Kasus Recall Tesla Model S dan Model X Sudah Terendus Sejak Lama

26/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Kasus Recall Tesla Model S dan Model X Sudah Terendus Sejak Lama
Recall Tesla Model S dan Model X baru-baru ini terjaid di Cina dan menimpa hampir 30.000 unit karena disinyalir ada kerusakan pada sistem suspensi depan dan belakang. Ternyata keluhan masalah yang sama sudah diketahui sejak 2017, namun Tesla selalu menolak untuk recall.

Belum lama ini Tesla mengumumkan investasi besar-besaran di Cina dengan membangun Gigafactory di Shanghai. Produsen mobil listrik itu melirik Cina lantaran menjadi pasar otomotif terbesar di dunia. Tesal juga menilai, jika mobil mereka diproduksi di luar Amerika, maka harganya bisa lebih bersaing.

Namun disatu sisi, Tesla beberapa hari belakangan juga diwajibkan untuk menarik kembali 29.193 unit Model S dan Model X di Negeri Tirai Bambu itu. Hal ini karena dicurigai ada masalah kerusakan pada suspensi depan dan belakang untuk mobil-mobil yang diproduksi periode 17 September 2013 hingga 15 Januari 2018.

Uniknya, tidak ada pengumuman recall Tesla Model S dan Model X yang dipasarkan di Amerika Serikat (AS) atau negara lain. Dan pihak pabrikan bersikukuh kalau recall hanya terjadi untuk Model S dan Model X yang dipasarkan di Cina. Padahal, unitnya memiliki kualitas yang serupa pula antara yang diproduksi di Amerika dengan Tesla made in China.

>>> Pabrik Tesla di China Hasilkan 5.000 Mobil per Minggu

Tesla Membantah Recall Akibat Cacat Produksi

Tesla Model X Recall

Tesla menilai kerusakan suspensi karena kondisi jalan dan cara mengemudi masyarakat Cina yang buruk

Pemerintah Cina melalui China State Administration for Market Regulation sudah memerintahkan pabrikan mobil pimpinan Elon Musk itu untuk melakukan recall Tesla Model S dan Model X. Karena saat terjadi benturan cukup keras, suspensi mobil bisa rusak dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Namun dikutip dari Carbuzz, Senin (26/10/2020) Tesla membantah kalau dikatakan recall ini terkait cacat produksi. Meski demikian semua pemilik Model S dan Model X yang ada di Cina tetap akan dikirim surat resmi untuk melakukan perbaikan atau penggantian komponen yang dicurigai bermasalah tadi.

Pihak Tesla juga sudah menyiapkan komponen pengganti yang dikirim langsung dari Amerika ke Shanghai. Setiap Pemilik akan mendapatkan penggantian komponen secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya apapun.

>>> Kerap Jadi Momok, Recall Tidak Semengerikan Itu Kok

Keluhan Suspensi Tesla Model S Sudah Ada Sejak Lama

Tesla Model S Recall China

Model S bahkan pernah tidak direkomendasikan oleh Consumer Reports

>>> Review Tesla Model S P100D 2020: The Fastest Accelerating Production Car In The World

Meski langkah recall Tesla Model S dan Model X tetap ditempuh dalam rangka bentuk tanggung jawab produsen kepada para pelanggannya,  tetapi dalam penjelasannya kepada National Highway Transportation Safety Administration (NHTSA), Tesla tidak setuju dengan apa yang dikatakan pemerintah Cina.

Perusaahaan mobil listrik ini percaya, kalau kasus rusaknya komponen suspensi pada Model S dan Model X karena jalanan di Cina yang buruk dan perilaku pengemudi di negara tersebut yang juga ceroboh. Sehingga Tesla ngotot tidak akan melakukan recall Model S dan Model X di Amerika dan juga negara lain selain Cina

Padahal kenyataannya keluhan dari masalah suspensi ini sudah pernah dilayangkan pemilik Tesla Model S sejak 2017. Sebuah laporan dari Consumer Reports bahkan juga telah mengetahui akan masalah suspensi di mobil ini dan menjelaskan kalau Model S bukan salah satu mobil yang direkomendasikan untuk dibeli.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top