284 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta Hingga H+2 Libur Natal 2020

30/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
284 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta Hingga H+2 Libur Natal 2020
Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan masuk Jakarta hingga H+2 libur Natal 2020 mencapai 284 ribu unit. Yang terbanyak kendaraan datang dari arah timur (Tol Trans Jawa dan Tol Cipularang).

Momen libur Natal 2020 sudah selesai. Warga yang meninggalkan ibu kota untuk mudik dan liburan mulai kembali. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dalam rilisnya, (28/12/2020) mencatat hingga H+2 pasca Natal (26-27 Desember 2020) sebanyak 284.085 kendaraan masuk Jakarta.

Angka tersebut adalah hasil akumulasi kendaraan yang masuk Jakarta dari arah timur, barat, dan selatan. Yang terbanyak dari arah timur yaitu sebesar 54,43%, lalu dari barat sebesar 26.68%, dari selatan sebesar 18.89%. Adapun rinciannya sebagai berikut:

Dari arah Timur

Kendaraan masuk Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalu lintas di dua Gerbang Tol (GT), yaitu GT Cikampek Utama 2 untuk pengguna jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama 2 untuk pengguna jalan Tol Cipularang. Untuk distribusi lalu lintasnya, yaitu:

  • GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 49.876 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 17.3% dibanding lalu lintas new normal.
  • GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 36.597 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 19.1% dibanding lalu lintas new normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 86.473 kendaraan, turun sebesar 1.5% dibanding lalu lintas new normal.

>>> Pengguna Tol Trans Jawa Mayoritas Pakai Pertamax Turbo dan Pertamina Dex

Foto menunjukkan kendaraan Membayar di gardu tol

Sejumlah pemudik kembali ke ibu kota pasca liburan Natal 2020

Dari arah Barat

Kendaraan yang masuk Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa jalan Tol Tangerang-Merak jumlahnya mencapai 42.391 kendaraan, turun sebesar 3.3% dibanding lalu lintas new normal.

Dari arah Selatan

Yang terakhir kendaraan masuk Jakarta dari arah selatan/lokal melalui GT Ciawi 1 jalan Tol Jagorawi mencapai 30.004 kendaraan, turun sebesar 28.3% dibanding lalu lintas new normal.

Menurut Jasa Marga, angka di atas belum final. Diprediksi masih banyak warga yang belum kembali ke Jakarta lagi, menunggu sampai libur Tahun Baru selesai. Diprediksi juga bakal terjadi lagi arus lalu lintas besar-besaran meninggalkan Jakarta lewat 4 GT di atas pada Kamis, (31/12/2020). Hal ini karena hari berikutnya adalah libur panjang Tahun Baru 2021 yang jatuh pada hari Jum’at bersambung dengan weekend Sabtu dan Minggu.

Kemudian pada hari Minggu, (3/1/2021) bakal terjadi arus balik seperti pasca Natal H+1 dan H+2 (26-27/12/2020). Bahkan kendaraan yang datang bakal lebih banyak lagi.

Diimbau kepada pengguna jalan tol, baik yang menuju Jakarta maupun yang meninggalkan Jakarta untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam perjalanan. Terutama memastikan kendaraan dalam kondisi prima, tubuh juga sehat, membawa bekal di perjalanan seperti air dan makanan, mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan) saat di rest area, serta mempersiapkan saldo uang elektronik yang cukup.

Kemudian berkendara dengan berhati-hati, waspada, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan tidak memaksakan diri terus berkendara jika tubuh sudah merasa lelah mengantuk untuk menghindari risiko buruk di perjalanan.

>>> 5 Cara Menghindari Kecelakaan di Jalan Tol

Foto menunjukkan lalu lintas di jalur Pantura Jawa

Peningkatan arus lalu lintas pasca libur Natal 2020 juga terjadi di Jalur Pantura

>>> Berita menarik lainnya terkait otomotif ada disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sudah Siapkah SPKLU Melayani Pengendara dari Jakarta hingga Bali?

29/12/2020

Pasar mobil

3 menit

PLN baru saja menguji Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di sepanjang rute Jakarta-Bali. Sudah siapkah SPKLU tersebut melayani pengendara?

Lihat juga

Catat, Puluhan Tempat Wisata di Jakarta Ini Tutup Saat Natal dan Tahun Baru

24/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menutup puluhan tempat wisata di Jakarta saat Natal dan Tahun Baru 2020-2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Lihat juga

Keluar-Masuk Jakarta Wajib Rapid Test Antigen, Bagaimana dengan Kendaraan Pribadi?

17/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Para penumpang transportasi umum diminta untuk melakukan rapid test antigen sebelum keluar masuk Jakarta. Bagaimana dengan pengguna kendaraan pribadi?

Lihat juga

Jokowi Sebut Pelabuhan Patimban Bisa Kurangi Kemacetan di Bekasi-Jakarta

22/12/2020

Pasar mobil

5 menit

Pemerintah baru saja meresmikan Pelabuhan Patimban fase pertama. Adanya Pelabuhan ini dipercaya bisa mengurangi kemacetan di kawasan Bekasi-Tanjung Priok.

Lihat juga

Cari Mobil Lelang Jakarta? Ini Jadwal Lengkapnya

11/12/2020

Jual beli

8 menit

Jika Anda tengah berminat untuk membeli mobil lelangan Jakarta, maka salah satu hal yang perlu diketahui adalah mencatat jadwal lelang dari balai lelang mobil di kota Anda. Karena hanya pada saat waktu lelang Anda bisa memberikan penawaran untuk mobil yang sedang diincar.

Lihat juga
 
back to top