Kapan Mazda Memperkenalkan Mobil Listrik di Indonesia?

14/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Seperti kebanyakan pabrikan otomotif asal Jepang lainnya, Mazda masih belum berencana memperkenalkan mobil listrik mereka di Indonesia dalam waktu dekat.

Beberapa hari yang lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya (ESDM) mengumumkan bahwa Indonesia akan menghentikan penjualan mobil bermesin konvensional pada tahun 2050. Itu dilakukan untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060.

Mengingat waktunya yang masih cukup lama, nampaknya mayoritas pabrikan asal Jepang tidak terburu-buru untuk memperkenalkan mobil bertenaga listrik mereka, termasuk Mazda. Padahal di pasar global, mereka sudah mulai memasarkan kendaraan elektrifikasi mereka.

Paling Cepat Tahun 2025

PT Eurokars Mazda Indonesia (EMI), Agen Pemegang Merek Mazda di Tanah Air menyatakan bahwa mereka memang berencana untuk memasarkan mobil listrik. Namun, nampaknya rencana tersebut tak akan dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini memang Mazda baru meluncurkan satu mobil listrik.

>>> Krisis Chip Semikonduktor Bikin Inden Mazda CX-Series sampai 5 Bulan!

Gambar Mazda MX-30

Saat ini MX-30 menjadi satu-satunya mobil bertenaga listrik dari pabrikan asal Jepang ini

"Kami sudah punya mobil full listrik MX-30 yang saat ini sudah dijual di Eropa. Tapi 2025 mendatang, Mazda secara global rencananya akan meluncurkan 12 mobil listrik. Jadi kita tunggu saja," ungkap Ricky Thio, Managing Director EMI.

Ricky juga mengatakan bahwa saat ini mereka sebagai distributor hanya bisa menunggu keputusan dari principal selagi melihat perkembangan infrastruktur dan regulasi untuk mobil listrik di Indonesia.

Saat ini, EMI masih belum bisa berkomentar mengenai mobil bertenaga listrik apa yang akan diperkenalkan pertama kali di Tanah Air, termasuk MX-30. Ia menyebut bahwa tiap negara memiliki pasar dan kebutuhan yang berbeda.

"Yang pasti saat ini Mazda akan lebih berfokus kepada mobil-mobil SUV, yang sebagaimana kita ketahui peminatnya cukup besar saat ini," ujar Ricky.

>>> Mazda CX-5 2022 Facelift Terungkap, Ada Mode Off-Road

Mobil Listrik Pertama Mazda Masih Jauh Dari Sempurna

Gambar Mazda e-Skyactiv

Jarak tempuh motor listrik e-Skyactiv pada MX-30 masih terlalu kecil

Mazda MX-30 diperkenalkan pada tahun 2019 dan baru mulai dipasarkan beberapa bulan lalu. Mobil tersebut dibekali dengan motor listrik e-Skyactiv yang dapat menghasilkan tenaga 143 HP dengan torsi 271 Nm.

Motor listrik tersebut ditenagai oleh baterai 35,5 kWh dan diklaim memiliki jangkauan hingga 265 kilometer dalam sekali pengisian daya. Jangkauan tersebut sebenarnya kurang impresif. Sebagai komparasi, Hyundai Kona Electric diklaim dapat menempuh jarak hingga 289 kilometer berdasarkan WLTP.

Kecemasan jangkauan tersebut menjadi salah satu kelemahan dari MX-30 yang membuatnya kurang menarik di Eropa. Karena itulah, Mazda berniat untuk membuat mesin rotary baru sebagai range extender.

Karena itu, dengan infrastruktur mobil listrik saat ini sebenarnya MX-30 masih kurang cocok untuk diperkenalkan dan dipasarkan di Indonesia. Kita tunggu saja gebrakan Mazda di tahun 2025.

>>> Tertarik membeli mobil bekas? Temukan pilihan Anda di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top