Kembali Berkuasa, Penjualan Toyota Avanza Juni 2018 Kalahkan Xpander

13/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kembali Berkuasa, Penjualan Toyota Avanza Juni 2018 Kalahkan Xpander
Ada yang sedang bikin bangga PT Toyota Astra Motor (TAM). Penjualan Toyota Avanza kembali ke peringkat tertinggi segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV)

Foto Grand New Avanza warna biru di sebuah dealer

Toyota Avanza, mobil sejuta umat paling laris di Indonesia

Data penjualan ini diketahui dari rilis penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima awak media baru-baru ini.

Penjualan Toyota Avanza bulan Juni 2018 tercatat mencapai 4.648 unit. Sangat jauh di atas penjualan Mitsubishi Xpander yang hanya mencapai 3.278 unit.

Toyota Avanza harus merelakan posisinya sebagai pemimpin segmen low MPV digusur oleh Mitsubishi Xpander sejak Februari 2018 lalu. Hingga empat bulan berturut-turut penjualan Toyota Avanza tak bisa menyalip penjualan Mitsubishi Xpander.

Banyak kalangan dengan berbagai argumennya bahkan memprediksi kalau Toyota Avanza sudah habis dan berat untuk bangkit.

Penurunan penjualan mobil di Indonesia bulan Juni 2018 terjadi secara serempak hampir di semua model dan merek dikarenakan adanya hari libur panjang, termasuk Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Namun, penurunan penjualan Mitsubishi Xpander ternyata lebih besar dibanding penurunan penjualan Toyota Avanza.

>>> Baca review dan spesifikasi lengkap Toyota Avanza 2017

Gambar Interior mewah Grand New Avanza

Sejak Februari 2018, posisi Avanza sebagai pemimpin pasar low MPV digusur Mitsubishi Xpander

Masih dari data yang sama, penjualan mobil bulan Juni 2018 tercatat sebanyak 58.837 unit. Dibanding bulan sebelumnya angka penjualan ini merosot sangat tajam. Bulan Mei 2018 penjualan mobil tercatat sebanyak 100.498 unit.

Selain turun tajam dibanding bulan sebelumnya, penjualan mobil bulan Juni 2018 juga lebih rendah dibanding tahun lalu dimana penjualan di bulan Juni 2017 mencapai 66.755 unit.

Apakah TAM bisa mempertahankan penjualan Toyota Avanza pada bulan-bulan berikutnya? Layak untuk ditunggu, sebab pihak Mitsubishi pun tak akan tinggal diam.

Dikabarkan, kalau Mitsubishi bakal meluncurkan varian baru Xpander yaitu GLS A/T di GIIAS 2018 untuk melengkapi 6 varian yang sudah ada saat ini. Tentu ini bakal jadi salah satu senjata mendongkrak penjualan Mitsubishi Xpander nantinya. Dan itu berarti persaingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander bakal makin sengit.

>>> Cari mobil bekas Toyota di bawah usia 10 tahun? Cek informasinya hanya di Cintamobil.com

>>> Ikuti terus berita terbaru seputar dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top