Karakter Berbeda, Honda Jazz Model Terbaru Tak Masuk Indonesia?

23/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Karakter Berbeda, Honda Jazz Model Terbaru Tak Masuk Indonesia?
Honda Jazz model terbaru sudah meluncur di Jepang sejak akhir tahun lalu. Jazz berubah signifikan dan berbeda karakter, akankah masuk serta dijual di Indonesia?

Ajang Tokyo Motor Show 2019 menjadi tempat bagi para pabrikan untuk mengenalkan model barunya. Tak terkecuali bagi Honda yang meluncurkan model terbarunya. Salah satu yang menjadi andalan adalah Honda Jazz versi terbaru. 

Secara tampilan Honda Jazz atau di Jepang disebut Fit memiliki tampilan yang amat berbeda dari model sebelumnya. Terutama dari sisi desain yang tampak lebih futuristik. Ini berbeda dengan Honda Jazz sebelumnya yang justru terkesan sporty. 

Honda Jazz

Honda Jazz model terbaru

>>> Kalah Laris dari HR-V, Honda Jazz Tak Dijual Lagi di AS

Beda Karakter dengan Jazz Terdahulu

Perbedaan karakter itulah yang menjadi pertimbangan tersendiri dari PT Honda Prospect Motor. Lalu, apakah Honda Jazz model terbaru tersebut bakal juga dijual di Indonesia?

"Jazz di TMS tahun lalu itu kan pasar Jepang ya, kami akan mempertimbangkan karena karakter hatchback kami DNA-nya sport jadi kami cari yang pas untuk Indonesia," ungkap Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam konferensi pers virtual belum lama ini. 

Jazz sendiri masih memberikan kontribusi yang cukup besar bagi penjualan Honda secara keseluruhan yakni sekitar 9 persen. Meski begitu, Honda masih ogah untuk buka-bukaan bicara soal model baru. Terlebih di masa pandemi semua kondisi serba tak menentu. 

Bagi Honda, sebelum meluncurkan mobil ada baiknya untuk memastikan bahwa kondisi pasar otomotif Indonesia memang sudah pulih. 

Honda Jazz

Jazz model terdahulu lebih terkesan sporty

Kembali soal Jazz, mobil ini menjadi generasi keempat yang sudah dijual di Jepang sejak awal tahun 2020. 

Menyandang status generasi terbaru atau All New, mobil ini mengalami perubahan signifikan. Bentuknya lebih membulat dengan lampu utama berukuran besar. 

Honda Jazz terbaru kini lebih memprioritaskan kenyamanan dibanding yang lain. Ada empat kenyamanan yang menjadi fokus Honda dengan mobil ini, yaitu kenyamanan penampilan interior, kenyamanan tempat duduk, kenyamanan mengemudi, dan usability alias fungsionalitas.

>>> Konsumsi BBM Honda Jazz Hybrid Tembus 22 Kilometer Per Liter

Honda AS Tak Tertarik Jual Jazz Baru

Sebagai penunjang terhadap visi di atas Jazz terbaru dilengkapi fitur terbaru dari Honda SENSING, diantaranya front wide view camera serta delapan sonar sensors mounted yang terdapat pada bagian depan dan belakang kendaraan, serta fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS) sebagai fitur standar pada semua tipe / variannya.

Honda Jazz terbaru juga menjadi model pertama Honda yang menggunakan Honda CONNECT yang merupakan modul on-board communication.

Terdapat tiga pilihan menu pada Honda CONNECT yaitu; remote control dimana beberapa fungsi dapat diaktifkan via smartphone, emergency support service yang menghubungkan kendaraan ke pusat yang dituju seperti misalnya ketika terjadi kecelakaan. Kemudian security rush hour service yang dapat mendeteksi situasi atau gejala abnormal pada kendaraan.

Tapi tampaknya, bermodal wajah baru Jazz malah tak diminati di Negeri Paman Sam Amerika Serikat. Honda AS menyebut tak akan lagi menjual model Jazz meskipun ada model baru. 

>>> Baleno Facelift Meluncur, HPM Pertimbangkan Bawa Honda Jazz Terbaru

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top