Kebijakan Mudik Satu Arah Munculkan Masalah Bagi Pengusaha Otobus

16/05/2019

Pasar mobil
Share this post:
Kebijakan Mudik Satu Arah Munculkan Masalah Bagi Pengusaha Otobus
Belum lama ini, Pemerintah Indonesia merealisasikan kebijakan mudik satu arah atau dikenal One Way. Hal ini diupayakan agar arus mudik berjalan lebih lancar daripada tahun-tahun sebelumnya. Namun, siapa sangka, kebijakan tersebut justru memberi polemik bagi pihak Pengusaha Otobus (PO).

Disampaikan pada kompas.com, Anthony Steven Hambali selaku Pengurus Pusat Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) menuturkan bahwa langkah pemerintah akan kebijakan mudik satu arah sifatnya sepihak tanpa memikirkan berbagai aspek penting lainnya. Hal paling penting adalah bagaimana kelancaran transportasi umum.

Arus Mudik 2019 akan hadir dengan nuansa baru berkat kebijakan satu arah

Beginilah kira-kira suasana arus mudik jika berjalan satu arah

Pasalnya, kebijakan satu arah yang berlaku di Tol Cikarang Utama hingga Brebes Barat, memberi dampak pada jalur bus dari Jawa Timur yang tidak dapat memasuki Jakarta lewat tol. Otomatis, pihak PO tidak bisa menjemput masyarakat di terminal, malahan harus melalui jalur arteri yang cukup memakan waktu.

>>> Baca juga: Selain Wuling dan DFSK, Pabrikan China Ini Siapkan Kendaraan Listrik Untuk Pasar Indonesia

Di sisi lain, dampak negatif juga bisa dirasakan pada aspek kemacetan Ibu Kota karena kebijakan ini dirasa lebih memudahkan bagi kendaraan pribadi. Adapun potensi lainnya belum diperhitungkan lebih lanjut seperti arus mudik dari Jawa menuju lawan arah layaknya Sumatera maupun Lampung. Menanggapi hal ini, Anthony berasumsi bahwa kebijakan satu arah, malah lebih berorientasi pada kendaraan pribadi dan dinilai bertentangan dengan wacana pemerintah selama ini yang menginginkan masyarakat beralih ke transportasi umum.

IPOMI merupakan ikatan pengusaha otobus muda Indonesia

Salah satu bus IPOMI yang rencananya akan digunakan dalam kegiatan mudik

>>> Info menarik: Ada rencana untuk membeli mobil dalam waktu dekat? Tentukan model mobil pilihan Anda dan lihat harganya

Anthony juga berharap, “Harusnya diberikan Win-Win Solution seperti memberikan satu ruas Contraflow untuk pelat kuning atau penerapan satu arah tidak berlaku 24 jam, melainkan hanya situasional saja.” Apabila, ruas bus pelat kuning diadakan, tentu hal ini tidak menjadi masalah dan pihak PO masih dapat menjemput penumpang untuk melakukan mudik.

>>> Simak juga berita otomotif terlengkap dari Tanah Air hingga mancanegara hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Berita lain

Mudik Lebih Menyenangkan, Berikut Aliran Modifikasi Audio Untuk Mobil Anda

18/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Sedang mempertimbangkan memodifikasi audio mobil Anda jelang perjalanan mudik? Simak aliran modifikasi audio yang bisa Anda terapkan di mobil Anda.

Lihat juga

Mindset Berkendara yang Baik, Kunci Sukses Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman

17/05/2019

Pengemudian

4 menit

Mindset berkendara yang baik ternyata menjadi kunci untuk bisa menciptakan perilaku berkendara yang aman dan nyaman. Tentunya ini akan sangat berguna ketika Anda akan melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Lihat juga

Sambut Ramadan dan Persiapan Mudik dengan Program Servis Spesial dari Isuzu

14/05/2019

Event - Promosi

2 menit

Untuk menyambut bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, Isuzu tak lupa memperkenalkan program servis spesial bertajuk SALAM, Sambut Lebaran Bersama Isuzu, serta berbagai promo pembelian seperti DP 0% untuk beberapa variannya di Indonesia.

Lihat juga

Ingin Pasang Kaca Film Sebelum Mudik? Kenali Dulu 4 Jenis Kaca Film Berikut Ini

15/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jenis kaca film untuk mobil umumnya terbagi dalam empat tipe yaitu yang bisa menolak infrared, bisa menolak panas, menolak ultraviolet, dan mencegah cahaya matahari masuk ke kabin. Anda wajib tahu perbedaannya sebelum memasang kaca film tersebut di mobil kesayangan Anda.

Lihat juga

Ini Tips Aman Berkendara di Jalan Tikus Ketika Harus Menghindari Macet Saat Mudik Lebaran

16/05/2019

Pengemudian

4 menit

Macet memang menjadi musuh utama ketika Anda melakukan perjalanan mudik Lebaran. Solusinya Anda bisa gunakan jalur alternatif, atau jalan tikus. Berikut ini ada beberapa tips aman berkendara di jalan tikus.

Lihat juga