Kenapa Dinamakan Honda, Toyota, dan Merek Jepang Lainnya? Ini Dia Sejarahnya

25/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kenapa Dinamakan Honda, Toyota, dan Merek Jepang Lainnya? Ini Dia Sejarahnya
Setiap pabrikan otomotif mempunyai alasan dan beberapa pertimbangan dalam memberikan nama pada sebuah mobil. Bahkan para pabrikan biasanya mempunyai filosofi sendiri ketika memberi nama pada mobil produknya, dalam artian para pabrikan tidak asal memberikan nama merek mobil maupun model miliknya.

Sebagaimana yang dijabarkan seorang Youtuber dari Jepang di channel CZeroMedia, dalam unggahan video tersebut CZeroMedia merinci arti di balik merek mobil buatan Jepang.

>>> Jangan sampai ketinggalan berita seputar mobil, tongkrongin terus cintamobil.com

1. Toyota

Toyota RAV4 concept di Detroit Auto Show

Toyota menjadi salah satu merek Jepang terlaris di dunia

Yang pertama di mulai dari nama merek Toyota. Nama Toyota merupakan nama yang diambil dari nama seorang pendirinya yaitu Kiichiro Toyoda. Ketika menulis nama, Toyoda membutuhkan 10 langkah. 10 dalam huruf kanji Jepang ditulis dengan tanda (+). Lambang tersebut juga memiliki arti tersendiri yakni perempatan jalan, ekstensi, dan kebimbangan.

Kemudian Toyoda tidak menginginkan perusahaanya nanti dikaitkan dengan kebimbangan, maka dalam penulisan nama yang tadinya 10 langkah, selanjutnya dipotong menjadi 8 langkah saja dan yang mulanya huruf ‘D’ dirubah menjadi ‘T’. dan dalam kebudayaan Jepang, angka 8 yang berarti keberuntungan.

Adapun nama merek mewah yang berada dibawah naungan Toyota yaitu Lexus, nama Lexus sendiri merupakan akronim dari Luxury Export to the United States.

>>> Promo Menarik Jelang Ramadhan, Toyota Bagi-Bagi THR Meski Puasa Masih Jauh

2. Nissan

Model baru All New Grand Livina yang bakal segera hadir

Grand Livina jadi andalan Nissan di segmen MPV

Kemudian dalam video unggahan tersebut di terangkan sejarah tentang nama mobil merek Jepang Nissan. Kata NI dalam bahasa Jepang yang berarti Matahari, dalam arti secara keseluruhan Nissan berarti buatan Jepang (tempatnya matahari terbit)

3. Datsun

Datsun GO 2014 warna biru muda

Datsun kembali bangkit di Indonesia dengan meluncurkan dua produk pertamanya, Datsun GO dan GO+ tahun 2014

Sejarah merek Jepang selanjutnya yaitu Datsun. Awal mula nama Datsun itu bukanlah nama merek, melainkan nama salah satu mobil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan bernama Kaishinsha Motorcar Works. Kemudian pada Tahun 1914, perusahaan itu berkeinginan untuk membuat mobil kecil yang lincah dan cepat.

Dalam perusahaan itu ada tiga orang desainer mobil (Den Kenjirō, Aoyama Rokurō, dan Akeuchi Meitarō) yang berkeinginan mempersembahkan mobil mungil, gesit, lincah. Inisial ketiga desainer tersebut D, A dan T. yang pada awal penamaan mobil itu dinamakan DAT yang dalam bahasa Jepang yang berarti Lari seperti kelinci, yang akhirnya dianggap cocok dengan wujud mobil.

Akan tetapi, di Jepang pada masa itu permintaan akan mobil mungil semakin menurun, kemudian perusahaan berubah nama menjadi Dat Motor Company dan mulai memproduksi truk untuk kebutuhan militer.

Kemudian pada tahun 1925, pemerintah Jepang merubah Regulasi yang berhubungan dengan mobil, yang mana tidak membutuhkan SIM bagi warga yang memiliki mobil yang dibawah 500cc. kemudian DAT kembali memproduksi mobil dibawah 500cc tersebut. Dan mobil baru itu diberi nama Son of Dat Yang artinya Anak dari DAT. Akan tetapi, dalam bahasa Jepang kata Son berarti Kehilangan. Perusahaan tersebut tidak mau kehilangan alias bangkrut, maka kata Son diganti dengan Sun.

4. Honda

Honda NSX GT3 model balap di IIMS 2018

Honda NSX GT3 jadi primadona di booth Honda IIMS 2018

Selanjutnya, beralih ke sejarah nama Honda, merek Honda berasal dari nama penemunya yaitu Soichiro Honda. Akan tetapi tidak seperti sejerah merek Toyota, yaitu tidak ada penggantian huruf dalam arti masih sama dengan nama penciptanya.

Sama seperti Toyota, Honda juga mempunya nama merek mobil mewah yang berada pada naunganya yaitu Acura. Nama Acura sendiri diambil dari nama alat pengukuran yang tepat. Adapun logo pada merek Acura diambil dari huruf H

Yang uniknya lagi, Meski Honda berasal dari Jepang, akan tetapi nama Acura sendiri tak digunakan di Jepang. Seperti halnya Acura RLX di Jepang dijual dengan nama Legend, TSX disulap jadi Accord, dan NSX dikenal dengan Honda NSX.

>>> Datsun Exhibition Surabaya, Penampilan Dua Produk Terbaru Datsun

5. Mitsubishi

Gambar Mitsubishi Xpander warna merah

Pendatang baru, MItsubishi Xpander yang sukses merebut tahta Avanza di awal 2018

Yang selanjutnya dalam unggahan video tersebut, mengabarkan tentang merek Jepang, Mitsubishi. Menyebut nama Mitsubishi dapat dipenggal menjadi dua bagian. Yang pertama kata Mitsu dalam bahasa jepang mempunyai arti tiga, sementara kata kedua yaitu Hishi melambangkan sebuah tanaman water chestnut. Untuk Hishi sendiri di Jepang lambangnya seperti logo berlian, sehingga Kata Mitsubishi yang berarti Tiga Berlian.

6. Mazda

Mesin Mazda berteknologi Skyactiv

Mazda aplikasikan teknologi SkyActiv pada semua produk barunya

Keterangan sejarah nama merek jepang yang terakhir adalah Mazda yang juga disebut ‘Matsuda. Sama seperti Honda dan Toyota, bahwa nama Mazda diambil dari sang penemunya yaitu Jujiro Matsuda. Dalam bahasa jepang  Matsuda berarti Ladang Pinus.

Mungkin dalam benak kita bertanya-tanya kenapa huruf Tsu diganti menjadi ‘Z’. ternyata mempunyai alasan sendiri yaitu, Mazda terinspirasi dari Dewa Cahaya dan kebijaksanaan di Jepang, Ahura Mazda. Oleh Matsuda, mengganti merek nama Matsuda menjadi Mazda tak lain agar menjadi lebih keren didengarnya.

Demikian tadi sejarah asal muasal pemberian nama-nama merek mobil pabrikan negeri matahari terbit seperti yang diunggah di channel Youtube, CZeroMedia.

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Share this post:
 
back to top