Kendaraan Pribadi Tak Lakukan Uji Emisi, Apa Sanksinya?

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kendaraan Pribadi Tak Lakukan Uji Emisi, Apa Sanksinya?
Pemprov DKI Jakarta mewajibkan kendaraan pribadi untuk melakukan uji emisi setidaknya setahun sekali mulai Januari 2021 seperti tertuang dalam Pergub.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meneken aturan soal uji emisi kendaraan bermotor yang beroperasi di wilayah Ibu Kota. Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Diundangkan sejak 24 Juli 2020, peraturan ini bakal berlaku mulai Januari 2021. 

Dalam aturan itu, motor dan mobil pribadi yang berusia lebih dari tiga tahun wajib melakukan uji emisi secara mandiri setidaknya satu tahun sekali. 

Uji Emisi Kendaraan

Uji Emisi kendaraan wajib dilakukan mulai 2021

>>> Lakukan 5 Hal Ini Agar Emisi Gas Buang Mobil Anda Tetap Terjaga

Ada Sanksi Menanti

Nantinya bila ada pemilik mobil dan motor pribadi yang kedapatan tak melakukan uji emisi secara berkala, maka akan dikenakan sanksi seperti tertuang dalam Pasal 16. 

"Setiap pemilik Kendaraan Bermotor yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai lalu lintas dan angkutan jalan," jelas Pasal tersebut. 

Apa sanksi yang dikenakan? Bila mengacu pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, memang tak ada pasal spesifik yang menyebut sanksi terkait uji emisi kendaraan pribadi. 

Tercantum dalam pasal 288 ayat 3 disebutkan setiap orang yang mengemudikan mobil penumpang umum, mobil bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang tidak dilengkapi dengan surat keterangan uji berkala dan tanda lulus uji berkala sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf c dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000. 

uji emisi kendaraan

Uji emisi mobil pribadi dilakukan secara mandiri

>>> Mulai 2021, Mobil Pribadi di Jakarta Wajib Lakukan Uji Emisi

Bakal Diperiksa Secara Rutin

Kemudian ada juga denda lainnya yang tercantum pada pasal 17.

"Setiap pemilik Kendaraan Bermotor yang tidak melakukan uji emisi gas buang dan/atau tidak memenuhi ketentuan lulus uji emisi gas buang dikenakan disinsentif berupa pembayaran parkir tertunggu mengacu pada Peraturan Gubernur mengenai tarif layanan parkir di ruang milik jalan dan/atau ruang milik jalan," begitu bunyi pasal 17. 

Nantinya pemeriksaan uji emisi mobil pribadi ini akan dilakukan mirip dengan razia di jalan. Tertuang dalam pasal 14 disebutkan pemeriksaan kepatuhan pelaksanaan wajib uji emisi gas buang dan pemenuhan Ambang Batas Emisi sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 ayat 1 dilakukan di jalan dan/atau fasilitas parkir.

Pemeriksaan kepatuhan pelaksanaan wajib uji emisi gas buang dan pemenuhan Ambang Batas Emisi dilakukan secara berkala setiap enam bulan atau insidental sesuai dengan kebutuhan. Pemeriksaan ini akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan bekerja sama dengan pihak kepolisian. 

>>> Berita otomotif terbaru lainnya ada di sini

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Porsche Tersangkut Skandal Emisi Mesin

27/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Gaung skandal Dieselgate belum sepenuhnya sunyi, Volkswagen Group kembali tersangkut skandal terkait mesin, kali ini Porsche yang diinvestigasi oleh otoritas Jerman.

Lihat juga

Aturan Emisi Euro4 Ditunda, Isuzu Ikuti Pemerintah

15/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Aturan emisi Euro4 sejatinya akan diberlakukan oleh pemerintah Indonesia di tahun ini. Namun dampak dari pandemi Covid-19 membuat kebijakan ini ditunda.

Lihat juga

Dampak Pandemi Implementasi Emisi EURO 4 Mundur Hingga 2022

28/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemberlakuan wajib standar emisi EURO 4 mundur hingga tahun 2022 dari sebelumnya 2021 diakibatkan adanya pandemic virus COVID19 yang melanda Tanah Air

Lihat juga

Tak Bisa Penuhi Standar Emisi, Suzuki Stop Penjualan Jimny di Eropa

24/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Kabar buruk untuk Anda para pecinta Suzuki Jimny di Eropa, Suzuki berniat menarik line-up SUV mungilnya dari pasar Eropa karena tidak bisa mengikuti standar emisi CO2 terbaru yang mulai berlaku 2021 mendatang.

Lihat juga

Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

07/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Rutin melakukan uji emisi kendaraan merupakan bentuk perawatan kendaraan tersebut. Karena dengan uji emisi, maka dpaat dilihat kondisi mesin dari kendaraan itu.

Lihat juga