Karakter Honda Jazz yang Bisa Digantikan City Hatchback RS

04/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Honda Jazz sudah disetop produksinya di Indonesia. Sebagai gantinya, Honda menyiapkan City Hatchback RS untuk mengganti posisi Jazz karena karakternya mirip.

Masa depan Honda Jazz di Indonesia sudah jelas usai PT Honda Prospect Motor memutuskan untuk menyetop produksi dan tak lagi menjualnya. Terakhir, Honda telah mendistribusikan 300 unit Jazz ke dealer pada Februari 2021. 

Tongkat estafet itu diteruskan kepada sang pendatang baru Honda City Hatchback RS. City Hatchback RS akan menggantikan peran Honda Jazz di Indonesia.

>>> Sayonara Honda Jazz!

Honda City Hatchback RS Bisa Gantikan Peran Jazz di Indonesia

Honda City Hatchback

Desain sportynya dianggap bisa mewakili Jazz

Honda menilai ada sederet karakter pada Jazz yang bisa digantikan oleh City Hatchback RS utamanya dalam memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Apa karakter Honda Jazz yang identik dengan City Hatchback RS?

Business Innovation and Marketing Sales Director PT HPM Yusak Billy menjelaskan desain City Hatchback RS mewakili keinginan konsumen di Tanah Air akan sebuah hatchback. Pun demikian dari sisi performa dan fitur di dalamnya. 

"Karakter sporty itu, performa engine yang baik, itu kan ciri khas melekat sekali pada segmen hatchback ini. Kalau kita lihat penerus generasi 4 yah, itu yang di Jepang itu kita melakukan study dan itu untuk pasar Jepang baiknya, jadi tidak cocok untuk pasar di sini," ungkap Billy saat peluncuran virtual, Rabu (3/3/2021). 

Sederet keunggulan dari Jazz menurut Billy bisa tergantikan dengan hadirnya City Hatchback RS. Itulah yang membuat Honda lebih memilih untuk menggantinya dengan City Hatchback RS ketimbang mendatangkan Jazz versi terbaru.

Honda Jazz

Produksi Jazz sudah dihentikan bulan Januari 2021

>>> Mengintip Spesifikasi Honda Jazz Terbaru Seharga Rp 1 Miliar di Singapura

Sudah Melakukan Studi

City Hatchback RS juga bakal mengisi line produksi dari Jazz karena diproduksi di pabrik Honda kawasan Karawang. Saat ini Honda hanya tinggal menghabiskan stok Jazz yang sudah terdistribusi ke dealer. 

"Memang karakter yang khas pada City Hatchback ini adalah sama dengan Jazz yang sporty desainnya, performa engine yang baik, malah ini lebih baik, jadi kami anggap, berpikir bahwa karakter Honda City Hatchback sama dengan Jazz bahkan lebih bagus dan tentu value for money lebih baik. Sekarang kami tidak produksi lagi Jazz, delivery terakhir bulan lalu, stok terakhir 300 unit," beber Billy. 

Honda tak gegabah saat memutuskan produksi Jazz akan dihentikan, melainkan sudah melakukan studi secara mendalam. Studi dilakukan sejak Honda mengubah tampilan Jazz yang diluncurkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019.

Honda Jazz

Ini tampang Jazz generasi terbaru yang lebih pas untuk pasar Jepang

Desain Jazz berubah total, kesan sportynya menghilang dan lebih terlihat futuristik. Rupanya bagi Honda desain itu kurang pas jika dibawa ke Indonesia. Ujung-ujungnya penjualan bisa seret. 

"Seperti teman-teman lihat itu adalah Honda Fit yang dipasarkan untuk Jepang, jadi kami melakukan studi yang lama jadi kami menilai karakter City Hatchback ini benar-benar memenuhi keinginan target market di hatchback," tutup Billy. 

>>> Kiprah Honda Jazz Di Balap Mobil Indonesia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top