Kalahkan Mobil Konvensional, Mobil Listrik NIO ES8 Capai ‘Ketinggian Tertinggi’ Mobil

01/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Kalahkan Mobil Konvensional, Mobil Listrik NIO ES8 Capai ‘Ketinggian Tertinggi’ Mobil
Saingan Tesla, NIO membuktikan ketangguhan mobil listrik buatannya, NIO ES8 tercatat pada Guinness World Record sebagai ‘ketinggian tertinggi yang diraih oleh mobil listrik’.

Popularitas NIO belum lama ini meningkat setelah menjadi penantang serius mobil listrik Tesla di tanah Cina. Setelah mencatatkan peningkatan penjualan pada Desember lalu, mobil listrik NIO yang bernama NIO ES8 mencatatkan rekor sebagai kendaraan listrik yang mampu berada di daerah tertinggi, yaitu ketinggian 5.715,28 meter di atas permukaan laut.

NIO ES8 berwarna biru di pegunungan

NIO ES8 ketika berada di ketinggian 5.715 meter

>>> Hadapi Perusahaan Cina, Toyota Gandeng Panasonic untuk Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik

Menaiki gletser Purog Kangri, Tiber, NIO ES8 yang dikemudikan oleh Chen Haiyi dari Cina sudah dilakukan pada tanggal 24 September 2018 lalu. Tetapi Guinness baru secara resmi mengakui pencapaian tersebut sebagai rekor dunia baru-baru ini.

Berjuang melawan suhu lima derajat di bawah nol, NIO Inc. yang berpusat di Cina berusaha memamerkan keandalan dan kemampuan SUV listrik mereka. Pencapaian ini juga menunjukan pasokan energi di dataran tinggi dengan kondisi iklim yang sangat dingin. Upaya ini juga dilakukan untuk menyoroti permasalahan kendaraan listrik pada iklim ekstrem.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Pembuktian ini menunjukan bagaimana mobil listrik tidak kalah dalam hal performa dan ketahanan dibandingkan mesin bensin konvensional atau kendaraan bertenaga diesel. Mendaki gletser tanpa modifikasi, mobil listrik ES8 tidak terpengaruh oleh perubahan tekanan udara dengan meningkatnya ketinggian.

pengendara NIO ES8 yang berfoto dengan tim NIO

Chen Haiyi, pengendara NIO ES8 yang memecahkan rekor dunia

Mobil konvensional biasanya dimodifikasi karena tekanan udara rendah tidak memungkinkan mesin pembakaran bekerja secara efisien. Dengan semakin tipisnya udara menyusul meningkatnya ketinggian, mobil konvensional tidak mendapatkan campuran yang tepat untuk pembakaran bahan bakar dengan benar.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Dapatkan daftarnya di sini

Dilansir dari Drive Spark, Seorang juru bicara NIO menyatakan, "Kami berharap bahwa di masa depan, semua pemilik kendaraan listrik dapat pergi ke Tibet untuk bepergian. Akibatnya, ini juga bermanfaat bagi lingkungan kita."

Saat-saat dimana NIO ES8 mencapai puncak tertinggi yang bisa dicapai mobil

Sebelumnya, rekor dunia untuk kendaraan yang bisa menembus ‘ketinggian tertinggi dengan mobil’ dipegang oleh Gonzales Bravo dan Eduardo Canales pada 2007. Pasangan berkewarganegaraan Chili ini melaju ada ketinggian 6.688 meter menggunakan Suzuki Samurai yang sudah dimodifikasi. Keduanya mengarungi Gunung Ojos De Salado di Atacama, Chili.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Kerjasama Volkswagen dan Ford Khususkan Pengembangan Kendaraan Listrik

17/01/2019

Pasar mobil

Volkswagen dan Ford semakin serius tentang kemitraan dengan secara resmi mengumumkan rencana kolaborasi pengembangan truk pikap berukuran menengah pada tahun 2022.

Lihat juga

Tanggapi Rencana Investasi Hyundai, Indonesia Siapkan Peraturan Kendaraan Listrik

16/01/2019

Pasar mobil

Setelah sekian lama, Indonesia siap untuk membahas peraturan pertama kendaraan listrik pada Senin (14/1) dalam rangka menemui perwakilan Hyundai pada akhir Januari nanti untuk membahas rencana investasi proyek kendaraan hijau.

Lihat juga

R1 Ora, Mobil Listrik Paling Murah nan Lucu dari Great Wall Motor

09/01/2019

Mobil baru

Tesla Roadster bisa dibilang ‘mobil listrik tercepat di dunia’. Tetapi perusahaan Cina bertaruh kendaraan listrik baru mereka merupakan ‘katalisasi generasi baru mobil listrik’, menjadi mobil listrik paling murah di pasar saat ini.

Lihat juga

Volkswagen Siapkan Powerbank Mobil Listrik untuk 2019

Tidak hanya smartphone, tetapi Volkswagen siap untuk mengadaptasi penggunaan kendaraan listrik dengan meluncurkan powerbank mobil listrik untuk keluarga Volkswagen ID mereka.

Lihat juga

Cerita Aneh Mobil Listrik Tesla Menghadapi Perang Dagang Amerika-Cina

29/11/2018

Pasar mobil

Cina menjadi salah satu pasar otomotif impian di seluruh dunia, tak terkecuali bagi Tesla. Tetapi perang dagang yang melibatkan Cina dan Amerika ternyata berakibat buruk bagi Tesla, termasuk mobil listrik Tesla.

Lihat juga
 
back to top