CintaMobil TV: Kelebihan dan Kekurangan Nissan Magnite CVT 2020

05/04/2021

Pasar mobil

3 menit

CintaMobil TV: Kelebihan dan Kekurangan Nissan Magnite CVT 2020
Jika Anda termasuk salah satu orang yang tertarik memiliki SUV murah dengan fitur yang lumayan lengkap, Nissan Magnite CVT bisa dijadikan pilihan. Namun penting untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Nissan Magnite CVT 2020 berikut ini.

Hadirnya Nissan Magnite CVT 2020 kembali meramaikan persaingan SUV murah dengan harga di bawah Rp 300 juta-an. Nissan Magnite CVT yang resmi diluncurkan pada Desember 2020 lalu itu hadir dengan fitur unggulan seperti seperti sisi eksterior dan interior yang lengkap hingga mengusung mesin turbo pertama di kelasnya. 

Jika Anda termasuk salah satu orang yang tertarik memiliki SUV murah dengan fitur yang lumayan lengkap, Nissan Magnite CVT bisa dijadikan pilihan. Namun sebelum membelinya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Nissan Magnite CVT 2020. Penasaran? Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Nissan Magnite CVT yang sudah kami rangkum.

Desain eksterior bagian depan

Nissan Magnite

Bagian depan Nissan Magnite 

Yang pertama dari sisi desain interior. Nissan Magnite CVT ini hadir dengan desain eksterior yang cukup elegan dengan kesan yang mewah. Headlamp pada Nissan Magnite didesain pipih dengan detail-detail chrome. Kemudian juga terdapat lampu Daytime Running Light (DRL) di bagian depan samping. Semuanya sudah memakai jenis LED termasuk untuk bagian foglamp-nya. Satu hal yang mungkin sedikit disayangkan adalah bagian grille depan yang sangat mirip dengan Datsun.

Desain eksterior bagian samping dan belakang

Di bagian samping, Nissan Magnite CVT 2020 menggunakan velg berukuran 16 inch dengan aksen two tone atau double tone. Adanya aksen two tone membuat bagian samping Nissan Magnite tampil lebih modern dan elegan. Pun halnya dengan bagian atas fender depan yang menambah kesan gagah pada sisi samping dengan emboss bertuliskan Nissan Magnite. Sedangkan untuk spion didesain dengan warna yang berbeda dari body mobil yang sudah dilengkapi dengan kamera dengan fitur kamera 360. Bergeser ke bagian atas terdapat roof rail yang memungkinkan Anda untuk menambahkan roof box.

Nissan Magnite

Desain eksterior bagian belakang Nissan Magnite 

Lanjut ke bagian belakang. Untuk sisi ini, di bagian headlamp sudah menggunakan jenis LED namun sayangnya untuk bagian stoplamp, sein, lampu mundur masih menggunakan bohlam halogen biasa. Di bagian belakang juga terdapat roof spoiler yang mempercantik tampilan belakang Nissan Magnite CVT 2020.

>>> Ini Sebabnya Nissan Magnite Pakai Mesin 1.0 L Turbo di Indonesia

Desain interior layout dashboard

Beralih ke bagian dalam atau interior. Untuk bagian ini, dimulai dari tampilan layout dashboard-nya yang didominasi dengan warna hitam. Lalu untuk bagian indikator mobil sudah menggunakan layar TFT. Sedangkan di bagian setir sudah menggunakan tipe flat bottom dengan sarung kulit sehingga menambah kesan mewah pada mobil. Pada setir juga terdapat banyak tombol seperti tombol spoke (palang) kiri untuk mengatur audio dan tombol pada palang kanan untuk mengatur panel instrumen di depan setir serta cruise control.

Nissan Magnite CVT

Bagian depan samping Nissan Magnite 

Sayangnya meski desain yang ditampilkan terlihat modern, bagian tata letak tombol dan head unit terlihat sangat mirip dengan Renault Triber yang notabene berada di bawah kelasnya. Satu lagi yang sedikit “mengganggu” tampilan modern Nissan Magnite CVT 2020 adalah tuas kunci pintu yang masih terletak di bagian atas pintu yang umumnya mobil-mobil keluaran terbaru terletak di bagian samping di dekat tombol power window.

Kursi

Selanjutnya ke bagian kursi. Untuk kursi bagian depan cukup nyaman dan pas menopang badan yang terbuat dari bahan fabric. Pada kursi pengemudi sudah dilengkapi fitur pengaturan sliding, height adjuster dan reclining. Adanya fitur-fitur ini tentunya membuat pengemudi merasa nyaman jika mengemudi dalam waktu yang lama. 

Ke bagian tengah, legroom Nissan Magnite CVT terasa cukup lega dan head room bisa dibilang agak terbatas mengingat panjang mobil yang tidak sampai 4 meter. Kendati begitu untuk Anda yang bertinggi 175-180an cm masih bisa duduk dengan nyaman. Untuk kursi belakang juga sudah dilengkapi 3 titik seatbelt dengan dua headrest. 

Bagasi

Nissan Magnite

Bagasi Nissan Magnite untuk memuat barang bawaan 

Pada bagian bagasi memiliki kapasitas yang cukup besar di kelasnya. Kapasitas ruang bagasinya sendiri mencapai 336 iter atau bisa menampung hingga 3 koper berukuran sedang. Namun kekurangannya antara lain agak susah untuk mengambil atau mengeluarkan barang dari bagasi karena bagian lantainya yang lebih tinggi. Secara keseluruhan mobil yang satu ini cocok bagi Anda yang menginginkan SUV dengan kepraktisan tinggi. 

Mesin

Di sektor mesin untuk Nissan Magnite CVT memiliki kapasitas CC yang tidak cukup besar yakni 1000 cc dengan konfigurasi 3 silinder Turbocharger. Kendati begitu Nissan Magnite ini menawarkan dua pilihan transmisi yakni transmisi otomatis CVT dan transmisi manual lima percepatan. Selain itu dengan tiga silinder mobil ini sanggup menghasilkan tenaga 100 PS atau sekitar 98, HP di putaran mesin 5.000 rpm dan torsi 160 NM di rentang putaran antara 2.800 - 3.600 rpm. Jadi walaupun memiliki kapasitas CC yang tidak terlalu besar dengan bantuan Turbo performanya tentu menjadi lebih baik dan optimal. 

Fitur keselamatan

Tidak hanya menunjang kenyamanan, Nissan Magnite juga dilengkapi beberapa fitur keselamatan seperti ABS atau Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), dan airbag ganda SRS. Adanya sistem VDC ini juga membantu meningkatkan kestabilan dan memungkinkan pengemudi memiliki pengendalian yang lebih baik ketika berkendara dalam keadaan cuaca yang kurang baik.

Setelah memaparkan kelebihan dan kekurangan Nissan Magnite CVT 2020, secara keseluruhan mobil ini cukup worth it bagi Anda yang mencari SUV dengan harga murah meriah. Dengan rataan harga di bawah 240 juta, Nissan Magnite menepis anggapan bahwa mobil ini hanyalah mobil murah dari Nissan dengan label Datsun. Dari sisi kualitas hingga detail Nissan Magnite mampu bersaing dengan rival-rival di kelasnya seperti KIA Sonet, Daihatsu Rocky, atau bahkan Honda ZR-V.

>>> Tertarik untuk Beli? Ini Kelebihan Nissan Magnite 2021

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top