Keberhasilan Mobil Listrik Bergantung Pada Infrastruktur Pengisian Dayanya

08/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Menurut bos Volvo Hakan Samuelsson bahwa keberhasilan penjualan mobil listrik bergantung pada infrastruktur pengisian daya. Benarkah demikian?

Beragam pabrikan telah memiliki rencana untuk mulai beralih sepenuhnya ke mobil listrik. Volvo salah satu diantaranya. Volvo telah menetapkan tujuan untuk hanya menjual mobil listrik (EV) pada tahun 2025 mendatang. Namun untuk bisa mencapai tujuannya tersebut akan bergantung pada investasi pemerintah dalam pengisian infrastruktur untuk membantu meningkatkan permintaan pelanggan.

>>> Toyota Targetkan Produksi 9,2 Juta Unit Mobil Secara Global Tahun 2021

Gambar menunjukan Mobil listrik

Volvo XC40 Recharge 

Membutuhkan Bantuan Pemerintah

Perusahaan asal Swedia tersebut saat ini memiliki satu model listrik murni XC40 Recharge. SUV bertenaga listrik ini merupakan yang populer di pasar Eropa dan merupakan model plug-in hybrid terlaris di Eropa.

“Kami memiliki rencana siklus produk yang akan siap untuk mendapatkan setengah dari penjualan EV. Itu sedang berlangsung. Yang lebih sulit untuk diprediksi adalah apakah pelanggan akan memilih mobil-mobil itu, atau tetap menggunakan mobil plug-in hybrid atau mobil konvensional. Kami mendorong hasil peralihan EV berjalan cepat dan semakin cepat," kata CEO Volvo Hakan Samuelsson kepada Autocar mengenai rencana ambisinya di segmen mobil listrik.

Samuelsson menambahkan bahwa untuk bisa mewujudkannya ambisnya itu ia memerlukan bantuan pemerintah. EV dinilai membutuhkan pengisi daya berdaya tinggi di sepanjang jaringan jalan raya.

“Tapi satu hal di luar kendali kami yang perlu lebih baik untuk mendorong penggunaan EV adalah infrastruktur pengisian daya yang perlu diinvestasikan oleh pemerintah. Mobil listrik membutuhkan pengisi daya berdaya tinggi di sepanjang jaringan jalan raya utama. Itu adalah sesuatu yang perlu terjadi dengan cepat agar 50% mobil kami menjadi EV pada tahun 2025,” tambahnya.

>>> Wanita Harus Tahu! Begini Posisi Duduk yang Benar saat Nyetir

Gambar menunjukan Platform mobil listrik

Platform Volvo XC40 Recharge

Pasar Mobil Listrik di Inggris Membutuhkan Infrastruktur Pengisian Daya

Penjualan EV di Inggris tahun lalu mencapai 110.000 unit. Meski cukup mengesankan ada hal lain yang perlu dipertimbangkan, yakni wacana pemerintah Inggris melarang penjualan mobil bensin dan diesel di tahun 2030 mendatang.

Mike Hawes selaku kepala Society of Motor Manufacturers and Traders mengatakan bahwa kesiapan untuk perubahan itu dalam sembilan tahun akan menantang industri ini, industri lain di Inggris dan industri global. Menurutnya untuk bisa mencapai target tersebut dibutuhkan strategi industri yang kuat dari pemerintah.

"Yang terpenting untuk mencapai target ini adalah memiliki strategi industri yang kuat dari pemerintah yang benar-benar memastikan Inggris tetap kompetitif, menarik investasi dan tetap menjadi pasar yang kuat untuk EV. Ini adalah tantangan global dan Inggris perlu memimpin dan bergerak secepat mungkin.” tutup Hawes.

>>> Penjualan Wuling Hongguang MINI EV Bulan Januari Tembus 36 Ribu Unit

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top