Kecelakaan Warnai Balapan Roborace, Nabrak Tembok Pembatas

31/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Kecelakaan Warnai Balapan Roborace, Nabrak Tembok Pembatas
Kita pernah mendengar istilah mobil swakemudi, bagaimana jadinya jika teknologi ini dipakai untuk beradu cepat? Mungkin seperti balapan Roborace satu ini.

Ajang balap kerap jadi tempat uji coba teknologi otomotif terbaru. Mulai dari rem carkam, girboks semi-otomatis, carbon fiber, semuanya lebih dulu diuji coba sebelum diterapkan di mobil jalanan.

Yang terbaru, teknologi mobil swakemudi tengah dikembangkan lewat balapan Roborace, yang merupakan bagian dari kejuaraan Formula E. Usai mencatatkan rekor mobil swakemudi di Goodwood 2019 dengan kecepatan 162,8 km/jam, kompetisi ini memasuki musim kedua yang bertajuk “Season Beta.”

>>> Mobil Balap Robot Robocar Melaju Di Goodwood Festival of Speed

Pengertian balapan Roborace 

Berbeda dengan ajang balap lainnya, di balapan Roborace tidak ada pengemudi, di mana mobil digerakkan dengan menerapkan konsep Real-Time Computing menggunakan AI (Artificial Intelligence) yang mengganti peran pembalap di dalam kokpit mobil.

Konsepnya seperti ini, awalnya ada pembalap yang membawa mobil dari pit ke starting line untuk sighting lap, setelah itu pembalap keluar dan para programer diberi waktu 30 menit untuk memprogram mobil balap swakemudi untuk menuntaskan satu lap.

Pemograman mobil balap swakemudi DevBot 2.0

Sebelum mobil dijalankan, ada programmer yang memprogram jalannya mobil balap swakemudi

Dengan konsep seperti ini, kesalahan program atau lainnya akan rawan terjadi. Salah satunya yang dilakukan oleh tim SIT Acronis Autonomous racing team. Entah bagaimana program yang dimasukkan, mobil langsung berbelok dan menabrak tembok, aduh.

Itu baru satu, sebenarnya ada satu kejadian lagi di mana mobil agak sedikit keluar trek dan melintir akibat menginjak rumput yang sangat licin. Bisa dibilang, balapan Roborace ini menyuguhkan hal unik dan cenderung lucu, beda deh dari balapan kebanyakan.

>>> Anda Harus Tahu, Berikut Tingkatan Sistem Berkendara Otonom

Spesifikasi mobil balap Roborace

Pertama kali diperkenalkan tahun 2017, mobil balap Roborace sudah memiliki tiga versi. Yakni Robocar (2017) yang tidak memiliki kokpit, dan DevBot serta DevBot 2.0, yang memiliki kokpit layaknya mobil balap pada umumnya.

Mobil balap Robocar memiliki dimensi panjang 4,8 m dan lebar 2 m. Mobil berbobot 1.350 memiliki empat motor listrik, yang dikombinasikan 500 HP dengan baterai 840V, mobilnya dapat dipacu hampir 300 km/jam.

Mobil balap swakemudi Roborace sedang demo di Buenos Aires

Mulai generasi kedua, tampilan mobil balap Roborace sedikit menyerupai mobil LMP

Untuk navigasi, mobil balap Roborace mengandalkan input dari berbagai sensor ultrasonik, radar, dan lidar. Semuanya diproses oleh internal computing processor Drive PX2 dan Nvidia.

Sebelumnya, mobil balap Roborace juga sudah melakukan beberapa kali demo run. Seperti di Sirkuit Hong Kong e-Prix 2017, Goodwood Festival of Speed, dan Circuit Monteblanco di Spanyol.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top