Kerjasama Volkswagen dan Ford Khususkan Pengembangan Kendaraan Listrik

17/01/2019

Pasar mobil
Kerjasama Volkswagen dan Ford Khususkan Pengembangan Kendaraan Listrik
Volkswagen dan Ford semakin serius tentang kemitraan dengan secara resmi mengumumkan rencana kolaborasi pengembangan truk pikap berukuran menengah pada tahun 2022.

Dalam keterangan resminya, Volkswagen dan Ford akan mengembangkan pikap yang akan menjadi penerus Ford Ranger dan Volkswagen Amarok di beberapa daerah. Selain itu, perjanjian kerjasama ini akan menghasilkan pikap kategori satu ton yang dikembangkan Ford serta city van yang lebih kecil dari VW.

Para pembuat mobil juga telah menandatangani nota kesepahaman untuk menyelidiki kemungkinan aliansi masa depan pada kendaraan listrik, kendaraan swakemudi, dan layanan mobilitas. Kedua perusahaan cukup jelas bahwa kesepakatan dan kerjasama ini murni untuk pengembangan kendaraan dari sisi bisnis.

Volkswagen Amarok keluaran 2016 berwarna biru

Volkswagen Amarok yang akan dikembangkan bersama oleh Volkswagen dan Ford

Ford menjelaskan bahwa mereka akan mengembangkan Ranger dan Amerok generasi berikutnya untuk pasar Afrika, Eropa, dan Afrika Selatan. Selain itu, kedua perusahaan menjelaskan bahwa tidak ada kemungkinan untuk mengembangkan truk pada pasar Amerika, meskipun hal tersebut masih membutuhkan lebih banyak diskusi dari kedua perusahaan.

>>> Tanggapi Rencana Investasi Hyundai, Indonesia Siapkan Peraturan Kendaraan Listrik

Pikap kategori satu ton yang dikembangkan Ford akan masuk ke dalam model Ford Transit Custom dan tidak akan tersedia untuk pasar Amerika. Sebaliknya, VW masih belum menjelaskan nama model yang direncanakan untuk digunakan pada kendaraan komersial. Perusahaan asal Jerman tersebut baru mengkonfirmasi rencana mereka untuk menawarkan city van bertenaga bensin dan listrik.

Untuk menjaga agar model-model tersebut tidak terlihat seperti hanya salinan dari satu dan yang lain, James D.Farley Jr. yang menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif serta Presiden Ford Motor Company mengungkapkan kendaraan tersebut akan memiliki dinamika berkendara yang berbeda dan menjadi “produk yang sangat berbeda.”

>>> Berita pasar mobil terbaru dalam dan luar negeri bisa Anda dapatkan di sini

platform MED milik Ford yang sedang berada di ruangan

Platform MED dari Volkswagen yang bisa diberikan pada Ford

Selain itu, Jim Hackett dari Ford dan Herbert Diess dari VW mengungkapkan bahwa mereka saling bersemangat untuk berkolaborasi tentang kendaraan listrik di masa depan. Bahkan keduanya mengungkapkan adanya dialog terbuka dan konstruktif untuk memberikan platform kendaraan listrik MEB pada Ford, terutama untuk model di Eropa dan Cina.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top