Kementerian PUPR Dukung Kelancaran Jalur Logistik di Tengah Pandemi COVID-19

08/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kementerian PUPR Dukung Kelancaran Jalur Logistik di Tengah Pandemi COVID-19
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional untuk digunakan sebagai jalur logistik di tengah pandemi COVID-19.

Seiring Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik lebaran karena pandemi virus Corona (COVID-19) kebutuhan masyarakat akan logistik semakin meningkat. Hal ini menuntut pihak yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan logistik untuk bisa memenuhi dengan cepat dan tepat. Guna mendukung hal tersebut beragam dukungan dibutuhkan, termasuk infrastruktur jalan yang akan membuat pengantaran lancar dan tak terhambat.

Dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI tentang Antisipasi Mudik Lebaran Tahun 2020/1441 H di Tengah Pandemi COVID-19 melalui Video Conference, Rabu (6/5/2020) yang juga diikuti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan dukungannya terhadap kelancaran jalur logistik di seluruh Indonesia.

Foto menunjukkan jalan tol

Jalan tol siap digunakan sebagai jalur logistik di tengah pandemi

KemenPUPR memastikan infrastruktur jalan dan jembatan, baik jalan tol maupun jalan nasional siap digunakan, tidak hanya sebagai jalur logistik tapi juga kepentingan khusus yang diizinkan Pemerintah selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pandemi COVID-19 dan kebijakan larangan Mudik Lebaran Tahun 2020.

“Kami memastikan kemantapan pada jalan tol dan jalan nasional yang baik, termasuk menjaga agar satu wilayah tidak terisolir karena jalan dan jembatan putus, misalnya di Lumajang dan Solok,” kata Menteri Basuki.

Dukungan Jalan Tol

Beroperasinya ribuan kilometer jalan tol di Jawa maupun di luar Jawa, seperti Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan diyakini bakal menambah kelancaran jalur logistik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Di Jawa jalan Tol Trans Jawa telah beroperasi sepanjang 1.056 km, termasuk Jakarta-Cikampek II Elevated 38 km. Jalan tol yang menghubungkan ujung barat dan ujung timur pulalu Jawa ini dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) / rest area sebanyak 97 rest area dengan rincian 49 rest area TIP A, 28 TIP B, dan 20 TIP C.

>>> Ada Pandemi Covid-19, Sejumlah Proyek Jalan Tol Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Foto menunjukkan salah satu proyek pembangunan jalan tol

Ribuan kilometer jalan tol sudah beroperasi

Selanjutnya Tol Trans Sumatra beroperasi sepanjang 502,5 km, termasuk ruas tol Kayu Agung-Palembang (Jakabaring) sepanjang 33 km yang beroperasi tanpa tarif. Kemudian juga ruas tol yang siap dioperasikan yakni Ruas Pekanbaru – Minas sepanjang 9,5 km. Tol Trans Sumatera dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan sebanyak 31 rest area.

Untuk di Pulau Kalimantan, jalan tol Balikpapan-Samarinda telah beroperasi sepanjang 66 km. Sedangkan di Pulau Sulawesi jalan tol operasional dan siap dioperasikan sepanjang 38 km yakni ruas Tol Ujung Pandang Seksi 1 dan 6 (6 km), ruas Tol Makassar Seksi IV (11,6 km) serta ruas Tol Manado-Air Madidi-Danowudu sepanjang 20,5 km.

Foto menunjukkan sejumlah kendaraan melintas di jembatan

Jalan nasional juga semakin panjang

Dukungan Protokol Kesehatan

Selain dukungan kelancaran jalur logistik melalui infrastruktur, Kementerian PUPR juga menerapkan protokol pencegahan penularan dan penanggulangan COVID-19 seperti pembatasan jumlah kendaraan masuk ke Rest Area Jalan Tol agar lebih optimal untuk melayani angkutan logistik barang, penerapan physical distancing di seluruh fasilitas TIP termasuk manajemen antrian di toilet, tempat ibadah, restoran dan minimarket.

Selain itu juga dilakukan persiapan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) petugas lapangan, desinfektasi, thermal scan, posko kesehatan, fasilitas cuci tangan, dan lain-lain. Disiapkan juga fasilitas ambulance siaga dan penyemprotan desinfektan. Sosialisasi kebijakan tersebut kepada pengguna jalan tol akan dilakukan melalui Media Sosial, VMS, dan banner di Gerbang Tol dan TIP.

>>> Begini Lengkapnya Fasilitas Rest Area KM 429A Tol Trans Jawa

Foto menunjukkan Menteri PUPR memakai masker

Selalu dukung penanganan COVID-19

>>> Berita otomotif menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jalan Tol Layang Japek Elevated II Berbahaya untuk Pengemudi Seperti Ini

27/12/2019

Pengemudian

5 menit

Jalan Tol Layang Japek Elevated II dianggap berbahaya untuk beberapa pengemudi. Antara lain pengemudi yang sudah menempuh perjalanan panjang dan merasa lelah.

Lihat juga

Bumpy, Hati-Hati Melintas di Jalan Tol Layang Japek Elevated II

17/12/2019

Pengemudian

5 menit

Jalan Tol Layang Japek Elevated II dikeluhkan tidak nyaman. Alasannya jalan yang terasa bumpy saat melintas di beberapa titik. Berikut saran dari pihak JDDC.

Lihat juga

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Pangkas Waktu Perjalanan Cikunir - Karawang, Ini Yang Harus Anda Perhatikan

18/12/2019

Pengemudian

3 menit

Perjalanan ke arah timur jawa kian menyenangkan berkat adanya jalan tol layang Jakarta Cikampek II ini. Sebelum melewatinya, ini yang harus Anda siapkan.

Lihat juga
 
back to top