingkungan jalan bebas hambatan. Sistem Level 5 adalah versi tertinggi, dimana kendaraan sudah mendapatkan otomatisasi dari awal hingga akhir dan bisa dilakukan di semua bidang dan kondisi.

>>> Inilah Prediksi Deretan Calon Mobil Baru GIIAS 2019 A La Cintamobil

Fokus awal proyek kerja sama BMW dan Mercedes adalah sistem swakemudi di lingkungan jalan bebas hambatan. Diprediksi, kedua perusahaan akan menggunakan sistem geofencing, teknologi tingkat tinggi dimana mobil hanya akan memungkinkan sistem swakemudi dapat diaktifkan di lokasi tertentu.

Sekitar 1.200 karyawan dari dua perusahaan akan bekerja sama untuk mengembangkan “platform untuk pengemudian otomatis”. BMW menyebutkan bahwa tujuan utama dari proyek ini adalah “peluncuran teknologi yang cepat di pasaran”, yang diharapkan akan tersedia pada mobil penumpang pribadi dalam lima tahun ke depan.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

 ilustrasi dan gambaran sistem swakemudi mobil perkotaan
BMW dan Mercedes mempersiapkan sistem swakemudi untuk pengemudian perkotaan

Dengan asumsi proyek ini berhasil, pada 2024 mendatang konsumen BMW dan Mercedes bisa membeli mobil dengan teknologi ini. Keduanya juga sedang mengembangkan sistem parkir mandiri, sementara “pembicaraan lebih lanjut” untuk sistem pengemudian perkotaan “sedang direncanakan”.

>>> Ingin membeli mobil? Dapatkan informasi mobil baru maupun bekas hanya di sini

Lebih lanjut, proyek ini didasarkan pada “kerja sama non-eksklusif” dan terbuka untuk produsen dan perusahaan teknologi lain untuk bergabung. Perusahaan yang tidak tergabung dengan kerja sama ini bisa membeli hasil studi di bawah lisensi untuk digunakan pada kendaraan mereka sendiri.

>>> Update berita terkini seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain