Kembali Ke GAIKINDO, Penjualan Mercedes-Benz Langsung Salip BMW

23/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kembali Ke GAIKINDO, Penjualan Mercedes-Benz Langsung Salip BMW
Mercedes-Benz kembali masuk di GAIKINDO. Dan yang luar biasa penjualan Mercedes-Benz langsung menyalip penjualan BMW, membuatnya jadi mobil mewah terfavorit.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) merilis data penjualan mobil di Indonesia untuk bulan Desember 2019 sekaligus akumulasi penjualan sepanjang Januari-Desember 2019. Total sebanyak 87.664 unit mobil terjual pada bulan terakhir 2019 tersebut dan sebanyak 1.030.126 unit di sepanjang tahun. Di pasar merek premium, merek asal Jerman Mercedes-Benz langsung menempati puncak penjualan.

Tampilan muka situs resmi Mercedes Benz global

Mercedes-Benz rujuk ke GAIKINDO

Dari data yang sama diketahui hasil itu adalah akumulasi penjualan dari 33 merek mobil dari berbagai negara asal. Ada Jepang, Korea Selatan, China, Amerika, hingga beberapa merek Eropa. Mobil merek Jepang masih mendominasi penjualan. Dari daftar 10 merek paling laris, 9 diantaranya adalah merek Jepang, sedang yang satu adalah merek Wuling asal China.

Mercedes-Benz

Salah satu nama yang muncul dan menarik perhatian adalah Mercedes-Benz PC (Passenger Car). Merek asal Jerman ini mengisi daftar penjualan untuk bulan November dan Desember. Masing-masing sebanyak 186 unit dan 331 unit, total 517 unit. Memang hanya ratusan unit, tapi itu angka yang cukup positif mengingat line up Mercedes-Benz semuanya mobil mewah dengan sasaran konsumen kelas atas.

Capaian di atas juga lebih baik dari musuh bebuyutannya BMW. Di periode yang sama BMW hanya mencatatkan penjualan sebesar 367 unit dengan rincian November 282 unit dan Desember 85 unit.

>>> Kalahkan BMW dan Audi, Mercedes-Benz Menjadi Mobil Mewah Terlaris di Dunia

Foto menunjukkan Persaingan Mercedes Benz dan BMW

Persaingan seru terus dipertontonkan Mercedes-Benz dan BMW

Keluar dari GAIKINDO

Untuk diketahui, Mercedes-Benz secara resmi dikeluarkan dari daftar anggota asosiasi GAIKINDO pada 15 Februari 2018 silam karena tidak melaporkan data penjualan mobil sejak Mei 2017. Pihak Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBIna) memberikan alasan pihaknya tidak membuka data ke GAIKINDO atas intruksi dari induk perusahaan, Daimler di Jerman. Daimler menyatakan data penjualan adalah rahasia dan tidak setuju bila dipublikasikan di luar situs resmi milik pemerintah.

Gagasan untuk rujuk terungkap pada awal 2019, MBIna mengatakan keinginannya untuk kembali masuk menjadi anggota GAIKINDO. Pihaknya mengakui ada banyak manfaat bergabung dengan asosiasi. Dan soal berbagai perbedaan pandangan dan pendapat semua sudah diselesaikan melalui diskusi baik dengan prinsipal maupun pihak GAIKINDO.

"Karena memang banyak manfaatnya. Istilahnya kita di komunitas kan, bisa saling update kebijakan, terus kami bisa menyuarakan kebijakan ke pemerintah, karena ada wadah yang terstruktur." tutur Deputy Director Sales Operations & Product Management MBIna Kariyanto Hardjosoemarto, kepada wartawan, di Senayan, Jakarta, Kamis (7/2/2019). "Maunya sih tahun ini. Intinya perbedaan pendapat sudah bisa segera lah," tambahnya saat itu.

>>> Komparasi BMW 740Li Opulence VS Mercedes-Benz S 450 L; Siapa Luxury Sedan Jerman Terbaik?

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Alasan Simpel Orang Pilih SUV Menurut Mercedes-Benz

20/01/2020

Jual beli

3 menit

Mobil jenis SUV menjadi pilihan kedua orang Indonesia setelah MPV. Menurut Mercedes-Benz, ada satu alasan mengapa mobil ini mengalami pertumbuhan positif.

Lihat juga

Berteknologi Canggih Tapi Kendaraan Niaga Mercedes-Benz Siap Pakai Bahan Bakar B30

17/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Meski truk maupun bus modern lansiran Mercedes-Benz telah mengusung beragam teknologi canggih, tapi ternyata produk mereka sudah siap pakai bahan bakar B30

Lihat juga

Awali 2020 Mercedes-Benz Indonesia Luncurkan Entry Level Mercedes –Benz C-Class dan New Vito

16/01/2020

Mobil baru

2 menit

Terus perkuat posisi tertinggi di penjualan segmen luxury di Indonesia, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia luncurkan varian sedan Mercedes-Benz C-Class paling terjangkau plus van mewah untuk para pebisnis.

Lihat juga