Kendaraan Militer Maung Bisa Dibeli Warga Sipil Seharga Rp 600 Jutaan

22/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Kendaraan militer Maung bakal tersedia untuk warga sipil. Mobil itu akan dibanderol seharga Rp 600 jutaan dan bakal dirilis pada pertengahan tahun 2021.

Kendaraan militer Maung rupanya mempunyai daya tarik tersendiri untuk masyarakat Indonesia. Buktinya, PT Pindad (Persero) berencana untuk menghadirkan kendaraan militer Maung versi sipil pada tahun ini. 

Rencananya, Maung versi sipil akan dirilis pada pertengahan tahun 2021. Saat ini, Maung versi sipil tengah memasuki  tahapan persiapan komersialisasi dengan mengundang berbagai mitra termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut. 

Kendaraan militer Maung

Maung sudah diuji langsung oleh Prabowo

>>> Mengintip Spesifikasi Maung, Kendaraan Militer 4x4 Buatan Dalam Negeri

Masih Tahap Perizinan

Tahapan perizinan untuk kendaraan versi sipil juga sedang dijajaki karena tentunya terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer yang sudah didapatkan sebelumnya.

Tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri. Rencana Pindad memproduksi Maung untuk masyarakat sipil itu terkuak dari Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose. 

"Pindad berkomitmen masuk ke pasar komersil untuk kendaraan Maung versi sipil yang diperkirakan akan dirilis pada pertengahan tahun 2021," ungkap Abraham dalam keterangan resmi yang dilihat Cintamobil. 

Pindad juga menegaskan bahwa pesifikasi Maung untuk masyarakat sipil tentunya akan berbeda dengan versi militer. Perbedaan yang cukup jelas adalah adanya kelengkapan versi militer yang tidak akan digunakan dalam versi sipil, diantaranya bracket senjata, roll bar dan beberapa penyesuaian lainnya. Saat ini Pindad juga sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk dipilih mesin mana yang akan digunakan.

Sementara kendaraan militer Maung dapat dioperasikan hingga batas kecepatan aman yakni 120 km/jam, transmisi manual 6 percepatan, dan mampu menjangkau jarak tempuh sejauh 800 km.

Kendaraan militer Maung

Maung versi sipil akan berbeda dengan versi militer

Sebagai kendaraan taktis, Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya. Maung versi militer dibekali mesin turbo diesel 4 silinder berkapasitas 2.400cc.

>>> Deretan Kendaraan Taktis Milik Pindad

Pindad Masih Penuhi Kebutuhan Kemenhan

Maung versi sipil dibanderol mulai di kisaran harga Rp 600 jutaan, tergantung tipe dan kelengkapannya. Maung versi sipil akan menjadi kendaraan pertama produksi Pindad yang dirilis di pasar komersil.

Sistem pemesanan dan skema pembayaran akan disampaikan nanti setelah semua persiapan komersialisasi Maung rampung dilaksanakan, mengingat tingginya minat masyarakat tidak menutup kemungkinan akan dibuka sistem Pre-Order.

Kendaraan Militer Maung

Pindad masih memenuhi permintaan Kemenhan

Pindad juga saat ini masih dalam tahap pemenuhan Kendaraan Taktis Ringan Maung versi militer yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan. 

Sebanyak 40 unit Maung telah dikirim dan diserahterimakan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa di Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan pada Rabu (13/1/2021). 40 unit Maung tersebut merupakan tahap pertama dari 500 unit Maung yang dipesan Kemhan. Prabowo sendiri telah menguji Maung pada 12 Juli 2020 di Sirkuit Sentul, Bogor. 

>>> Kia Racik Kendaraan Militer Listrik Otonom

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top