Kamera ETLE di Kota Ini Catatkan Ribuan Pelanggar Dalam Sehari

29/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Peluncuran kamera ETLE nasional merupakan bagian agenda 100 hari kerja Kapolri baru. Sejak diluncurkan di kota Batu catatkan ribuan pelanggar dalam sehari.

Sejak diluncurkan secara nasional pada Selasa (23/03/2021), tercatat di data Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Kota Batu ada hampir 1.000 pelanggar. Menariknya data tersebut hanya berasal dari satu kamera ETLE saja yang terpasang.

>>> 11 Kamera ETLE Dipasang di Kebumen, Ini Lokasinya!

Gambar menunjukan Tilang elektronik

Tilang elektronik

Catatkan Hampir Seribu Pelanggar Dalam Sehari 

Satu kamera ETLE tersebut tepatnya di Jalan Diponegoro, Kota Batu atau biasa disebut perempatan BCA. Di hari pertama setelah peresmian, yakni pada tanggal (23/3) ada 883 pengendara yang terekam melanggar tata tertib lalu lintas.

Sedangkan di hari kedua, Rabu (24/3)  kamera ETLE berhasil merekam  969 pengendara yang melakukan pelanggaran tata tertib lalu lintas. Sedangkan untuk hari Kamis (25/3) terdapat 897 kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran.

“Serta di hari Jumat (26/3) hingga pukul 19.15 total sudah ada 613 kendaran bermotor yang melakukan pelanggaran,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Batu, IPTU Hariyanto seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

>>> Begini Cara Bayar Denda Tilang Elektronik

Gambar menunjukan TIlang elektronik

Kamera tilang elektronik

Masih Dalam Sanksi Teguran

Pelanggar itu dinilai Hariyanto sangat banyak, namun tidak ada sanksi yang diberlakukan. Hal itu karena saat ini penerapan E-TLE masih dalam tahap sosialisasi. Walau begitu, pihak Satlantas Polres Batu tetap mengirimkan surat teguran simpatik kepada pelanggar. Dimana surat teguran simpatik itu juga berfungsi untuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Dari total pengendara yang melanggar tidak semua kami kirimkan surat. Karena ini masih sosialisasi, dari pelanggar berjumlah ratusan itu. Yang kami kirim surat hanya 5-10 orang saja perharinya,” tutup Hariyanto.

Surat teguran simpatik itu dikirimkan sesuai dengan alamat yang tertera pada nomor polisi (nopol) yang terekam melanggar tata tertib lalu lintas. Berdasarkan catatan yang terekam di data base E-TLE Kota Batu.

Rata-rata pelanggaran lalu lintas didominasi oleh pengendara yang menerobos lampu merah. Selain itu juga banyak pengendara yang tak mengenakan helm. Lebih lanjut, dari ratusan jumlah pelanggar itu, didominasi oleh pelanggar asal Kota Batu.

>>> Sunmori Tidak Dilarang, Tapi Kalau Bandel Dapat 'Surat Cinta' dari Polisi

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top