Kelangkaan Chip Berangsur Pulih, Hyundai Tancap Produksi Bulan Ini

07/06/2022

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Kelangkaan Chip Berangsur Pulih, Hyundai Tancap Produksi Bulan Ini
Di tengah meredanya pandemi COVID-19 di beberapa negara, begitu pula dengan kelangkaan chip. Dimana Hyundai mulai meningkatkan produksi mobilnya pada bulan ini.

Kelangkaan chip yang menerpa pabrikan otomotif memang masih sulit dihindari. Tapi dengan semakin meredanya pandemi COVID-19 di beberapa daerah, sebagian pabrikan mulai tancap gas untuk meningkatkan produksi. Salah satunya adalah Hyundai yang ingin meningkatkan produksi mobil mereka bulan Juni ini.

Tingkatkan produksi bulan Juni

Sebelumnya Ford mengungkapkan pada beberapa kesempatan bahwa mereka memperkirakan krisis semikonduktor akan mereda pada paruh kedua tahun ini. Meski pabrikan asal Negara Paman Sam tersebut memperkirakan kelangkaan masih akan berlanjut hingga 2024.

>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas lainnya di sini

tampilan mobil baru Hyundai Creta di Indonesia
Hyundai siap meningkatkan produksi mobil di bulan Juni

Tapi setelah peningkatan produksi yang dialami Ford, pabrikan mobil lainnya mulai menemukan titik terang dari kelangkaan chip. Dilansir dari Autoevolution, Hyundai melaporkan bahwa mereka akan meningkatkan produksi yang signifikan khusus untuk bulan Juni 2022.

Lebih lanjut, Hyundai ingin memproduksi tidak lebih dari 350.000 unit kendaraan di Amerika bulan ini. Meski terbilang rendah, namun angka tersebut merupakan target produksi tertinggi dalam kurun waktu kurang lebih 4 tahun.

>>> Chip Semikonduktor Bisa Makin Langka karena Invasi Rusia ke Ukraina

Masih terkendala hingga 2024

Hyundai sebelumnya memulai tahun 2022 dengan angka produksi yang tak begitu tinggi. Pabrikan asal Korea Selatan ini memproduksi sekitar 285.000 unit kendaraan pada bulan Januari 2022. Sementara itu, output bulanan telah pulih secara bertahan. Dimana pabrik Hyundai dapat memproduksi sekitar 323.000 unit kendaraan pada bulan April lalu.

produksi pabrik Hyundai di Amerika
Hyundai siap memproduksi 323.000 unit kendaraan

Melihat ketersediaan dan produksi yang terganggu sejak awal tahun lalu, rencana Hyundai kemungkinan besar sulit dicapai. Tapi sekali lagi, angka produksi tergantung pada pulihnya kelangkaan chip serta bagaimana pabrikan mendapatkan chip dari produsen.

Intel sebagai salah satu produsen chip terbesar d dunia memperingatkan bahwa ketersediaan chip sebelum 2020 tidak akan mungkin tercapai hingga 2024. Berbagai faktor, termasuk ketegangan geopolitik di Eropa menjadi penyebabnya. Namun di sisi lain, pabrikan otomotif yakin bahwa pada paruh kedua tahun ini terjadi pemulihan yang signifikan dalam hal pasokan chip.

>>> Pelat Nomor Putih Bakal Dipasang Chip Biar Lebih Canggih, Ini Alasannya

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top