Kemenperin Ingin Mobil Nasional Berstandar Nasional

15/08/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kemenperin Ingin Mobil Nasional Berstandar Nasional
Di saat Malaysia sudah sekian tahun punya Proton sebagai mobil nasional, Indonesia hingga saat ini masih dalam tahap rancangan. Padahal kalau dihitung dari sisi penjualan, Indonesia jauh lebih banyak dibanding negeri Jiran tersebut.

Foto Presiden Jokowi bersama PM Mahathir Mohamad

Malaysia sudah memiliki mobil nasional sejak lama

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Indonesia lebih unggul dibanding Malaysia dari sisi produksi dan penjualan dengan selisih sekitar 300 ribuan unit.

Kementerian Perindustrian menyatakan untuk mewujudkan mobil nasional perlu kolaborasi yang kuat antara produsen komponen serta pemegang merek.

“Tanpa kolaborasi, kalau kita ingin membangun industri otomotif itu agak sulit mendapatkan ekosistemnya. Karena rata-rata industri komponen itu punya afiliasi dengan pemegang merek,” tutur Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, Senin, (13/8/2018).

>>> Mempersiapkan Mobil Esemka, Mobil Nasional Indonesia Pertama yang Segera Diproduksi

Gambar mobil Esemka tampak dari depan

Digadang-gadang jadi mobil nasional, Esemka belum juga terwujud karena banyak kendala

Selain kolaborasi yang kuat antara produsen komponen serta pemegang merek, yang tak kalah penting lagi yaitu sumber daya manusia yang mumpuni. Karena dengan begitu kualitas produk yang dihasilkan dalam hal ini mobil nasional bisa memikiki standar yang sama.

“Kami buat bagaimana sumber daya manusianya standar. Kemudian dari sisi kompomen, rantai pasokan juga standar. Syukur-syukur bisa bikin riset dan pengembangannya standar juga,” Suryawirawan menambahkan.

Kita harapkan mobil nasional yang direncanakan sejak lama ini segera terwujud.

>>> Review Proton Exora 2009, Pesaing Asal Negeri Jiran Di Kelas Low MPV

Foto mobil FIN Komodo di pameran IIMS

FIN Komodo, salah satu hasil karya terbaik anak bangsa

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top