Kawasan Wisata TMII dan Ancol Berlaku Ganjil Genap

17/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sistem ganjil genap diberlakukan di Kawasan Wisata TMII dan Ancol mulai Jum’at (17/9/2021). Hanya kendaraan dengan plat nomor sesuai yang boleh melintas.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) memberlakukan sistem ganjil genap di Kawasan Wisata Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Impian Jaya Ancol.

Pembatasan itu untuk mengurangi lonjakan pengunjung saat uji coba pembukaan kembali dua tempat wisata unggulan ibu kota tersebut.

Foto Pintu Masuk 1 TMII

Tempat wisata TMII dan Ancol dibuka lagi sebagai uji coba

Waktu dan Lokasi

Lokasi ganjil genap untuk TMII berada jalur ke Pintu I. Sedangkan Ancol berada di Gerbang Barat dan Gerbang Timur.

Waktu pemberlakukan setiap hari Jum’at hingga Minggu mulai tanggal 17 September 2021, pukul 12.00 WIB sampai 18.00 WIB.

>>> Kemenhub Siapkan Sistem 4 in 1 di Puncak Bogor, Apa Itu?

Ketentuan tempat wisata

Sebagaimana diketahui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali kembali diberlakukan untuk periode 14-20 September 2021.

Diantara fokusnya Pemerintah memperketat mobilitas masyarakat dengan membatasi akses kendaraan berdasarkan plat nomor di sejumlah kawasan wisata. Kebijakan ini berlaku setiap akhir pekan sampai waktu yang belum ditentukan.

“Penerapan ganjil genap akan diberlakukan pada daerah-daerah tempat wisata mulai jum’at pukul 12.00 siang sampai Minggu pukul 18.00. Tujuannya untuk mengurangi kendaraan yang datang kesana,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan saat pengumuman perpanjangan PPKM, Senin (13/9/2021).

Untuk DKI Jakarta secara seluruh wilayah Kabupaten/Kota masuk dalam status PPKM Level 3. Berdasarkan Inmendagri Nomor 42 Tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Jawa Bali, fasilitas umum seperti tempat wisata umum masih ditutup sementara.

>>> PPKM Diperpanjang, Ganjil Genap Bakal Diberlakukan di Kawasan Wisata

Foto pengumuman Ganjil Genap TMII dan Ancol

Ganjil genap berlaku di jalan menuju TMII dan Ancol

Adapun pembukaan sejumlah tempat wisata dilakukan sebagai uji coba dan hanya tempat wisata tertentu saja. Ketentuan yang harus dipatuhi sebagaimana tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Nomor 1096 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, antara lain:

  • Mengikuti protokol kesehatan ketat
  • Waktu berkunjung maksimal sampai jam 21.00 WIB.
  • Wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai
  • Tidak boleh membawa anak kecil dengan usia kurang dari 12 tahun
  • Mematuhi aturan ganjil genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi wisata

Selain TMII dan Ancol, uji coba pembukaan tempat wisata juga dilakukan di Setu Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan. Ketentuan dan aturannya sama seperti di TMII dan Ancol.

>>> Pentingnya Cek Kendaraan Sebelum Berkunjung ke Tempat Wisata

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top