Kerjasama Berlanjut, Geely Dorong Ekspansi Proton ke Pasar Global

21/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kerjasama Berlanjut, Geely Dorong Ekspansi Proton ke Pasar Global
Geely memperpanjang kemitraan dengan Proton agar bisa menyediakan banyak model untuk pasar international.

Deretan mobil di depan diler Geely

Merek asal China, Geely lanjutkan kerjasama kemitraan dengan Proton Malaysia

Produsen otomotif asal China, Zhejiang Geely Holding Group menandatangani perpanjangan kerjasama kemitraan bersama Proton Holdings Berhad. Langkah ini dilakukan agar merek Proton tak hanya berkibar di Malaysia, tapi juga berkembang di negara lain seperti China dan Indonesia.

Dikutip dari Reuters.com, Sabtu (18/8/2018), penandatanganan kemitraan itu memberi peluang pada Proton untuk menggunakan teknologi kendaraan ramah lingkungan serta platform dasar kendaraan yang dikembangkan bersama Geely.

Geely’s Founder and Chief Executive, Li Shufu tidak menjelaskan secara rinci isi kerjasama kemitraan yang baru ini. Yang jelas dia optimis kalau kerjasama kemitraan dengan Proton bakal berlanjut ke tahap yang lebih tinggi.

"Penandatanganan perjanjian hari ini akan memperluas hubungan kami dan membawa kerja sama kami ke tahap berikutnya," kata Li Shufu dalam sambutannya usai penandatanganan kerjasama di kantor Geely - Hangzhou, Sabtu (18/8/2018).

Turut menyaksikan penandatanganan perpanjangan kerjasama kemitraan antar Geely dan Proton, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad yang kebetulan sedang melaksanakan kunjungan negara ke China lima hari.

>>> Meminjam Powertrain Volvo, Geely Borui GE Resmi Diluncurkan di Cina

Foto Mahathir Mohamad menyaksikan Penandatanganan perjanjian kerjasama Geely dengan Proton

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad hadir menyaksikan penandatanganan kerjasama baru antara Geely dengan Proton (foto: theedgemarkets.com)

Tahap berikutnya yang bakal dilakukan usai penandatanganan perpanjangan kerjasama kemitraan ini, Proton bakal melakukan studi kelayakan untuk masuk ke pasar China. Langkah ini bakal sepenuhnya mendapat bantuan dari Geely karena pada ujungnya bakal melengkapi segmentasi otomotif pabrikan asal China tersebut. Proyeksi Geely punya merek Volvo di kelas premium, merek Geely di kelas medium dan merek Proton di kelas yang lebih terjangkau.

Lebih lanjut Li Shufu mengatakan setelah China dan Indonesia ada kemungkinan sangat besar mobil Proton nantinya masuk ke pasar negara lain di Asia Tenggara, India, Inggris dan Australia.

Seperti diketahui, Geely sukses menguasai saham Proton Malaysia hingga 49,9 persen pada Mei 2017 lalu setelah sebelumnya Proton menunjukkan kinerja buruk dan mengandalkan dana pinjaman dari pemerintah untuk operasionalnya. Kehadiran Geely diharapkan bisa membangkitkan kembali pesona Proton sebagaimana Geely sukses membangkitkan merek Volvo yang dibeli dari tangan Ford tahun 2010.

Apakah kerjasama kemitraan yang baru ini benar-benar menghasilkan produk yang luar biasa dan hasil penjualan yang luar biasa di pasar global, layak untuk ditunggu.

>>> Sama-sama Merek China, DFSK Tak Masalah Bersaing Dengan Wuling

Logo Geely dan Proton

Geely ingin Proton tak hanya besar di Malaysia, tapi juga berkibar di pasar dunia

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top