Kementerian ESDM Pastikan Regulasi Mobil Listrik Segera Terbit

19/01/2019

Pasar mobil
Kementerian ESDM Pastikan Regulasi Mobil Listrik Segera Terbit
Lama ditunggu-tunggu regulasi mobil listrik di Indonesia menemukan titik terang. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut regulasi tersebut sudah masuk tahap final dan bakal segera terbit tahun 2019 ini.

Wacana mobil listrik di Indonesia sudah beberapa tahun belakangan digaungkan. Bahkan demi memberikan dukungan, sebagian produsen menyumbangkan beberapa unit mobil listrik andalannya untuk tujuan riset teknologi dan pengembangan. Meski demikian wacana ini belum juga berubah jadi realita. Bukan karena kesiapan para produsen otomotif, tapi lebih tertahan pada regulasi yang nanti bakal dijadikan payung hukum.

Foto Stasiun pengisian mobil listrik Pertamina

Mobil listrik sangat penting guna mengurangi tingkat polusi

Kabar terbaru datang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mengungkapkan regulasi mobil listrik sudah masuk tahap final ini dan bakal ditandatangani langsung oleh orang nomor satu RI, Presiden Joko Widodo.

"Update terakhir terkait penyusunan peraturan kendaraan listrik, sebentar lagi akan difinalkan dengan adanya insentif kalau kita membangun industri mobil listrik di Indonesia, dengan harapan bahwa harga mobil listriknya akan bisa terjangaku atau paling tidak bisa bersaing dengan kendaraan konvensional. Selain itu juga mengatur insentif industri, bea masuk, pajak-pajak juga mengatur mengenai kapasitasnya berapa dan targetnya apa dan sebagainya,"  tutur Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan usai melaunching Becak Listrik hasil kerja sama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan PT PLN (Persero) di Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat (18/1).

>>> Hyundai Investasikan 13 Triliun untuk Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

"Yang penting itu adalah yang mengoperasikan becaknya. Zaman segini masa' masih ada yang ngayuh becak, itu tidak manusiawi," jelas Jonan.

Saat ditanya kapan regulasi bakal diterbitkan, Menteri Jonan tidak menyebut tanggalnya, hanya memastikan kalau regulasi mobil listrik bakal diluncurkan tahun ini jauh sebelum akhir tahun.

"Tidak ada kendala (dalam penyusunan Perpres mobil listrik), dan saya kira ini (Perpres mobil listrik) difinalkan, terus diparaf semua, dinaikkan ke Bapak Presiden. Saya kira cepat kok, mestinya nggak sampai lah kalau sampai akhir tahun, sebentar lagi lah, ditunggu," ucap Jonan dikutip dari Detik, Jumat (18/1/2019).

>>> Mungkin Anda tertarik: Profil Mercedes-AMG G 63 2019: Legenda Off-roader Tak Lekang Digerus Zaman

Foto Menteri ESDM menjajal becak listrik di kampus UGM Yogyakarta

Becak listrik bakal memberi kemudahan para sopir becak dalam bekerja

Seperti diketahui, dibanding negara-negara lain di ASEAN Indonesia termasuk yang tertinggal dalam hal mobil listrik baik dari sisi pengembangan lebih-lebih dari sisi penjualan. Padahal keberadaannya sangat penting dalam menyambut era kendaraan yang ramah lingkungan disamping pembatasan emisi bahan bakar dengan Euro 4. Wacana memang sudah disuarakan sejak beberapa tahun lalu, namun dengan berbagai pertimbangan seperti soal pajak, infrastruktur, payung hukum dan yang lain, hingga kini mobil listrik belum juga terealisasi di Indonesia.

Jika memang regulasi mobil listrik jadi diterbitkan tahun ini, tentu bakal menarik dan menambah semarak lagi gairah persaingan di Industri otomotif dalam negeri. Bisa dipastikan, para produsen yang saat ini sudah mempersiapkan diri akan segera meluncurkan produk pertamanya ke masyarakat. Semoga!

>>> Siap Tampung Kendaraan Listrik, Pertamina Resmikan Green Energy Station

Berikut salah satu mobil listrik paling terkenal di dunia yang telah direview tim video Cintamobil.com!

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top