Kelebihan Honda HR-V 2021? SUV Kompak Premium nan Stylish

17/05/2021

Pasar mobil

4 menit

Honda HR-V salah satu mobil terbaik di kelas SUV. Fitur lengkap dan desain elegan membuatnya memiliki kesan mewah. Berikut ulasan mengenai kelebihan Honda HR-V yang bisa Anda miliki.

Setelah sempat meredup Honda HR-V kembali naik daun beberapa tahun belakangan. Hal ini dimanfaatkan oleh Honda Prospect Indonesia atau HPM sebagai awal mulai pembaharuan di awal tahun lalu. Desain keren dan fitur yang lengkap merupakan suatu kewajiban untuk dapat memikat hati pasar. Bagi Anda yang tertarik membeli mobil ini, berikut beberapa kelebihan Honda HR-V yang bisa Anda dapatkan.

Eksterior Honda HR-V

HR-V bisa dikatakan sebagai trendsetter di kelas crossover yang sebelumnya dipegang oleh Nissan Juke. Kelebihan Honda HR-V terlihat dari desainnya yang dianggap sukses menggabungkan kesan dinamis dan sporty yang mencerminkan jiwa muda. Dimensinya cukup utuk berkendara di wilayah perkotaan karena memiliki panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm dan wheelbase sepanjang 2.610 mm.

Mobil terbaru ini mengusung desain muka solid wing face dengan grill besar dan desain yang tegas serta gagah layaknya sebuah. Layaknya model terbaru milik Honda, grille dibuat lebih besar dan tegas. Desain bergaya coupe yang melandai juga menjadi salah satu daya tarik mobil ini.

Tampilan honda hr-v saat dikendarai

Honda HR-V menawarkan desain luar yang stylish 

>>> Review Honda HR-V 1.5E SE Mugen Edition 2019, Makin Sporti Dan Menggugah

Fitur Honda HR-V

Desain interior sebuah mobil adalah hal yang paling diperhatikan jika seseorang hendak membeli mobil. Begitu pula dengan desain interior HR-V yang sangat diperhatikan menjadi daya tarik mobil ini. Walau tidak banyak berubah dari satu tipe ke tipe lain kabin HR-V S dan HR-V E keduanya didominasi warna hitam.

Jok HR-V tipe E mengkombinasikan kulit serta kain, sementara HR-V tipe E special edition sudah full menggunakan kulit. Balutan kulit di HR-V tipe E special edition juga membalut setir dan tuas transmisinya. Khusus untuk HR-V Prestige desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki nuansa futuristik namun tetap sederhana dan modern.

Bagian interior Honda HR-V

Honda HR-V menghadirkan interior dengan berbagai fitur baru

Desain interior HR-V Prestige dipilih perpaduan warna ivory untuk dashboard, konsol tengah hingga door trim. Pada HR-V Prestige perubahan juga terjadi pada kursi bagian tengah yang mendapat tambahan headrest dan sabuk pengaman sebanyak tiga titik. Selain itu khusus Prestige, berpadu dengan warna Ivory untuk dasbor, konsol tengah sampai door trim. Perubahan di kursi baris kedua, adanya tambahan headrest di tengah dan sabuk pengaman tiga titik.

Kabin HR-V tipe E special edition dan HR-V Prestige bernuansa futuristik namun tetap sederhana dan canggih tertuang pada tombol-tombol AC smart touch berupa layar sentuh. Diatasnya tersemat head unit model floating berukuran 8 inci.

Pada tipe terbaru HR-V posisi kemudi pun dibenahi jadi lebih nyaman. Jok kemudi tergolong rendah namun tetap bisa diatur ketinggiannya sesuai keinginan pengemudi. Posisi duduk yang nyaman dan sempurna bisa didapatkan dengan setelan setir tilt dan telescopic. Kelebihan Honda HR-V lain terdapat pada kabin penumpang baris kedua di mana ruang kaki dan kepala cukup luas dan tidak terkesan sempit. Fleksibilitas sangat tinggi karena dapat diatur dengan praktis, Anda bisa menaruh barang bawaan dengan mudah.

>>> Cintamobil TV: Mobil Kesukaan Mama Muda yang Mulai Terjangkau, Honda HR-V 1.8 Prestige 2016

Performa Mesin Honda HR-V

Performa kedua mesin HR-V, baik 1.5 liter dan 1.8 liter memang patut diacungi jempol. Honda HR-V dengan mesin 1.5 liter cukup untuk digunakan di situasi kepadatan kota. Saat melaju di jalan bebas hambatan atau TOL semakin yakin jika mesin 4 silinder ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. 

Konsumsi bahan bakar HR-V memang tak seirit Jazz namun tetap bisa dibanggakan. Jika digunakan untuk perjalanan luar kota konsumsi bahan bakarnya mencapai 17 km/liter. Sementara untuk pemakaian dalam kota konsumsi bahan bakarnya mencapai 14 km/liter. 

Mesin mobil Honda HR-V

Mesin HR-V yang cukup tangguh 

Kelebihan Honda HR-V bermesin 1.8 liter menawarkan performa yang lebih bertenaga, yaitu mengeluarkan 139 PS pada putaran 6.500 rpm. Torsinya bisa mencapai 169 Nm di putaran 4.300 rpm. Jika dipadukan dengan berat bodi 1.3 ton maka dapat menghasilkan crossover lincah di tengah kota.

Kedua mesin HR-V ini juga memiliki transmisi CVT yang menyalurkan tenaga langsung ke roda depan. CVT juga dirancang dengan teknologi earth dreams untuk menyalurkan daya dengan presisi sekaligus membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. 

>>> Berkelas Dan Penuh Fitur, Harga Honda HR-V Bekas Surabaya Dibanderol Super Terjangkau

Sistem pengereman dan fitur keselamatan

Seperti kebanyakan produk Honda lain, mobil.ini tentu dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni dan lengkap. Karenanya tidak heran jika HR-V memiliki fitur pengereman dengan ABS, EBD, BA sebagai standar di semua variannya. Baik rem depan maupun belakang keduanya sudah memanfaatkan rem cakram. 

Salah satu yang menarik adalah hadirnya sistem Brake Override System, di mana fitur ini berfungsi untuk berjaga-jaga saat pengemudi dengan tidak sengaja menginjak rem atau gas disaat bersamaan. Secara otomatis HR-V mengerem dan memutus sinyal tersebut dari pedal gas sehingga kemampuan berhenti mobil ini memang tidak diragukan lagi.

Kelebihan Honda HR-V termasuk fitur keselamatan yang terbilang lengkap dengan Hill Start Assist atau HSA dan Vehicle Stability Assist atau VSA. Biasanya perangkat ini hanya tersedia di varian tertinggi mobil, namun khusus HR-V keduanya hadir di semua tipe. Jumlah airbag pada tipe S dan E hanya tersedia dua, sementara untuk HR-V dilengkapi enam airbag sekaligus. 

>>> Sering Disebut Satu Model, Ini Perbedaan Honda HR-V dan Honda XR-V

Kelebihan dan kekurangan Honda HR-V 

Jika Anda hendak membeli HR-V bekas atau baru tak ada salahnya membaca ulasan mengenai mobil ini. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli, berikut kelebihan dan kekurangan mobil ini yang wajib Anda ketahui. 

Kelebihan Honda HR-V 

  • Desain eksterior Honda HR-V tetap yang paling menawan di antara kompetitornya
  • Desain modern dan nyaman dilihat, khas crossover pada zaman ini
  • Fitur melimpah bahkan untuk varian termurahnya
  • Fitur sudah cukup berlimpah mulai dari tipe termurahnya
  • Performa mesin yang menakjubkan
  • Kabin yang luas dan lapang

bagian interior Honda HR-V Prestige

Salah satu kelebihan Honda HR-V terletak pada kenyamanan di dalam kabinnya

Kekurangan Honda HR-V 

  • Harganya terbilang mahal
  • Head unit ukuran 8 inci terkesan dipaksakan
  • Performa mesin 1.5 liter tak terlalu bertenaga
  • Perubahan desain terlalu sedikit

Harga HR-V terbaru naik sebanyak Rp 1.5 juta sampai Rp 12 jutaan. Tipe paling murah dari HR-V adalah 1.5L S M/T yang dibandrol dengan harga Rp 279.500.000 dan CVT dibandrol seharga Rp 289.500.000. Untuk Honda HR-V tipe E sebagai varian terlaris dihargai Rp 312.500.000. Special editionnya sendiri dibandrol dengan harga Rp 329.500.000. Untuk varian termahal Honda HR-V Prestige dibandrol seharga Rp 395.000.000.

Itulah ulasan mengenai Honda HR-V semua varian untuk Anda. Jika berminat membeli Honda HR-V dalam kondisi bekas namun dengan mesin yang prima, Anda dapat mengunjungi Cintamobil.com sebagai salah satu website tempat jual beli mobil bekas terpercaya secara online.

>>> Jual Beli Mobil Bekas Makin Mudah Lewat Aplikasi

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa panjang Honda HR-V?
Dimensi panjang Honda HR-V adalah 4.294 mm dan lebarnya 1.772 mm.
Berapa ukuran ban Honda HR-V?
Ukuran ban Honda HR-V adalah 215/55 R17.
Berapa ukuran velg alloy Honda HR-V?
Ukuran velg alloy Honda HR-V adalah 17 Inci

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top