[Kaleidoskop Mitsubishi Xpander 2018] Eskpansi Ke Mancanegara Dorong MMKSI Tingkatkan Produksi Hingga Level Maksimal

14/01/2019

Pasar mobil
[Kaleidoskop Mitsubishi Xpander 2018] Eskpansi Ke Mancanegara Dorong MMKSI Tingkatkan Produksi Hingga Level Maksimal
Ekspor perdana Mitsubishi Xpander diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sekaligus menandai dimulainya ekspansi ke mancanegara dan mendorong peningkatan produksi.

Sejak menjalani world premiere di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Mitsubishi Xpander langsung jadi idola. Ratusan orang bahkan rela mengantre di booth pameran hanya untuk melihat sosoknya dari dekat dan hal ini berlangsung terus menerus tanpa jeda sampai pameran resmi ditutup. Efek yang langsung terasa, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang masuk mencapai 5.281 unit atau jauh melebihi ekspektasi yang dicanangkan diawal sebanyak 3.500 unit.

Foto MItsubishi Xpander bersama tiga model wanita

Facia Dynamic Shield Mitsubishi Xpander bikin banyak orang kepincut

Pesona Mitsubishi Xpander tak hanya dirasakan oleh publik dalam negeri, tapi juga mancanegara saat tahu fenomenalnya di pasar Indonesia. Rabu (25/4/2018) jadi hari bersejarah buat Mitsubishi Motors dimana pada hari itu ekspor perdana Xpander diresmikan. Tak tanggung-tanggung, peresmian dilakukan langsung oleh orang nomor satu di Republik Indonesia Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga Chief Executive Mitsubishi Motors, Osamu Masuko. Mitsubishi Xpander menjadi mobil penumpang pertama Mitsubishi Motors yang diekspor ke luar negeri dari Indonesia, dengan Filipina sebagai tujuan ekspor pertama di wilayah ASEAN.

"Apresiasi tinggi untuk Mitsubishi yang hari ini mulai ekspor 3.000 unit Mitsubishi Xpander ke Filipina, investasi yang berorientasi ekspor seperti ini harus terus didorong," ucap presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian, Rabu (25/4/2018).

Keputusan mengekspor Xpander di saat permintaan pasar lokal belum bisa terpenuhi memaksa PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) mencari solusi. Keputusannya, volume produksi di pabrik bakal ditingkatkan hingga mencapai target 150.000 unit per tahun di tahun fiskal 2019.

>>> Dihadiri Presiden Jokowi, Mitsubishi Xpander Resmi Diekspor Ke Mancanegara

Foto bersama usai peresmian ekspor perdana Mitsubishi Xpander

Ekspor perdana Mitsubishi Xpander di resmikan Presiden Joko Widodo

Pencapaian ekspor

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) hingga bulan November 2018, total ekspor Mitsubishi Xpander telah mencapai 22,338 unit yang tersebar di beberapa negara yaitu Mesin, Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia dan Bangladesh. Filipina menjadi negara importir terbesar dengan jumlah mobil terkirim sebanyak 14.964 unit. Angka-angka ekspor ini dipastikan bakal bertambah sebab masih ada sisa bulan dimana data ekspor belum diumumkan, yaitu Desember 2018.

>>> Hadapi Facelift Avanza Tahun Depan, Mitsubishi: Kami Siap!

Foto Perakitan Mitsubishi Xpander di pabrik, canggih

Mitsubishi berkomitmen meningkatkan kapasitas produksi hingga level maksimal

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top