Kenaikan Harga Xpander dan Pajero Bervariasi Tiap Daerah, Apa Alasannya?

18/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kenaikan Harga Xpander dan Pajero Bervariasi Tiap Daerah, Apa Alasannya?
Harga-harga naik, barang-barang naik, dan tak ketinggalan, akhirnya harga produk otomotif ikutan naik. Setidaknya, itulah yang disampaikan oleh perwakilan dari Mitsubishi tentang kenaikan harga Xpander dan Pajero Sport, Selasa (17/7) kemarin.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya melakukan penyesuaian harga untuk dua produk Mitsubishi paling populer saat ini, Pajero Sport dan Xpander. Kenaikan harga Xpander dan Pajero diakui sangat terpengaruh dari pelemahan mata uang rupiah terhadap dollar.

Gambar yang menunjukan beberapa mobil baru Mitsubishi Xpander

Xpander akhirnya menyerah terhadap pelemahan nilai tukar rupiah pada dollar

Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, ketika ditemui media Selasa kemarin mengungkapkan, "Waktu di awal tahun kami optimis melihat secara keseluruhan makro ekonomi serta tingkat consumer index tinggi. Saat itu yang kita antisipasi adalah nilai tukar rupiah yang terdepresiasi. Kenaikan harga kalau kurs semakin tidak baik tidak bisa dihindari."

>>> Kia Grand Sedona Diesel resmi masuk Indonesia

Ditemui di tempat yang sama, Head of Sales Marketing Group PT MMKSI Imam Choeru Cahya berkomentar, "Kami sudah memberitahukan ke diler ada kenaikan untuk Pajero Rp 5 juta dan Xpander Rp 2 juta yang berlaku Agustus mendatang."

Gambar yang menunjukan mobil baru Mitsubishi Pajero Sport

Mengikuti Xpander, Pajero Sport juga menaikkan harga

>>> Ingin membeli Xpander? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Sebelumnya, Imam mengungkapkan ketika nilai tukar rupiah masih berada di ambang Rp. 14.000, Mitsubishi masih mampu mempertahankan harga. Namun, karena sebagian besar komponen besar produk Mitsubishi diimpor dari luar dan ikut terpengaruh dollar AS, kenaikan biaya produksi tak bisa terelakkan lagi.

Meskipun begitu, Mitsubishi menyebutkan bahwa kenaikan harga akan bervariasi di masing-masing daerah. Imam mengungkapkan kenaikan harga lebih banyak disebabkan oleh meningkatnya harga komponen serta biaya pengiriman dan pajak kendaraan. "Jadi acuan kenaikan Rp 2 juta sampai Rp 5 juta itu masing-masing daerah akan melakukan penyesuaian," ucap Imam.

>>> Dapatkan berbagai berita pasar mobil terlengkap hanya di sini

Gambar yang menunjukan mobil-mobil baru Mitsubishi Xpander yang sedang dikirim melalui kapal

Kenaikan 2 hingga 5 juta dipengaruhi biaya komponen dan pengiriman

Kabar baiknya, Imam menjelaskan bahwa kenaikan harga ini hanya berdampak pada dua produk paling laris manis dari Mitsubishi. Kenaikan harga Xpander dan Pajero juga bukan tanpa persiapan. Mitsubishi disebutkan sudah melakukan studi tentang bagaimana kenaikan harga bisa diterima oleh konsumen Tanah Air.

>>> Berita otomotif dari dalam dan luar negeri bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top