Keindahan Dibalik Gerbang Tol Lawang Jalan Tol Pandaan-Malang

16/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Keindahan Dibalik Gerbang Tol Lawang Jalan Tol Pandaan-Malang
Keindahan alam Gunung Arjuno menyambut pengendara yang keluar di Gerbang Tol Lawang Jalan Tol Pandaan-Malang maupun yang keluar lewat Gerbang Tol Singosari

Membentang lebih dari seribu kilometer, jalan Tol Trans Jawa menghadirkan beragam pemandangan mulai dari perkotaan, hamparan sawah, jembatan-jembatan indah, hingga alam pegunungan di beberapa wilayah. Jika sebelumnya ada Gerbang Tol (GT) Salatiga yang diklaim sebagai gerbang tol dengan pemandangan terindah karena menghadirkan pemandangan alam Gunung Merbabu, kini tidak lagi. Pemandangan tak kalah menawan juga dimiliki Gerbang Tol Lawang Lawang dan Gerbang Tol Pandaan di Jawa Timur. Kedua gerbang tol Jalan Tol Pandaan-Malang itu sama-sama dihiasi latar belakang Gunung Arjuno.

Jalan Tol Pandaan-Malang

Jalan Tol Pandaan-Malang yang merupakan bagian dari jalan Tol Surabaya-Malang menjadi salah satu jalur yang memangkas waktu tempuh lebih cepat  menuju wisata daerah Malang Raya dan sekitarnya. Jalan tol ini membentaang sepanjang 38,48 km dari ujung utara hingga ujung selatan. Ujung utara berbatasan langsung dengan Jalan Tol Gempol-Pandaan, sedankan di ujung selatan bakal tersambung dengan Jalan Tol Malang-Kepanjen yang saat ini masih tahap rencana.

Foto menunjukkan Gerbang Tol Lawang

Gerbang Tol Lawang Jalan Tol Pandaan-Malang

Jalan Tol Pandaan–Malang terbagi menjadi 5 Seksi, yaitu:

  • Seksi 1 Pandaan-Purwodadi (15,4 Km),
  • Seksi 2 Purwodadi-Lawang (8 Km),
  • Seksi 3 Lawang-Singosari (7 Km),
  • Seksi 4 Singosari-Pakis (4,7 Km) dan
  • Seksi 5 Pakis-Malang (3 Km).

>>> Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Resmi Dibuka, Tarif Rp 0

Untuk mempermudah akses masyarakat jalan tol ini dilengkapi sejumlah simpang susun (SS) dan gerbang masuk, yaitu:

  • SS dan Gerbang Tol Pandaan,
  • SS dan Gerbang Tol Purwodadi,
  • SS dan Gerbang Tol Lawang,
  • SS dan Gerbang Tol Singosari,
  • SS dan Gerbang Tol Pakis, serta
  • SS dan Gerbang Tol Malang

Boleh dikatakan jalan Tol Pandaan-Malang ini sebagai salah satu ruas tol terindah karena menyuguhkan pemandangan alam yang cukup indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Bromo dan Semeru di sisi timur ruas tol. Jika dari arah Malang, disuguhkan pemandangan Gunung Arjuno di sisi barat, Gunung Kawi di sisi Barat Daya, Gunung Panderman di Kota Batu dan Gunung Penanggungan di wilayah Pandaan.

Foto menunjukkan Gerbang Tol Salatiga

Gerbang Tol Salatiga yang katanya mirip salah satu gerbang tol di Swiss

Berdampak pada perekonomian

Jalan Tol Pandaan-Malang juga memberi dukungan terhadap peningkatan ekonomi di Jawa Timur baik di sektor perdagangan maupun wisata. Beberapa tempat wisata yang menjadi lebih mudah dijangkau diantaranya Kawasan wisata dan taman safari Prigen, Kebun teh Wonosari, Candi Singosari, dan Kawasan wisata Batu.

"Keberadaan tol ini juga bisa mendatangkan akses ekonomi baru, mulai dari wisata dan budaya di sekitar Jawa Timur. Masyarakat juga  merasakan manfaatnya dan menggunakan jaringan jalan ini selain mempercepat arus mobilitas barang, jasa, dan seluruh masyarakat, wilayah Malang sekitarnya benar-benar menjadi sebuah kawasan wisata yang terkoneksi, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik," tutur Kepala BPJT Danang Parikesit.

So, mungkin saat ini kalian belum bisa kemana-mana karena mengikuti anjuran pemerintah untuk #DiRumahAja, di lain waktu silahkan kunjungi wisata di kota Malang dan nikmati keindahan pemandangan sepanjang Jalan Tol Pandaan Malang.

>>> Bukan Sekedar Estetika, Ini Fungsi Jalur Hijau di Tengah Jalan Tol

Foto menunjukkan wisata Kebun Teh Wonosari Malang

Kebun Teh Wonosari, salah satu destinasi wisata di Malang, Jawa Timur yang terkenal indah

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Resmi Dibuka, Tarif Rp 0

09/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga resmi membuka Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 5 Pakis-Malang. Untuk sementara belum dikenakan tarif (Rp0) menunggu keputusan dari Pemerintah.

Lihat juga

Malang Raya Berlakukan PSBB Mulai 17 Mei dengan Proses Tiga Tahap

14/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bakal diberlakukan wilayah Malang Raya mulai 17 Mei 2020, dimulai dengan proses sosialisasi, lalu himbauan, kemudian penindakan.

Lihat juga

Ada Larangan Mudik, Puluhan Kendaraan Lewat Kalimalang Putar Balik

25/04/2020

Event - Promosi

5 menit

Selain di jalan tol, pos penyekatan larangan mudik juga diberlakukan di jalan arteri. Satu diantaranya di kawasan Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat.

Lihat juga

Jelang Lebaran, Waktu Singgah Pengunjung Rest Area Jalan Tol Cuma 30 Menit

14/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik Lebaran 2020, Jasa Marga akan membatasi waku pengunjung berada di dalam rest area jalan tol maksimal 30 menit.

Lihat juga

Ada Pembangunan Tol Cibitung-Cilincing, Mulai 12 Mei Berlaku Pengalihan Lajur

13/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Mulai 12 Mei 2020 Kepolisian memberlakukan pengalihan arus lalu lintas karena ada pembangunan jalan Tol Cibitung-Cilincing. Pengguna tol dimohon berhati-hati.

Lihat juga
 
back to top