Mazda: 'Mesin Rotari Belum Mati'

26/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Bagi Mazda, teknologi mesin rotari khususnya versi13B Renesis adalah salah satu puncak pencapaian teknologi pabrikan mobil yang bermarkas di Hiroshima itu.

Mazda RX-8 bermesin rotari memang sudah lama menjadi bagian dari sejarah otomotif dunia setelah berhenti diproduksi pada tahun 2012. Namun mesin 2 rotor tersebut masih panjang umur karena sampai hari ini Mazda masih terus memproduksi mesin unik tersebut.

Boleh disebut, salah satu karakter khas Mazda RX-8 terletak pada mesin rotari 13B Renesis dengan redline 9.000 rpm dan bobot ringan. Bagi Mazda, 13B Renesis adalah salah satu puncak pencapaian teknologi pabrikan mobil yang bermarkas di Hiroshima itu.

Masih Diproduksi

Hingga hari ini, Mazda belum mengumumkan generasi terbaru penerus legenda Mazda RX bermesin 2 rotor. Jadi anggap saja belum ada lagi Mazda RX-9 selaku penerus Mazda RX-9.

gambar mesin

Mazda tetap meneruskan produksi Mesin 13B Renesis

Pada sisi lain, Mazda tetap meneruskan produksi mesin 13B terutama komponen-komponen inti. Dengan demikian, para pemilik Mazda RX-8 tidak usah khawatir karena pasokan suku cadang mesin dijamin aman dan hebatnya tersedia mesin rotari baru untuk konsumen yang melakukan engine swap daripada engine rebuild.

>>> Modifikasi Mazda RX-7 Bertenaga 1.000 Hp

Menghidupkan Klasik

Mazda sudah memproduksi berbagai generasi mesin dua rotor ini sejak tahun 1973 dan kini memiliki divisi tersendiri dengan tim kecil beranggotakan 10 orang untuk menjalankan produksi pembuatan komponen mesin seperti rotor housing, eccentric shaft dan side housing.

gambar mesin

Melanjutkan legacy mesin 2 rotor mulai tahun 1973

Setiap bulan, sekitar 200-400 unit suku cadang mesin dikirim ke seluruh dunia. Inilah keunikan Mazda selaku pabrikan otomotif yang terhitung “kecil” di Jepang yang melakukan langkah bisnis diferensiasi dan fokus di tengah banjir mobil elektrifikasi yang melanda dunia dengan tetap memproduksi mesin rotari yang tidak andal dan tidak efisien.

gambar mazda2

Purwarupa Mazda2 Range Externder yang dilengkapi mesin rotary sebagai "pembangkit listrik"

Sekali waktu pada tahun 2013, Mazda menerapkan mesin rotary sebagai perangkat range-extender pada Mazda2 dalam bentuk purwarupa yang kemudian diproduksi untuk MX-30 EV. Pada satu sisi, Mazda merasa sama penting untuk membantu konsumen yang ingin memperpanjang usia pakai Mazda RX-8 melalui produksi mesin 13B dan komponennya.

>>> Mazda Padukan Mesin Rotary Dengan Teknologi Hybrid

Mesin 13B Renesis

Mesin 13B Renesis tampil perdana bersama Mazda RX-8 2004. Dibanding generasi mesin rotary 13B sebelumnya, mesin 13B Renesis menjalani penyempurnaan dalam berbagai sektor untuk mereduksi beragam kelemahan.

gambar mesin

Mesin 13B Renesis menjadi mesin andalan Mazda RX-8

Hasilnya, mesin 13B Renesis mampu mencapai kenaikan performa hingga 49% dan menurunkan emisi gas buang (HC) hingga 35– 50%. Pada sisi lain, mesin 13B Renesis mempunyai berat kosong 112 kg (tanpa komponen seperti airbox, alternator, starter motor, cover dan tanpa fluida seperti coolant, pelumas). O iya, mesin 13B Renesis NA (non turbo, 2 rotor x 654 cc) ini mampu menghasilkan 211–235 hp.

>>> Harga mobil baru dan promo terbaik 2021 ada di sini

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top