Kebijakan Pemerintah Tingkatkan Kerjasama Proyek Infrastruktur Publik-Swasta

07/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kebijakan Pemerintah Tingkatkan Kerjasama Proyek Infrastruktur Publik-Swasta
Menurut laporan Partisipasi Swasta dalam Infrastruktur (PPI) Bank Dunia yang dirilis bulan April lalu, Indonesia berada di urutan kedua setelah China dalam hal menarik dana swasta untuk proyek infrastruktur.

Meresmikan layanan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo dapat memamerkan bandara sebagai kemitraan proyek infrastruktur publik-swasta yang sukses dan tepat waktu dalam pembangunan Tanah Air.

Diprakarsai oleh pemerintah provinsi Jawa Barat pada tahun 2009, proyek bandara senilai $800 juta awalnya terkendala masalah pembersihan lahan dan pembiayaan. Pada tahun 2015, Presiden Jokowi memutuskan masuk dengan membawa dana segar untuk landasan pacu bandara, taxiway, dan sistem navigasi udara.

Gambar yang menunjukan Presiden Jokowi yang sedang mengunjungi Bandara Internasional Kertajati

Presiden Jokowi ketika mengunjungi Bandara Internasional Kertajati

Proyek ini menarik investor, yang melihat resiko yang jauh lebih rendah. Bandara Kertajati adalah contoh kerjasama yang sukses antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan sektor wisata. Totalnya, menuju 4 tahun pemerintahan Jokowi, 30 proyek senilai $6.7 Milyar telah selesai.

>>> Taksi Express tambah ratusan armada dengan Wuling Confero

Proyek ini hanyalah satu dari 11 proyek yang dikendalikan oleh pemerintah Indonesia bersama dengan pihak swasta. Dengan total $15.4 Milyar, sekitar $6 Milyar digunakan untuk membangun kereta api berkecepatan tinggi Jakarta – Bandung.

Gambar yang menunjukan rancangan proyek kereta cepat dari Jakarta - Bandung

Proyek kereta Jakarta – Bandung memangkas waktu tempuh menjadi 30 menit

Diantara 304 proyek yang masuk dalam laporan kepada Bank Dunia, 58% dari PPI dunia berasal dari China, Indonesia, Meksiko, Brasil, dan Pakistan sebesar $93.3 Milyar, meningkat 37% dari tahun 2016.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan info terbaru hanya di Cintamobil

Program peningkatan infrastruktur

Peraturan presiden tahun 2015 memperluas pendanaan swasta untuk pembangunan infrastruktur hingga membentuk jaminan tingkat pengembalian bagi investor dalam proyek-proyek tersebut. Pemerintah juga mendirikan Saran Multi Infrastruktur (SMI) untuk membantu menyalurkan dana swasta ke dalam proyek siap bangun dan Penjaminan Infrastruktur Indonesia untuk memberikan jaminan kepada investor.

"Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah sangat memperkuat kerangka kerja hukum dan kelembagaan untuk PPP," kata direktur ADB untuk Indonesia, Winfried Wicklein, dilansir dari The Jakarta Globe.

>>> Dapatkan berita terkini pasar mobil hanya di Cintamobil

"Dengan meningkatkan kualitas persiapan proyek, memastikan proses pengadaan yang kompetitif, adil dan transparan, dan mematuhi kewajiban di bawah kontrak KPS jangka panjang, Indonesia dapat memperdalam minat sektor swasta dalam program KPS," lanjut Wicklein.

Gambar yang menunjukan rancangan pembangunan jalan tol Yogyakarta - Bawen

Rencana pembangunan tol Yogyakarta – Bawen yang sedang direncanakan

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan bahwa pada tahun 2018 akan ada setidaknya 15 proyek publik – swasta, termasuk proyek $1 Milyar pembangunan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen sepanjang 71 kilometer. Dari proyek tersebut, hanya Pasokan Air Semarang Barat sebesar $34 Milyar telah ditenderkan, sedangkan sisanya masih dipersiapkan.

>>> Informasi otomotif terkini dari dalam dan luar negeri hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top