Kampanyekan Keselamatan, Komunitas Ajak Gunakan Lajur Yang Tepat Di Jalan Tol

10/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Kampanyekan Keselamatan, Komunitas Ajak Gunakan Lajur Yang Tepat Di Jalan Tol
Kesadaran pengguna jalan berperilaku sesuai aturan rupanya masih belum maksimal. Begitu pun dengan pengguna jalan tol, masih banyak yang berjalan pada jalur yang bukan miliknya. Misalnya menggunakan bahu jalan untuk ngebut.

Melanggar aturan Menyalip melalui bahu jalan

Kebiasaan melanggar aturan menyalip kendaraan menggunakan bahu jalan bisa membahayakan keselamatan

Seperti diketahui, bahu jalan adalah area bebas yang khusus dipergunakan untuk berhenti saat darurat, kehabisan bahan bakar atau ada masalah lain pada kendaraan. Realitanya, bahu jalan malah sering kali dipakai secara berjamaah oleh para pengguna jalan tol untuk mendahului kendaraan di depannya, terutama saat terjadi kemacetan atau lalu lintas yang tersendat. Bahkan acap kali bahu jalan digunakan untuk ngebut para "teroris", memacu kendaraan sekencangnya karena merasa tak ada kendaraan lain di jalurnya.

>>> Layaknya Adegan Balap, Ford Mustang Versi Tua Melaju Kencang dan Meninggalkan Mobil Polisi Jauh Dibelakang

Hal ini bertentangan dengan aturan yang tertera dalam PP No. 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Dalam pasal 41 ayat 2 tertulis dengan jelas:

(2) Penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut: a. digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat; b. diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat; c. tidak digunakan untuk menarik/menderek/ mendorong kendaraan; d. tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan; e. tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Walhasil, seringnya aturan tersebut diabaikan berdampak pada seringnya kasus kecelakaan karena susah mengantisipasi saat ada kendaraan yang berhenti karena darurat. Tidak hanya itu, terkadang juga membahayakan orang lain seperti menabrak pasukan oranye petugas kebersihan.

Kecelakaan karena menyalip di jalan tol melalui bahu jalan

Kecelakaan di Tol Surabaya-Gempol, Surabaya, Jatim, Senin (5/2/2018)

Kondisi memprihatinkan tersebut membuat komunitas tergerak. Altis Indonesia Community (Altic) mengadakan kampanye penggunaan bahu jalan tol atau lajur kiri yang benar, beberapa hari lalu. Kegiatan dengan tema Left Lane Campaign yang merupakan bagian dari program Altic Well Behaved Driver tersebut dilakukan bebarengan dengan acara touring ke daerah Guci - Tegal (5-6 Mei 2018).

“Altic sebagai anggota Toyota Owner Club, berinisiatif untuk melakukan kampanye ini. Minimnya kesadaran pengguna jalan Tol akan pemanfaatan lajur kiri memiliki efek besar seperti efisiensi waktu, bahan bakar dan bahkan bisa mengancam keselamatan dan bahkan nyawa pengendara” tutur Chairul Fahry, selaku Ketua Umum Altic, dalam keterangan resminya dihadapan media, (8/5/2018).

>>> Beyond Wonderful Indonesia: Touring Pertama Toyota Melewati Indonesia-Timor Leste

Dalam kegiatan yang diikuti 55 mobil itu, Altic membagikan flyer dan souvenir berupa parfum gantung mobil dengan tulisan "Gunakan Lajur Kiri Jalan Tol" di beberapa rest area jalan tol yang disinggahi kepada para pengguna jalan tol yang kebetulan sedang istirahat melepas penat, makan atau yang lain.

Tujuannya, agar para pengguna selalu mengingat bahwa lajur yang tepat saat di jalan tol adalah lajur kiri, bukan lajur kanan dan bukan bahu jalan. Lajur kanan khusus untuk mendahului, sedangkan bahu jalan untuk berhenti saat darurat.

Kampanye penggunaan lajur jalan tol dengan benar oleh komunitas Altic

komunitas Altic membagikan flyer dan parfum ajak menggunakan lajur jalan tol dengan benar

Altis Indonesia Community (Altic) mengadakan kampanye penggunaan bahu jalan tol atau lajur kiri yang benar

“Besar harapan kami bisa membantu para stake holder sesuai dengan Peraturan Pemerintah tahun 2005 mengenai penggunaan jalan tol secara aman, nyaman dan selalu mengutamakan keselamatan berkendara. Dengan semangat Let’s Go Beyond, kami harapkan ada perubahan kebiasaan masyarakat dalam berkendara khususnya di jalan tol. Kampanye sederhana persembahan kami untuk perubahan besar dalam keselamatan berkendara,” tambah Fahry.

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di situs berita cintamobil.com

Share this post:
 
back to top