Kamera Tilang Elektronik di Helm Polisi Akan di Ujicoba di Jakarta

18/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Kepolisian DKI Jakarta akan hadirkan tilang elektronik portable untuk jangkau pelanggar lalu lintas di jalan. Saat ini terobosan tersebut sedang diujicobakan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana akan memasang kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) dalam bentuk portable. Hal ini dilakukan untuk menjangkau pelanggar lalu lintas.

>>> Merasa Tidak Melanggar Tapi Dapat Surat Tilang Elektronik? Ini yang Harus Dilakukan

Gambar menunjukan Tilang elektronik

Dipasang di helm petugas yang bertugas di lapangan

Masih Dalam Tahap Uji Coba

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kamera portable itu masih dalam taraf uji coba anggotanya. Sambodo menerangkan ETLE portable tersebut akan dipasang di helm petugas yang bertugas di lapangan dan bisa dapat terhubung dengan Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya.

“Ya untuk ETLE portable, nanti kita masih taraf uji coba. Bentuknya bisa helmet cam, bisa dase cam dan bisa body cam. Nah nanti yang ini yang sedang kita coba, karena kita berharap helmet, dase dan body cam ini kemudian bisa langsung terhubung dengan database ranmor dan juga bisa terhubung dengan TMC,”  terang Dirlantas Polda Metro Jaya seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

Sambodo menambahkan Kamera ETLE portable itu juga dapat melihat situasi pada saat adanya aksi unjuk rasa. Kemudahan ini dinilai sangat membantu dan terpantau di Traffic Management Centre.

“Jadi nanti situasi lalu lintas ketika unjuk rasa, anggota tinggal pasang body cam-nya, kemudian apa yang terjadi situasi unjuk rasa itu kemudian bisa langsung terpantau di Traffic Management Centre yang ada di Polda,” tutup Sambodo.

>>> Pentingnya Melakukan Perawatan Area Roda Mobil

Gamabr menunjukan Tilang elektronik

Tilang elektronik secara nasional akan diluncurkan 23 Maret 2021

Peluncuran Tilang Elektronik Secara Nasional 

Pemasangan ETLE portable tersebut rencananya bakal di launching pada 23 Maret 2021 berbarengan dengan launching ETLE secara nasional. Peluncuran ETLE nasional ini merupakan bagian dari agenda 100 hari kerja Kapolri baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam pembenahan penindakan pelanggaran lalu lintas secara IT di Indonesia.

Pada tahap pertama ini, rencananya tilang elektronik secara nasional akan diterapkan di 12 Polda. Angka itu naik bila dibandingkan rencana awal yang hanya akan diterapkan di 10 Polda dengan total kamera ETLE sebanyak 250 kamera. Berikut di bawah ini 12 Polda yang bakal menerapkan tilang  elektronik nasional tahap pertama:

1. Polda Metro Jaya
2. Polda Banten
3. Polda Jawa Barat
4. Polda Jawa Tengah
5. Polda DIY
6. Polda Jawa Timur
7. Polda Lampung
8. Polda Riau
9. Polda Jambi
10. Polda Sumatera Barat
11. Polda Sulawesi Selatan
12. Polda Sulawesi Utara

>>> Review BMW X7 xDrive40i Opulence 2021: SUV Mewah Rakitan Anak Bangsa

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top