Keliling Naik Mobil Kepresidenan saat Positif Corona, Donald Trump Dikritik

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Keliling Naik Mobil Kepresidenan saat Positif Corona, Donald Trump Dikritik
Presiden AS Donald Trump dihujani banyak kritik baru-baru ini lantaran kedapatan berkeliling naik mobil kepresidenan saat dirinya dinyatakan positif corona.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dihujani kritikan usai terjangkit virus corona. Bukan tanpa sebab, Trump yang baru-baru ini dinyatakan positif terinfeksi virus corona justru kedapatan keliling naik mobil untuk menyapa para pendukungnya di luar rumah sakit. Aksi Trump disebut justru bisa membahayakan bagi para staf Secret Service di dalam mobil.

Melansir BBC, Selasa (10/6/2020), para tenaga medis mempertanyakan aksi nekat Trump itu meski masker tak lepas dari wajahnya. Juru bicara Gedung Putih Judd Deere pun menegaskan bahwa aksi Trump sudah disetujui oleh tim medis dan aman. 

Donald Trump

Donald Trump saat kembali ke Gedung Putih

>>> Donald Trump Imbau Warga AS Boikot Goodyear

Hanya Ingin Menyapa Pendukungnya

Trump terlihat melambaikan tangan dari balik kaca mobil yang tertutup rapat setelah menulis cuitan akan melakukan 'kunjungan kejutan' di luar rumah sakit. Di dalam mobil, setidaknya ada dua orang yang terlihat menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) di kursi depan sementara Trump duduk di belakang. 

Aksi Trump itu itu mengecewakan para tenaga medis yang menyarankan untuk melakukan karantina diri. Tak cuma itu, Trump juga berisiko menularkan Secret Service di dalam mobil walaupun terhalang jarak. 

"SUV Presiden itu tak hanya antipeluru namun juga mengandung lapisan anti bahan kimia. Risiko penyebaran Covid-19 di dalam mobil sama dengan di luaran," cuit Dr James yang merupakan seorang dokter di rumah sakit tempat Trump dirawat. 

Walhasil Secret Service yang mengenakan APD di dalam mobil itu harus mengkarantina diri selama 14 hari. 

Trump sendiri menyatakan dirinya positif corona melalui akun Twitternya. Selain Trump, banyak orang di sekelilingnya pun dinyatakan positif mulai dari sang istri Melania, Sekretaris Presiden Kayleigh McEnany, Campaign Adviser Chris Christie, asisten pribadi Nicholas Luna, dan masih ada beberapa lagi. 

>>> Limusin Baru Cadillac Beast Kepresidenan Amerika Mulai Dipakai Donald Trump

Tertular Ajudannya

Trump diduga tertular oleh ajudannya Hope Hicks yang sudah lebih dulu terjangkit Covid-19. Hicks diketahui beberapa kali menemani orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu saat kampanye dan juga debat presiden. 

Donald Trump

Donald Trump menyebut dirinya sudah sehat

Gedung Putih menyebut Trump hanya mengalami gejala ringan dari Covid-19 namun ia tetap membutuhkan oksigen ekstra selama dua hari. Selain itu, Trump juga diberikan obat berupa steroid dexamethasone yang memang diberikan bagi penderita Covid-19 serius. Namun setelah tiga hari dirawat, Trump kini sudah kembali ke Gedung Putih dan menyatakan kondisinya sudah lebih baik bahkan sesumbar bahwa ia memiliki imun yang kuat. 

Di AS, angka kasus positif corona sudah melewati angka 7,4 juta. Jumlah orang yang meninggal dunia juga melebihi 210.000 orang.

>>> Putin VS Trump: Mobil Kepresidenan Mana yang Lebih Tangguh?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top