Kendaraan Penjelajah Bulan Milik Toyota Dinamai Lunar Cruiser

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Kendaraan Penjelajah Bulan Milik Toyota Dinamai Lunar Cruiser
JAXA dan Toyota umumkan Lunar Cruiser sebagai nama untuk kendaraan kedua perusahaan yang dikembangkan untuk menjelajah bulan. Bagaimana ya kira-kira bentuknya?

Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan Toyota Motor Corporation mengumumkan bahwa keduanya telah menamai kendaraan yang disiapkan untuk menjelajah bulan dengan Lunar Cruiser.

JAXA dan Toyota sebelumnya mengumumkan dan telah melakukan penelitian bersama pada kedaraan penjelajah bulan mereka menggunakan teknologi kendaraan listrik sel bahan bakar (FCEV).

>>> Konsep Mercedes-Benz VRC yang Terlupakan, 4 Bodi dalam 1 Mobil

Gambar menunjukan Lunar Cruiser

Tampilan dari Lunar Cruiser 

Namanya Terinspirasi dari Ketangguhan Land Cruiser 

Menurut keterangan Toyota penamaan Lunar Cruiser dipilih karena rasa akrab yang ditawarkannya kepada orang-orang yang terlibat dalam pengembangan dan pembuatan prototipe kendaraan sebagai bagian dari proyek penelitian bersama serta keakraban yang akan diberikannya kepada masyarakat umum.

"Nama Toyota Land Cruiser diputuskan menjadi referensi berdasarkan kualitas, daya tahan, dan keandalan yang telah lama dipegang Toyota untuk Land Cruiser. Referensi tersebut diharapkan bisa membuat kendaraan tersebut dapat menjelajah dengan melintasi lingkungan permukaan bulan yang keras." kata Toyota pada keterangan tertulisnya.

>>> Weekend Ga Kemana-Mana? Ini Tips Tune Up Mobil di Rumah dari Wuling

Gambar menunjukan Lunar Cruiser

Solar panel pada kendaraan bulan Toyota

Kerjasama Sudah Terjalin Sejak Juni 2019

JAXA dan Toyota sebelumnya telah menandatangani perjanjian penelitian bersama untuk mengerjakan kendaran penjelajah bulan pada 13 Juni 2019, dengan perkiraan tanggal peluncuran pada paruh kedua tahun 2020.

Secara bersama, keduanya telah bekerja untuk memproduksi suku cadang uji untuk setiap elemen teknologi, dan prototipe kendaraan tersebut. Proyek ini melibatkan penggunaan simulasi untuk memastikan performa daya dan pembuangan panas saat mengemudi, pembuatan dan penilaian ban prototipe, dan penggunaan realitas virtual dan model skala penuh untuk mempertimbangkan tata letak peralatan di kabin Lunar Cruiser.

Selain itu, sebagai bagian dari upaya mereka untuk menciptakan mitra baru JAXA dan Toyota telah berdiskusi secara lateral dengan berbagai industri melalui pertemuan studi berdasarkan tema masyarakat bulan. Diskusi tersebut fokus pada bagaimana kendaraan penjelajah bulan menjadi titik awal dari visi masyarakat di masa depan sambil membahas tantangan yang akan dihadapi.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top