Kata Polisi Soal Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis

07/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kata Polisi Soal Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis
Pihak kepolisian meluruskan soal asumsi yang beredar di masyarakat terkait pembuatan dan perpanjangan SIM bisa gratis. Apa kata polisi soal hal tersebut?

Peraturan Pemerintah No.76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia masih menyisakan tanya bagi sebagian kalangan. 

Pasalnya, dalam aturan itu disebutkan penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada polisi termasuk diantaranya pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru, penerbitan perpanjangan SIM, penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNKB) Rp 0. Banyak yang berasumsi bahwa pembuatan dan perpanjangan SIM bisa gratis

pembuatan SIM

Usai PP No.76 tahun 2020 muncul asumsi pembuatan SIM gratis 

>>> Bikin dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis? Begini Penjelasannya

Akan Diikuti Peraturan Polri

Tapi jangan salah tangkap dulu. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan meluruskan terkait banyaknya asumsi yang menyebut bahwa pembuatan dan perpanjangan SIM bisa Rp 0. Dirinya menyebut bakal ada aturan turunan yang tengah digodok berupa Peraturan Polri. 

"Jadi ada beberapa pertanyaan kenapa cuma SKCK yang gratis kenapa SIM tidak? Jadi seolah-olah pertanyaan tersebut pendapatnya bahwa SKCK itu gratis, itu pendapatnya. Bahwa sampai saat ini masih dilakukan proses pembuatan peraturan kepolisian Perpol untuk menindaklanjuti PP no. 76 tahun 2020 tentang PNBP sebagai implementasi dari PP tersebut," jelas Ahmad saat konferensi pers seperti dilihat Cintamobil, Kamis (7/1/2021). 

Ahmad juga merinci isi dari pasal 7 PP no.76 tahun 2020. Disebutkan Ahmad memang mungkin saja beberapa PNBP itu Rp 0. Namun ada persyaratan tertentu yang wajib dipenuhi. Meski demikian, Ahmad tak menyebutkan secara rinci apa saja persyaratan tersebut. 

pembuatan SIM

Polisi sebut ada pertimbangan tertentu terkait penerapan PP No.76 tahun 2020

>>> Inilah Cara Memperpanjang SIM

Pertimbangannya Masih Digodok

Tetapi dalam pasal 7 itu juga disebutkan beberapa pertimbangan tertentu antara lain penyelenggaraan kegiatan sosial, kegiatan keagamaan, kegiatan kenegaraan, dan pertimbangan karena keadaan di luar kemampuan wajib bayar atau kondisi kahar, serta bagi masyarakat tidak mampu, mahasiswa/pelajar, dan usaha mikro, kecil, dan menengah.
 
Layanan yang mendapatkan prioritas untuk dikenakan tarif sampai dengan Rp0,00 (nol rupiah) atau 0% (nol persen) antara lain jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak berupa penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

"Nah pertimbangan apa itu yang masih digodok dan dikaji dan muatannya ada di peraturan kepolisian yang masih diproses," tegas Ahmad. 

>>> Pandemi Belum Usai, Perpanjangan SIM Mati di Inggris Dilakukan Otomatis 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Awas! SIM Bisa Dicabut Karena Alasan Ini

21/09/2020

Pengemudian

3 menit

Menjadi satu-satunya bukti legal mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya, Surat Izin Mengemudi alias SIM bisa dicabut karena alasan-alasan tertentu.

Lihat juga

Citroen Bikin Mobil Listrik yang Bisa Dikendarai Tanpa SIM

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Bila biasanya untuk berkendara membutuhkan SIM sebagai legalitas, berbeda dengan mobil yang satu ini. Citroen membuat mobil yang bisa dikendarai tanpa SIM.

Lihat juga

Pahami, Ini Ketentuan Layanan SIM Keliling

13/09/2020

Pengemudian

3 menit

SIM Keliling memudahkan dalam perpanjangan SIM. Namun harus dipahami ada sejumlah ketentuan Layanan SIM Keliling yang berbeda dengan layanan di Satpas.

Lihat juga

Manfaat dan Kelebihan Layanan SIM Keliling

12/09/2020

Pengemudian

3 menit

Diantara kelebihan layanan SIM Keliling yaitu mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) tanpa harus ke kantor Satpas.

Lihat juga

Langkah Mudah untuk Perpanjang SIM Online

08/09/2020

Jual beli

3 menit

Sebagai salah satu dokumen penting yang diperlukan ketika berkendara, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ketika akan perpanjang SIM online dengan mudah.

Lihat juga
 
back to top