Keperkasaan Tesla dalam Industri Otomotif Dunia

05/12/2017

Pasar mobil
Share this post:
Keperkasaan Tesla dalam Industri Otomotif Dunia
Pekan lalu, pendiri dan chief executive officer Tesal, Elon Musk, memperkenalkan trailer traktor bertenaga listrik barunya. Traktor semi ini bisa menempuh 805 kilometer dengan sekali isi baterai, menggunakan sistem mengemudi semi-otomatis dari Tesla dan bisa berjalan di jalurnya serta pengereman otomatis.

Elon Musk, CEO dan otak Tesla sedang tersenyum jika berbicara di konferensi tersebut

Elon Musk, CEO dan otak Tesla

Truk ini mempunyai pusat gravitasi yang lebih rendah dibandingkan dengan truk tradisional yang membuatnya mengurangi resiko terbalik. Musk sesumbar bahwa truk semi ini “tidak akan rusak sejauh satu juta mil”.

Dan Musk, yang dijuluki sebagai Toni Stark-nya Tesla, kembali mengejutkan industry otomotif dunia.

 

Tesla Roadster, jet darat unggulan Tesla berwarna merah sedang berkendara di jalan

Tesla Roadster, jet darat unggulan Tesla

Dia memperkenalkan Tesla Roadster generasi kedua. Supercar all-wheel-drive seharga US$ 200.000 (“hanya” Rp. 2.6 Miliar) ini bisa melaju dari nol sampai dengan 100 kilometer per jam dalam 1.9 detik yang membuatnya menjadi mobil tercepat yang pernah diproduksi. Dan jangan lupa jet darat ini bisa melaju sampai 400km/jam.

Berminat mobil mewah Tesla baru ini, klik di sini untuk menikmati penampilan New Tesla Roadster 2020

Ketika Musk pertama kali meluncurkan Tesla Model S P100 “Ludicrous Mode” pada 2015, laporan mencatat “[100km/jam] itu dalam 2.8 detik luar biasa cepat. Apalagi dibandingkan dengan biaya yang kecil dan untuk lima penumpang, sedan empat pintu itu bersaing dengan Lamborghini, Bentley, dan Porsche. Hal ini jauh sebelum videoTesla Model X P90D Ludicrous mengalahkan Ferrari F430 dalam lomba drag.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita baru tentang pasar mobil!

Mobil elektrik seperti Roadster memiliki beberapa keunggulan, terutama torsi puncak langsung dan transmisi satu roda gigi. Hal ini merupakan sebagian alasan mobil ini cenderung mengalahkan pesaing lain yang bertenaga bensin dalam lomba drag.

Pada hari yang sama ketika Musk merilis Roadster-nya, The Wall Street Journal mengulas Porsche 911 GT2 2008 (seharga US$ 325,250 atau sekitar Rp. 4 Milliar) dengan pertanyaan, “Apakah ini mobil jalanan tercepat yang pernah ada?” Melaju dalam 0-100km dalam 2.7 saat itu merupakan rekor kecepatan street-car. Tapi setelah beberapa jam Tesla Roadster diluncurkan, seluruh dunia mulai berpaling.

Porsche 911 GT2 berwarna silver sedang berkendara di jalan umum

Porsche 911 GT2 dengan cepat dikalahkan oleh Roadster

Supercar lain juga mengalami nasib yang sama. McLaren P1 seharga US$ 1.3 Milliar (Rp. 1.4 Triliun) yang mencapai 100 km dalam 2.7 detik dan Porsche 918 Spyder yang membutuhkan 2.6 detik seharga US$ 847,000 (Rp. 1 Trilliun) tidak cukup untuk mengalahkan mobil ramah lingkungan yang hanya seharga ¼ dari Porsche 918 Spyder tersebut.

Share this post:
 
back to top