Kebakaran di Kilang Pertamina Balongan Tak Ganggu Pasokan BBM

29/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Kebakaran Kilang Pertamina Balongan tak mengganggu pasokan BBM. Pertamina menegaskan kebakaran terjadi di tangki BBM dan tak terpengaruh ke distribusi.

Api membumbung tinggi dari kilang PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu pada pukul 00.45 Senin dini hari. Insiden di Kilang Pertamina Balongan ini menyebabkan tangki T-301G terbakar.

Sejauh ini, penyebab insiden saat ini belum dapat dipastikan dan masih dalam proses investigasi oleh pihak yang berwenang.

BBM Pertamina

Pasokan BBM dipastikan aman

>>> Kenapa Orang Indonesia Masih Ada yang Pakai BBM Premium?

Pasokan BBM Tak Terganggu

Meski begitu, Pertamina memastikan distribusi BBM tak terganggu akibat insiden kebakaran kilang Balongan tersebut. Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

"Sampai sejauh ini kita masih punya stok baik itu gasoline, solar, maupun avtur. Tidak ada kendala signifikan dengan pasokan BBM yang diproduksi di kilang Balongan," jelas Direktur Utama PT Pertamina Persero Nicke Widyawati dalam konferensi pers virtual, Senin (29/3/2021). 

Pertamina lebih lanjut menjelaskan bahwa kebakaran bukan terjadi pada kilang melainkan tangki bahan bakar yang berada di area Kilang Balongan tersebut.

Nicke menegaskan HSSE Kilang Pertamina Balongan bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu fokus melakukan pemadaman api di area tangki kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Jadi processing alat kilang berikut fasilitas jetty itu semuanya aman. Fokus kita sekarang ke penanganan insidennya jadi harus bisa memadamkan api, sekarang sudah dipastikan tak menjalar ke hal lain," ujar Nicke. 

"Langkah kedua memadamkan api, jika sudah selesai ini sudah aman sehinga kilang bisa operasikan kembali, dan storage di samping tempat penyimpanan ini ada tangki lain dengan kapasitas sama, ini dulu dipakai ini bisa digunakan," sambung Nicke lagi. 

>>> Tak Sembarangan, Penghapusan BBM Premium Ada di Tangan Presiden

Masyarakat Diminta tetap Tenang

 

Libur Nataru, Permintaan Pertamina Dex di Tol Trans Jawa Naik 7 Kali Lipat

Pasokan BBM tak terganggu dengan adanya kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra, Pendomo  dan Islamic center Kabupaten Indramayu.

Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 5 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu. Saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI.

"Masyarakat tidak ada rumah rusak, tadi ada kepanikan dan kita menjaga masyarakat untuk evakuasi tapi laporan dari lapangan sudah berangsur-angsur kembali ke rumahnya masing-masing," pungkas Nicke. 

>>> Efek Negatif Jarang Mengisi Penuh BBM 

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top